Skip to main content

Jatilan Wargo Budoyo dari Kulon Progo yang dirasuki roh

kesurupan jatilan wargo budoyo kulon progo
Jatilan Wargo Budoyo
Di Indonesia banyak budaya yang sangatlah unik karena di negara yang lain tidak ada. Seperti budaya Jatilan yang salah satunya di darah Kulon Progo. Jatilan tidak hanya di Kulon progo masih banyak lagi daerah daerah yang ada di Jawa. Jatilan ini sangat unik karena berhubungan dengan roh yang memasuki raga manusia. Percaya gak percaya memang ada seperti itu cuma ada di Indonesia.

Budaya unik terasa makin memudar , dulu waktu kecil sangatlah banyak yang nanggap jatilan. tetapi saat dijaman modern ini makin lama makin sulit menemukan pentas Jatilan. Seharusnya sebagai putra dan putri Indonesia membudayakan seni Jatilan.

Bila orang yang tidak percaya dengan makhluk halus mungkin melihat jatilan ini cuma menari. Tetapi jika melihat langsung percaya gak percaya jatilan yang sudah dirasuki roh halus akan dikendalikan yang merasukinya. Gerakan gerakan yang unik yang di kendalikan oleh makhluk halus. Makhluk halus juga bermacam-macam bila orang yang dirasuki oleh binatang maka gerakanya juga tidak ada arahan.

Seni jatilan tidak hanya dilakukan oleh laki-laki, sekarang banyak perempuan ikut menjadi bagian dari jatilan. dengan tarian yang apik dan dengan seragam yang menarik. Tetapi bila sudah kerasukan roh tetap saja gerakan di kendalikan oleh roh tersebut layaknya laki-laki. Yang memasuki pun tidak mesti roh perempuan bisa saja sejenis pocong, jin, atau siluman yang berwujud hewan. Sayang sekali tidak bisa melihat roh yang merasuki tersebut hanya orang tertentu yang bisa melihatnya.

Berdasarkan pengalamnan admin riyopedia hanya bisa menceritakan jatilan di daerah Kulon progo yang bernama Wargo Budoyo. Kebetulan yang mendirikan jatilan ini simbah dari pasangan admin.

Ada yang tahu tentang Jatilan atau Kuda Lumping?

Jatilan adalah kesenian yang menggunakan perpaduan tari dengan magis dimainkan dengan kuda-kudaan dari bambu  (kepang). Kadang Jatilan juga disebut kuda lumping, kuda kepang atau jalan kepang.

Jatilan Wargo Budoyo  adalah salah satu group seni budaya jatilan dari Kulon Progo  Yogyakarta. Berbagi cerita waktu saya di Kulon Progo kebetulan disana diselenggarakan seni jatilan di dusun Sumbo Samigaluh Kulon Progo. Jatilan Wargo Budoyo didirikan di dusun Sumbo Samigaluh Kulon Progo. Pada saat itu pada bulan Februari 2018 jathilan diadakan karena ada ucapan syukur salah satu warga di dusun Sumbo.

Apakah bisa siang-siang jatilan juga bisa kesurupan roh halus?

Walaupun pada waktu itu jatilan mulai jam 15:00 penari jatilan juga banyak yang kerasukan roh halus orang jawa mengatakan "ndadi".  Jatilan pada saat itu ada 5 ronde sampai tengah malam. Gerakan penari yang dinamis seiring suara gamelan yang dimainkan.  Bila sudah "ndadi" gerakan yang beraturan dinamis menjadi tidak beraturan. Disaat sudah selesai uniknyasang penari yang kerasukan roh halus tidak mau disembuhkan sebelum bersalaman dengan seluruh anggota  yang punya rumah. Bila salah satu keluarga ada yang belum kumpul, sang penari bisa tahu. Mereka sang penari yang kerasukan  sudah bersalaman dengan seluruh anggota keluarga yang punya rumah maka roh halus mau dikeluarkan dari penari jatilan oleh sang pawang.


Siapa saja yang merasuki mereka di jatilan? 

Usut-punya usut dari cerita rakyat yang merasuki yang penari jatilan berbentuk roh halus seperti genderuwo, pocong, celeng, macan, barongan masih banyak lagi. Gerakan penari kadang menunjukan gerakan seperti yang merasukinya. Entah kenapa sang penari yang sudah kerasukan  jadi seperti kebal. Penari dipecut tampak tidak ada bekas dan kesakitan. 


Apakah sesaji jatilan biasanya yang disediakan ?

Sesaji yang disediakan biasanya kopi, menyan, dupa, teh, air putih,  makanan atau jajanan pasar, tumpeng, berbagai macam kembang seperti kantil dan melati. Sesaji tergantung dari budaya daerah masing-masing.

Demikian pengalaman admin riyopedia yang bisa di sharekan. Banyak budaya di Indonesia harus dilestarikan. Karena makin lama budaya di Indonesia makin menghilang. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar