Mendidik Anak Yang Sudah Terpapar Smartphone


alternatif Mendidik Anak Yang Sudah Terpapar Smartphone
Mendidik Anak Yang Sudah Terpapar Smartphone
Di era modern ini tidak bisa dipungkiri anak-anak kecil sudah mengenal smartphone. Sebagai orang tua harus ikut memantau dan mengawasi apa yang dilakukan anak-anak kita lebih tepatnya mengendalikan. Pilihlah game atau aplikasi yang mendidik bagi seusia mereka. Dan harus dibatasi jamnya dalam penggunaan smartphonenya. 

Sebagai orang tua lebih baik memiliki peraturan-peraturan buat anak kita contohnya sebagai berikut: 

  •  1 minggu sekali atau satu hari dibatasi 1 jam saja
  • Game dan aplikasi harus mendidik bagi anak tergantung usia mereka
  • Pada waktu main game / aplikasi dalam pengawasan kita
  • Jauhkan dari konten-konten dewasa  
  • Jarak pandangan mata dan Hp minimal 30cm supaya menjaga mata anak-anak kita dan  meminimalkan terkena radiasi dari HP

Untuk segi positif dari smarphone bagi anak-anak adalah anak-anak lebih bisa berkreasi, anak-anak bisa lebih imajinasi luas, anak-anak mendapat edukasi lebih maksimal dan lebih cepat sesuai umurnya ( bila didampingi dengan benar), mengasah pola pikir anak, mengenal lagu-lagu anak, belajar bisa lebih cepat secara visual hewan benda dll. 

Berbagai macam aplikasi dan game yang ada di playstore. Berikut ini daftar nama game dan aplikasi yang mendidik bagi  anak kecil dan bisa di download di playstore semoga bermanfaat :

1. Game Anak Edukasi Hewan Laut 4.2*
Game anak seri edukasi hewan laut merupakan permainan pembelajaran yang ditujukan kepada anak-anak unuk memperkenalkan dunia laut kepada mereka dan didalamnya terdapat berbagai permainan antara lain: mengenal Hewan laut, bermain puzzle, permainan mewarnai gambar, tebak hewan, tebak bentuk laut. Permainan ini juga dapat digunakan untuk pendidikan anak usia dini.


2. Game Edukasi Anak Lengkap 4.3*
Game edukasi anak lengkap berisi permainan pendidikan untuk puta-putri anda usia dini, PAUD maupun TK meliputi : game memori yang melatih daya ingat, mewarnai yang mengasyikkan, piano serta pengenalan huruf, angka, warna, bentuk buah dan binatang dilengkapi suara pemandu dalam bahasia dan bahasa inggris.

3. Most Popular Indonesia Kids Song Of All Time 4.4*
Aplikasi ini berisi lagu-lagu anak terpopuler di indonesia. Judul lagu anak: 4 Sehat 5 Sempurna, Anak Ayam, Aku Seorang Kapiten, Ambilkan Bulan Bu, Abang Tukang Bakso, Anak Kambing Saya, Balonku ada Lima, Burung Kakaktua, Binang Kecil, Burung Kenari, Cicak di Dinding, Disini Senang, Dua mata Saya, Gelang Sipaku Gelang, Kebunku, Kring-kring ada Sepeda, Liburku Tlah Tiba, Lingkaran Kecil, Makan Apa, Menanam Jagung, Nama-nama hari, Naik Becak, Bermain Delman, Naik-naik ke Puncak Gunung, Naik Kereta Api , Nina Bobo, Pelangi, Pok Ame-ame, Potong Bebek Angsa, Satu ditambah Satu, Sayang Semuanya, Selamat Ulang Tahun, Semut-semut Kecil, Tik..tik.. Bunyi Hujan, Topi Saya Bundar, dan lain-lain.

4. Belajar Warna + Suara 4.5*
Aplikasi ini memberikan pendidikan anak PAUD usia 2-5 tahun yang dapat membantu anak-anak untuk belajar mengenal warna-warna benda disekitar kita dengan yang menyenangkan. Pada permainan ini anak-anak akan belajar mengenal warna-warna benda. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan menarik dan suara yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat bermain. Belajar mengenal warna merupakan hal dasar yang harus diajarkan pada anak-anak sejak dini sehingga setelah anak-anak dapat belajar warna sejak dini.

5. Belajar Menulis Huruf/Angka 4.1*
Aplikasi game belajar ini menurlis huruf dan angka ini masuk dalam seri permainan pendidikan untuk usia dini untuk mengenal abjad sekaligus sebagai sarana belajar menulis huruf serta angka dan suku kata. dilengkapi dengan panduan arah penulisan serta suara pengucapan abjad dan angka, membuat proses belajar menulis huruf dan angka menjadi menyenangkan. ApliKasi belajar menulis ini berisi : Huruf kapital A-Z , huruf kecil a-z , angka 0-9 , suku kata.

6. Belajar Membaca 4.2*
Game offline yang merupakan aplikasi edukasi untuk putra-putri kesayangan mengenai belajar membaca yang disertai audio/ cara membacanya. Diawali dengan mengeja, membaca kata dan kalimat. Modul tulis dan baca diaplikasikan untuk mengetahui kemampuan membaca anak dengan membuat kata sendiri. Kata dapat ditulis sendiri dengan menulis pada layar/screen. Diharapkan dengan aplikasi ini, putra-putri kita dapat belajar membaca dengan cepat.

7. Belajar Memaca Dan Berhitung 4.2*
Aplikasi ini dibuat dengan sajian permainan yang menarik dan interaktif, sehingga diharapkan putra-putri kesayangan tertarik untuk menggunakanya dan pada akhirnya pura-putri kita dapat belajar membaca dan berhitung dengan cepat. Aplikasi edukasi yang mengajarkan kepada putra-putri kesayangan meliputi cara membaca kata dengan disertai cara pelapannya, belajar operasi matematika sederhana penjumlahan.

8. Game Edukasi Anak PAUD - SD 4.1*
Game edukasi ini menarik karena materi dan pembelajaran dilengkapi dengan suara yang disukai oleh anak-anak. Adapun materi yang ada di dalam Game Edukasi Anak PAUD-SD ini adalah pengenalan angka, pengenalan huruf, pengenalan warna, pengenalan hewan, pengenalan bentuk, pengenalan buah-buahan, pengenalan kendaraan, pengenalan alat musik.

 9. Belajar Anak Usia Dini 4.4*
Aplikasi ini mengenai huruf A sd Z, mengenal angka 0 sd 9, belajar huruf Hijaiyah, buah-buahan serta lagu anak-anak terdiri 6 lagu.

10. Gambar Sentuh Suara 4.3*
Adalah sebuah aplikasi diperuntukan bagi anak-anak. Dalam aplikasi menampilkan gambar-gambar yang menarik dan akan bersuara jika disentuh. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak anda yang tertarik dengan gambar dan suara. Dengan aplikasi ini anak anda dapat bermain sentuh gambar dan mendengar suaranya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendidik Anak Yang Sudah Terpapar Smartphone"

Post a Comment

Label