Skip to main content

Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri

Tidak sedikit pasien post opname dari rumah sakit yang menggunakan alat-alat kesehatan seperti NGT (selang plastik) yang biasanya 1 minggu diganti melalui homecare. Apakah selang NGT itu? Selang NGT (nasogastric tube) adalah selang yang dimasukan disalah satu lobang hidung sampai lambung pasien. Yang memasang adalah tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter. Salah satu fungsi dari NGT adalah untuk memasukan nutrisi atau obat lewat hidung pasien. Memberikan makanan melalui selang nasogastric tube makanan (NGT) bisa disebut Sonde. Contohnya pada pasien yang mengalami gangguan telan (STROKE), gangguan kesadaran, pasien geriatrik (usia lanjut) yang tidak mau makan yang bisa membahayakan kondisinya, pasien muntah terus, bayi-bayi yang dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau premature/dismature.

Lalu siapa yang memberikan asupan makanan bila dirumah? Bila di rumah sakit yang memberikan asupan adalah tenaga kesehatan seperti perawat, untuk dirumah bisa memperkerjakan pramurukti. Bisa bayangkan bila dirumah pramurukti tidak ada lalu siapa yang memberikan asupan pasien kalau tidak keluarga sendiri. Asupan makan pasien bisa diberikan oleh anggota keluarga yang tahu cara pemperiannya. Melalui artikel ini mari kita belajar bersama-sama.

Perlu diketahui bila sudah terpasang alat sonde atau NGT apakah boleh diberi makan lewat mulut? jawabannya bisa. Dengan catatan pasien tidak mengalami gangguan menelan. Bila ada gangguan menelan maka tidak boleh lewat mulut. Tujuan utamanya dipasang sonde supaya bisa makanan bisa masuk lambung dan pasen tidak tersedak. Bila tersedak makanan atau air bisa masuk ke saluran pernapasan. 

Pasien sudah mulai perbaikan kondisi mencoba untuk makan lewat mulut apakah bisa? Pertama berilah sedikit saja makanan atau cairan memakai sendok. Basahi bibir dan mulut dulu. Pasien akan mencoba menelan ludah atau cairan bila pasien sudah bisa menelan lancar bisa diulangi. Seandainya tidak berhasil atau pasien tersedak dan muntah miringkanlah supaya tidak menyumbat pernafasan.

Mari mengenal bagian-bagiannya dulu, yang terpasang berupa selang panjang warna bening dilobang hidung adalah selang NGT (nasogastric tube). Ujung selang dihubungkan dengan Spuit 10cc sebagai klem supaya udara tidak masuk atau makanan yang di dalam tidak keluar.


alternatif Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri
NGT  (Nasogastric Tube)

Langkah pertama memastikan posisi selang NGT baik

Pertama-tama memeriksa dulu apakah selang masuk dalam lambung atau tidak. Dengan cari ujung selang warna hijau dan ada spuit 10cc (tanpa jarum) untuk mengeklem selang  dicopot dari selang tetapi jangan lupa selang NGT ditekuk supaya udara tidak masuk. Lalu spuit di aspirasi/ditarik 5-7cc dan dipasang lagi dengan selang NGT. Ambil stetoscope didengarkan pada perut kiri sedikit bawah epigastrium. Spuit yang terhubung dengan NGT dihentakan, bila stetoscope terdengar suara "Pluk" berarti NGT terpasang dengan baik. Bila tidak terdengar suara maka hubungi tenaga kesehatan.

Bisa juga dicek dengan memasukkan ujung selang sampai terendam ke dalam manggkok berisi air. Perhatikan bila tidak ada gelembung-gelembung berarti terpasang dengan baik. Bila ada gelembung-gelembung maka NGT tidak masuk dilambung, bisa pemasangan selang NGT tidak pas atau disaluran pernafasan jangan dimasukan cairan dan hubungi tenaga kesehatan.
alternatif Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri
Spuit 10 cc 
Gambar diatas adalah spuit 10cc dengan jarum dan yang dipakai jarum nya dilepas dan disambungkan ke ujung NGT warna hijau dan fungsinya untuk mengeklem.


Langkah kedua memberi cairan sedikit untuk menghilangkan udara di NGT

Setelah yakin Selang NGT terpasang dengan baik ganti spuit 10cc dengan  corong/semprit/Spuit 50cc pada selang NGT. Melalui corong masukan air matang kurang lebih 15cc (bila sulit masuk bisa disebabkan isi pada selang adalah udara, maka dimasukan air dulu dengan dorongan, gunakan spuit 10cc). Cairan/nutrisi selanjutnya dituangkan sebelum isi corong kosong bila aliran tidak lancar pangkal selang dan corong ditinggikan (gaya gravitasi). Corong jangan dibiarkan sampai kosong bila menuangkan cairan selanjutnya.


Langkah Ketiga memberikan obat melalui sonde (NGT)

Bila ada obat, dilarutkan dulu dan diberikan sebelum nutrisi/makanan habis. Makanan diberikan dalam porsi sesuai anjuran (tidak boleh lebih dari 600cc) makanan/nutrisi segar dan berbentuk cair dengan diblender. Usahakan suhu nutrisi dan air sesuai dengan suhu badan, tidak terlalu dingin dan panas.


Langkah ke empat membilas dengan air putih per sonde

Bila nutrisi makanan habis terakhir diberi air putih untuk membilas sisa nutrisi diselang. Ganti corong dengan spuit 10cc seperti semula untuk mengklem selang NGT.


Yang perlu diperhatikan saat pemberian  makanan per sonde

  • Bila pasien muntah segera miringkan kepala pasien supaya tidak terjadi tersedak dan menyumbat pernafasan
  • Kalo bisa pasien posisikan semi fowler atau setengah duduk paling tidak kepala ditinggikan 30 derajat
  • Makanan diberikan dalam porsi sesuai anjuran (tidak boleh lebih dari 600cc), bila kebanyakan bisa menyebabkan pasien muntah
  • Corong jangan dibiarkan sampai kosong
  • NGT diganti selama 1 minggu, bila NGT jenis silikon 1 bulan

Jangka waktu pemasangan NGT berapa lama harus diganti?

Banyak keluarga pasien belum tahu tentang masa diganti selang NGT pasien. Ada 2 jenis selang NGT yaitu NGT biasa, dan NGT silikon. Untuk pemasangan NGT biasa dalam jangka waktu 7-10 hari harus diganti. Untuk jenis NGT yang silikon bisa diganti selama 1 bulan karena mempunyai bahan tertentu yang awet bisa diganti sampai 30 hari.


Nah, maka jangka waktu selang Nasogastric tube diganti tergantung bahan yang dipakainya. Bila bahan NGT dari silikon bisa diganti bisa lama. Tetapi bila bahan NGT yang biasa masa pemasangan lebih pendek.

Apa efek bila NGT tidak diganti ?Banyak dampak negatif bila NGT sudah melewati masa expired nya. Contohnya lubang hidung pasien bisa iritasi, NGT makin kotor sampai coklat kehitaman bisa jadi banyak bakteri yang singgah.

Untuk mengganti alat NGT mestinya dari tenaga kesehatan. Bisa melalui pelayanan homecare yang ada di rumah sakit. Untuk melepas alat itu cukup mudah dengan melepas plester pengaman NGT dan tariklah pelan pelan. Pengaman NGT hanya berupa plester yang direkatkan di hidung. 

Berikut admin bagikan pemberian jenis makanan pasien diabetic/gula resep sonde susu melalui selang NGT

Jenis makanan yang bisa digunakan melalu selang NGT adalah berbentuk cair. Makanan cair seperti susu atau makanan yang sudah di haluskan. Karena jenis cair yang bisa masuk di dalam selang NGT. Disisi jenis susu bermacam-macam kandungannya apalagi bagi penderita diabetis. Berikut beberapa jenis merk susu yang bisa digunakan untuk pasien diabet.

Entramil komposisi maltodekstrin, minyak jagung dan minyak kelapa, susu skim, kasein

Entrasol Komposisinya adalah maltodekstrin, minyak jagung, kasein
cara pemberian : tiap penyajian 60 gram dilarutkan 200 ml air untuk menghasilkan 250 kkal. Dapat diberikan 6 kali sehari.

Peptisol Komposisi adalah maltodekstrin, minyak jagung, kasein, protein-whey.
Cara pemberian setiap penyajian 63 gram dilarutkan dalam 2200 ml air hangat untuk menghasilkan 250 kkal.

Diabetasol Komposisinya adalah maltodekstrin, minyak kedelai, kasein, protein-whey, frukto-sakarida, aspartame, vitamin, mineral.
Cara pemberian : tiap penyajian 60 gram dilarutkan dalam 200 air hangat untuk menghasilkan 250 kkal.

Pediasure Komposisinya adalah sukrosa, tepung jagung, minyak sunflower, kedelai whey dan kasein, vitamin dan mineral.
Pan-enteral
Komposisi sukrosadekstrin, minyak kedelai dan MCT, kasein, vitamin dan mineral.
Indikasi : kakeksia dan Chronic Obstructive Pulmonary (COPD) atau penyakit paru.
Cara pemberian tiap penyajian 40 gram dilarutkan hingga air 200 ml untuk mendapatkan energy 200 kkal.
label kandungan zat gisi sonde komersial
kandungan gizi
label kandungan zat gisi sonde komersial
kandungan gizi

Selanjutnya resep pemberian jenis makanan pasien stroke melalui per sonde

Untuk pasien stroke sebagian besar akan di pasang selang NGT disebabkan terganggunya saraf untuk menelan. Jenis nutrisi yang diberikan adalah makanan berbentuk cair. Selain susu juga bisa membuat makanan sendiri dengan cara dihaluskan atau diblender. Berikut adalah resep makanan cair bentuk bubur diberikan ke pasien stroke melalui selang hidung.

Bahan:
200 gram wortel
80 gram tahu putih atau 2 buah.
1 butir telur
60 gram tepung beras
40 gram tepung susu/kedelai
2 sdm minyak sayur
air 500+ 500ml/250ml

Langkah pertama kupas wortel dan bagi dua. Kukus berama tahu dan telur sampai wortel lunak/empuk.

Selanjutnya setelah bahan empuk blender bahan yang dikukus tadi. Tambahkan air 500 ml, tepung beras, tepung susu dan minyak. kemudian blender sampai halus.

Kemudian masukkan ke dalam panci, tambahkan air 250ml. Aduk sampai mendidih dan saring ke gelas besar.

Langkah terakhir sonde pasien bila sudah siap kurang lebih 200-250 cc sesuai kebutuhan.

Demikian cara memberi makanan atau nutrisi melalui personde atau NGT (nasogastric tube). Sebagai keluarga juga harus mengerti cara pemberian makanan melalui NGT. Untuk pemberian makan biasanya diberikan panduan dari rumah sakit sesuai kebutuhan pasien.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar