Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri

Tidak sedikit pasien post opname dari rumah sakit yang menggunakan alat-alat kesehatan seperti NGT yang biasanya 1 minggu diganti melalui homecare. Apakah NGT itu? NGT (nasogastric tube) adalah selang yang dimasukan disalah satu lobang hidung sampai lambung pasien. Yang memasang adalah tenaga kesehatan seperti perawat. Salah satu fungsi dari NGT adalah untuk memasukan nutrisi atau obat pada pasien. Memberikan makanan melalui pipa makanan atau sonde hidung atau NGT. Contohnya pada pasien yang mengalami gangguan telan (STROKE), gangguan kesadaran, pasien geriatrik (usia lanjut) yang tidak mau makan yang bisa membahayakan kondisinya, pasien muntah terus, bayi-bayi yang dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau premature/dismature.

Lalu siapa yang memberikan asupan makanan bila dirumah? Bila di rumah sakit yang memberikan asupan adalah tenaga kesehatan seperti perawat, untuk dirumah bisa memperkerjakan pramurukti. Bisa bayangkan bila dirumah pramurukti tidak ada lalu siapa yang memberikan asupan pasien kalau tidak keluarga sendiri. Asupan makan pasien bisa diberikan oleh anggota keluarga yang tahu cara pemperiannya. Melalui artikel ini mari kita belajar bersama-sama.

Mari mengenal bagian-bagiannya dulu, yang terpasang berupa selang panjang warna bening dilobang hidung adalah selang NGT (nasogastric tube). Ujung selang dihubungkan dengan Spuit 10cc sebagai klem supaya udara tidak masuk atau makanan yang di dalam tidak keluar.

alternatif Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri
NGT  (Nasogastric Tube)

Langkah pertama

Pertama-tama memeriksa dulu apakah pipa/selang apakah masuk dalam lambung atau tidak. Dengan cari ujung selang warna hijau dan ada spuit 10cc (tanpa jarum) untuk mengeklem selang  dicopot dari selang tetapi jangan lupa selang NGT ditekuk supaya udara tidak masuk. Lalu spuit di aspirasi/ditarik 5-7cc dan dipasang lagi dengan selang NGT. Ambil stetoscope didengarkan pada perut kiri sedikit bawah epigastrium . Spuit yang terhubung dengan NGT dihentakan, bila stetoscope terdengar suara "Pluk" berarti NGT terpasang dengan baik. Bila tidak terdengar suara maka hubungi tenaga kesehatan. Bisa juga dicek dengan memasukkan ujung pipa sampai terendam ke dalam manggkok berisi air. Perhatikan bila tidak ada gelembung-gelembung berarti terpasang dengan baik. Bila ada gelembung-gelembung maka NGT tidak masuk dilambung, bisa disaluran pernafasan jangan dimasukan cairan dan hubungi tenaga kesehatan.
alternatif Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri
Spuit 10 cc 
Gambar diatas adalah spuit 10cc dengan jarum dan yang dipakai jarum nya dilepas dan disambungkan ke ujung NGT warna hijau dan fungsinya untuk mengeklem.

Langkah kedua


Setelah yakin NGT terpasang dengan baik ganti spuit 10cc dengan  corong/semprit/Spuit 50cc pada selang NGT. Melalui corong masukan air matang kurang lebih 15cc (bila sulit masuk bisa disebabkan isi pada selang adalah udara, maka dimasukan air dulu dengan dorongan, gunakan spuit 10cc). Cairan/nutrisi selanjutnya dituangkan sebelum isi corong kosong bila aliran tidak lancar pangkal selang dan corong ditinggikan (gaya gravitasi). Corong jangan dibiarkan sampai kosong bila menuangkan cairan selanjutnya.

Langkah ketiga

Bila ada obat, dilarutkan dulu dan diberikan sebelum nutrisi/makanan habis. Makanan diberikan dalam porsi sesuai anjuran (tidak boleh lebih dari 600cc) makanan/nutrisi segar dan berbentuk cair dengan diblender. Usahakan suhu nutrisi dan air sesuai dengan suhu badan, tidak terlalu dingin dan panas.

Langkah keempat

Bila nutrisi makanan habis terakhir diberi air putih untuk membilas sisa nutrisi diselang. Ganti corong dengan spuit 10cc seperti semula untuk mengklem selang NGT.

Yang perlu diperhatikan saat pemberian 
  • Bila pasien muntah segera miringkan kepala pasien supaya tidak terjadi tersedak dan menyumbat pernafasan 
  • Kalo bisa pasien posisikan semi fowler atau setengah duduk paling tidak kepala ditinggikan 30 derajat
  • Makanan diberikan dalam porsi sesuai anjuran (tidak boleh lebih dari 600cc), bila kebanyakan bisa menyebabkan pasien muntah
  • Corong jangan dibiarkan sampai kosong
  • NGT diganti selama 1 minggu, bila NGT jenis silikon 1 bulan

Demikian cara memberi makanan atau nutrisi melalui personde atau NGT (nasogastric tube). Sebagai keluarga juga harus mengerti cara pemberian makanan melalui NGT. Untuk pemberian makan biasanya diberikan panduan dari rumah sakit sesuai kebutuhan pasien.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemberian Makanan Pasien Melalui Per Sonde atau NGT Oleh Keluarga Secara Mandiri"

Post a Comment

Label