Ibu Hamil Muda Harus Tahu Makanan yang Baik dan Tidak Untuk Dikonsumsi


ALTERNATIVE Ibu Hamil Muda Harus Tahu Makanan yang Baik dan Tidak Untuk Dikonsumsi
Ibu hamil

Ibu hamil muda adalah harapan bagi semua wanita yang baru menikah. Ibu hamil muda biasanya ada kebiasaan makannya meningkat. Ibu hamil muda harus tahu dan bisa memilih makanan apa yang baik dan tidak untuk dikonsumsi. Tidak semua makanan dan buah baik untuk dikonsumsi ibu hamil muda. Oleh karena itu ibu hamil muda harus tahu makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi.

Kesempatan kali ini riyopedia akan membahas tentang makanan dan buah-buahan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil muda yang sedang mengandung.

Makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil muda


Biasanya kalo ibu hamil trimester pertama diperbanyak makan makanan tinggi folat, buat pembentukan otak dan sumsum tulang belakang.

Brokoli


Sayuran hijau yang mengandung folat dan kalsium yang tinggi.


Bayem

Bayam memiliki kandungan zat besi, asam folat, folat, kalsium, vitamin K, vitamin C, dan vitamin A didalamnya yang sangat membantu perkembangan janin.

Tomat

Mengandung vitamin C dan antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Jeruk

Buah yang dianjurkan jeruk karena mengandung folat tinggi. Kebutuhan ibu hamil sekitar 600 mikrogram per hari. Folat berfungsi meningkatkan sistem saraf bila kekurangan resiko menyebabkan kecacatan janin. Selain itu jeruk sebagai sumber antioksidan dalam tubuh. Kandungan vitamin C meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh saat hamil. Buah ini mengandung serat yang baik untuk membantu ibu hamil masalah sembelit.

Buah naga

Buah ini mengandung kaya vitamin sebagai antioksidan sumber karbohidrat lemak sehat sumber serat kadungan zat besi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jambu biji

Mempertahankan kadar gula normal sehingga menghindarkan dari resiko diabetes pada ibu hamil. Buah ini juga meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh mencegah terjadinya anemia. Kadar serat dalam buah ini bisa menghindarkan dari masalah sembelit tetapi bila terlalu banyak akan mengakibatkan diare. 

Alpukat

Alpukat juga mengandung folat, mineral dan vitamin yang tinggi. Buah ini juga dipercaya membantu mengurangi masalah kram kaki dan membantu perkembangan otak pada janin.

Pisang

Pisang bisa mengatasi masalah sembelit selain itu mengatasi rasa lelah yang sering dialami pada ibu hamil.

Apel
Buah ini juga kaya akan kandungan serat, vitamin C, potasium, dan vitamin A yang sangat bagus untuk perkembangan janin.

Seperti salmon, telur, susu dan biji-bijian juga perlu dikonsumsi.


Makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil muda

Makanan yang mentah atau setengah matang

Bakteri atau kuman mati dalam suhu yang tinggi bila setengah matang suhu yang dimasak tidak terlalu tinggi. Cara memasaknya kurang lama sehingga bakteri atau kuman tidak mati semua. Makanan yang setengah matang meningkatkan resiko lebih besar keberadaanya kuman atau bakteri yang ada di dalam makanan. 

Makanan instan atau banyak pengawet dan pewarna

Orang yang tidak hamilpun seharusnya menghindari makanan seperti itu. Bila jangka lama akan menyebabkan kanker. Untuk hubunganya dengan ibu hamil makanan instan atau pengawet biasanya tinggi natrium takutnya nanti waktu hamil trimester 2 bisa menjadi pre eklampsia (ibu hamil yang tensinya cenderung tinggi).

Terlalu banyak makan goreng-gorengan

Makanan bila digoreng tentu saja nutrisinya akan berkurang banyak. Selain itu gorengan bisa menyebabkan resiko batuk, gangguan tenggorokan dan morning sickness.

Makanan sejenis kerang-kerangan

Makanan sejenis kerang-kerangan biasanya mengandung merkuri. Merkuri juga bisa disebut logam perak atau air raksa. Logam yang ada secara alami. Selain dalam makanan kerang-kerangan merkuri biasanya terdapat di bahan dari kosmetik. Efek dari merkuri terhadap ibu hamil adalah memperlambat pertumbuhan janin, keguguran, kematian janin dan bisa mandul.

Buah nanas

Memang kandungan nanas ada manfaatnya bagi ibu hamil seperti vitamin B1, B6, Vitamin C tetapi lebih baik dihindari dulu karena ada juga dampak negatifnya. Bahaya pertama adalah pemicu kontraksi karena ada kandungan bromelain yang membuat kontraksi kuat pada leher. Manfaat positifnya adanya kandungan bromelain untuk mengatasi masalah sembelit tetapi bila dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan diare. Bisa juga menyebabkan janin lahir prematur. Kadar gula alami dalam nanas juga bisa menyebabkan diabetes saat hamil. 

Nangka

Buah nangka juga tergolong makanan yang dilarang saat ibu hami trimester pertama. Ibu hamil sering mengalami keluhan sembelit bila ditambah mengkonsumsi nangka akan lebih berat lagi karena tidak ada kandungan serat di dalamnya. Selain itu juga bisa menyebabkan maag kronis yang berulang.

Buah durian 

Boleh dikonsumsi tetapi sedikit saja. Bau yang sangat khas dan mengandung gula bisa memicu mual muntah dan meningkatkan kadar gula darah pada ibu hamil.

Permen bila terlalu sering tidak baik

Jangan terlalu banyak makan manis bisa meningkatkan resiko hiperglikemi waktu hamil.

Kopi

Kandungan kopi salah satunya kafein. Bila mengkonsumsi kopi secara berlebihan pada ibu hamil akan menyebabkan refluks asam lambung, anemia, keguguran, bayi lahir 

Soda 

Ini jelas pantangan buat ibu hamil. Minuman yang bersoda bisa menyebabkan maag dan bila terlalu sering dikonsumsi menyebabkan gangguan ginjal.

Teh


Teh juga tidak disarankan untuk sering-sering dikonsumsi. Karena ada juga kandungan kafein seperti didalam kopi. Kafein didalam teh memang tidak terlalu banyak dibanding kopi. salah satu dampak negatif kafein adalah menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ibu hamil muda harus tahu makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi karena dari makanan masa depan janin bisa berpengaruh besar. Kandungan-kandungan nutrisi sangat membantu perkembangan janin. Maka dari itu ibu hamil juga perlu memilih makanan dan buah-buahan yang dikonsumsi.

Selama 9 bulan ibu hamil harus menjaga kesehatan diri supaya buah hati lahir dengan sehat. Sebelumnya riyopedia mengucapkan selamat bagi anda yang akan menjadi ibu. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu Hamil Muda Harus Tahu Makanan yang Baik dan Tidak Untuk Dikonsumsi"

Post a Comment

Label