Skip to main content

Pengalaman Belajar Menyetir Mobil Daihatsu Tatf

alternatif Pengalaman Belajar Menyetir Mobil Daihatsu Tatf
Daihatsu Tatf 4x2 Tahun 1991

Beli mobil bekas dulu baru belajar mobil?

Kata orang jawa "witing tresno jalaran seko kulino" artinya ada rasa sayang karena terbiasa itu seperti belajar mobil semakin sering belajar semakin mahir. Peribahasa gak begitu nyambung yang penting intinya hampir sama seperti itu karena "terbiasa" hehe. Kalau tidak punya mobil sudah belajar dulu, nanti bakal lupa bila tidak dipraktekkan lagi, apalagi waktu belajar cuma beberapa jamkan setiap pertemuannya. Prinsip saya mempunyai mobil sendiri dulu walaupun murah dan bekas. Besok kalau sudah mahir bisa dijual lagi dan beli yang kamu suka.

Pengalaman belajar mobil, sebelum belajar saya beli mobil bekas yaitu Taft diesel 4x2 tahun 1991 ditempat teman kakak saya. Jadi harga bisa nego-nego dikitlah baru bisa dapat. Belinya bayar kontan sih, tetapi kredit nya di bank BPD yang bunganya murah meriah, walaupun tiap bulan nahan nafas deh bayarnya. Tetapi segala sesuatu yang belinya dari hasil keringat sendiri tetap bangga walaupun mobil bekas.

Kenapa saya pilih mobil bekas merk daihatsu Taft? Menurut saya selain murah Taft adalah mobil yang gagah dan tahan banting. Mobil saya modif dibuat lebih tinggi dan ban saya ganti lebih besar dan tebal. Mobil dipasang bamper besi depan belakang bila nubruk lawannya pasti bakal mikir-mikir. Apalagi bahan bakarnya memakai solar tambah nilai plusnya, solar waktu itu harganya sekitar Rp5500,- /liter. Setiap 10km mobil taft mengkonsumsi 1liter solar termasuk murahkan?! jadi setiap latihan tidak terlalu boros nabrak-nabrak juga tidak terlalu kawatir lecet.

alternatif Pengalaman Belajar Menyetir Mobil Daihatsu Tatf
Daihatsu Tatf 4x2 tahun 1991

Harga Taft pun tidak mahal

Untuk membeli Mobil ini sekitar 55-60 juta yang 4x2, biasanya jenis mobil yang ada komunitasnya harga akan lebih stabil. Bila ingin ganti tinggal dijual lagi tidak akan rugi banyak. Tenaganya pun besar tak tanggung-tanggung 2700cc, jenis mobil yang biasanya buat offroad. Cat asli dan bodynya kaleng tebal tidak ada yang kropos beruntung sekali dapat taft itu. Setiap beli solar di POM sering kali ditanya "tahun berapa mas? barangnya istimewa". Walaupun ada yang bilang kalau mbonceng mobil itu terasa seperti naik grobak :D.

Pengalaman pertama belajar menyetir mobil Daihatsu Tatf latihanny di depan rumah maju mundur. Kebetulan yang melatih kakak saya. Pindah giginya agak berat tetapi jelas letak gigi 1,2,3,4,5 dan R. Untuk Taft gigi dua mau kembali ke gigi satu tidak bisa sambil jalan walaupun sudah dikopling harus pelan-pelan. Akan tetapi gigi duapun tenaganya sudah besar. Setelah maju mundur bisa lanjut dijalan depan rumah. Dengan modal mental berani aja cepet pintarnya. Stir mobil juga berat karena bannya besar-besar jadi buat olahraga tangan juga. 

Sudah seminggu mulai mahir buat kesana-kesini kadang ngapelin anak orang juga pernah. Lumayan bisa nganter ortu juga ke pasar atau periksa bila sakit. Dengan tiap hari belajar lama-lama bakal mahir. Setelah 2 minggu belajar mengendarai waktu malam hari. Waktu malam hari menguras konsentrasi apalagi saya memakai kaca mata, bila papasan sama mobil lain matanya silau jadi harus pelan lama-lama terbiasa. Untung mobilnya lebih tinggi jadi tidak terlalu silau sama cahaya lampu kendaraan lain yang berlawanan arah. Mobil taft tinggi jadi pandangan melihat ke bawah lebih gampang daripada sedan lebih sulit karena lebih ceper.

Setelah 3 bulanan pernah nekat ke wonosobo tempat nikahan teman saya tanpa SIM, setelah itu lanjut transit Jepara lalu ke karimun Jawa. Kita ber7 orang di dalam mobil taft yang belakang berdempet-dempetan. Bermodal "map" dari HP android perjalanan bisa lancar. Pulang-pulang benerin mobil shock belakang bocor. Tetapi senang dan mempunyai kesan sendiri belajar menggunakan TAFT.

Begitulah kira-kira pengalaman belajar menyetir mobil Daihatsu Tatf ada kelebihanya dan ada kekuranganya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang masih serabutan. 

Salam manTAFT....!!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar