Meskipun Pertamax Motor Matic Honda Vario 150cc Sangat Irit

Saya beli motor matic Honda Vario 150cc tahun 2016 second jadi baru dipakai 3 bulanan sama pemilik sebelumnya. Cukup membetulkan roda depan yang agak tidak seimbang. Harga motor second cukup jauh dibanding harga baru bila dipikir-pikir lebih baik saya beli second yang tahunnya paling baru sekitar 18juta pada tahun itu cukup murahkan dibanding harga baru gress sekitar 22juta keatas.
Vario 150cc

Kebetulan saya setiap tahun sering ikut touring dan terakhir perjalanan ke Dieng Jawa Tengah. Sudah kedua kalinya saya memakai motor matic Honda Vario 150cc tahun 2016. Perjalanan pertama tahun lalu ke Tawangmangu lalu ke Sarangan dan tahun ini ke Dieng Telaga warna.

Jarak antara yogyakarta ke Dieng yaitu sekitar 116km bila dilihat dari map android. Perjalanan dari Jogja lalu ke Tempel dulu menunggu rombongan yang sudah kumpul dari tempat lain. Berangkat sekitar jam 17:00 rute dari tempel ke Muntilan - Jl. Raya Borobudur - Jl. SalamanBener - Jl. Wonosobo Magekang - Jl. Purworejo - Park Park Alun-Alun Wonosobo - Jl. Dieng. Perjalanan selama sekitar 4 jam berangkat jam 17:00 sampai sana pukul 21:00 dikarenakan ada rasia di Wonosobo yang harus berhenti lama dan angota juga ada yang kena. Kebetulan teman saya memakai motor yang kenalpotnya suaranya gede alias blombongan maka dari itu mereka ketilang dan harus menunggu.

Sebelum berangkat saya beli pertamax fulltank habis 44ribu sebelumnya sisa tinggal dikit. Biasanya pertalite berhubung mau touring jarak jauh saya mencoba pertamax supaya lebih enteng. Memang betul tarikannya lebih enteng dan bertenaga dibanding premium akan tetapi dari dasarnya Vario 150cc memang sudah bertenaga.

Di monitor bensin motor ada 6strip bila fulltank. Perjalanan sampai di Dieng cuma memakan 3strip di monitor. Bila dihitung secara kasar saya beli full tank 44ribu dan monitor bensin menandakan habis 3strip dari 6strip jadi perjalanan memakan setengah dari fulltank yaitu 3strip juga. Bila beli pertamax 44ribu full tank setengahnya dari 44ribu yaitu 22ribu. Katakanlah pertamax 22ribu dapat 2liter lebih (aslinya 1liter pertamax harganya Rp8900,- karena dibulatkan supaya ngitungnya gampang). Jadi perjalanan dari Jogja ke Dieng sejauh 116km menghabiskan 2liter pertamax pahitnya. Bila lebih rinci lagi 116km:2 yaitu 58km sama dengan 1 liter pertamax sudah bisa perjalanan jauh sekitar 58km. Irit itu relatif tetapi 1:58km menurut saya sangat irit untuk sekelas motor matic Vario 150cc. Apalagi bahan bakarnya pertalite maka itung-itunganya lebih irit lagi secara pertalite lebih murah.

Disana saya keliling ke Telaga Warna dan beli pertalite 20ribu kembali full tank. Perjalan sampai di rumah tidak beli lagi karena diindikator bensin masih 3strip. Menurut saya motor matic Honda Vario 150cc tahun 2016 masih tergolong irit.

Begitulah pengalaman saya menggunakan motor vario 150cc dengan bahan bakar pertamax dan pulang dengan 20ribu pertalite masih sisa 3strip cukup iritkan?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meskipun Pertamax Motor Matic Honda Vario 150cc Sangat Irit"

Post a Comment

Label