Skip to main content

Kegagalan dalam Usaha Jamur Kuping karena Banyak Faktor

Kegagalan adalah hasil yang tidak diingini bagi semua pengusaha. Dalam usaha apalagi bagi pemula pastinya sering terjadi kegagalan. Pengalaman saya usaha jamur kuping hasilnya juga tidak seperti yang diingini. Kegagalan dalam usaha jamur kuping ini dipengaruhi banyak faktor.

Jamur kuping adalah jamur yang hidup di daerah lembab dan cocok di daerah pegunungan. Jadi cuaca yang panas dataran rendah tidak cocok untuk usaha ini. Bila dipaksakan usaha di daerah panas harus usaha keras karena sehari bisa menyiram air 3-4 kali supaya jamur tidak kering.

Jenis jamur kuping
Berikut ini beberapa faktor yang bikin gagal usaha jamur kuping

Cuaca untuk usaha?

Daerah untuk usaha kurang dingin jadi harus rajin menyirami. Dulu tidak rajin menyirami karena kesibukan yang lain. Bila jamur kuping kurang air akan kering apalagi di cuaca yang panas.

Distribusi bagaimana?

Tidak ada yang menyalurkan untuk dijual. Saya dulu bingung mau dijual dimana. Kesalahan saya dulu tidak memikirkan distribusi penjualan dimana. Bila mau usaha harus dipastikan akan disalurkan kemana supaya bisa ada siklus usaha.

Bibit jamur kurang bagus

Tidak dipungkiri bibit jamur ada yang bagus dan tidak. Karena cara pembuatan dari awal juga berpengaruh. Media jamur 1 tabung ada yang keluar jamur dan ada yang jamur tidak keluar bibit tidak berkembang. Sebagian besar jamur tidak tumbuh. Jamur bisa dipanen 3 kali padahal bisa lebih bila bibit bagus. Bila bibit jamur jelek cuma bisa panen 1 sampai 2 kali dan ada juga yang tidak tumbuh

Media taman jelek

Mungkin tidak hanya bibit jelek juga dipengaruhi media tanamnya yang kurang bagus. Cara pembuatan bibit dan media taman juga sangat berpengaruh.

Jamur kuping panen tidak tentu

Untuk jamur kuping pertumbuhannya tidak tentu. Tidak semua media jamur kuping bisa tumbuh bersamaan jadi panen juga tidak tentu. Kondisi jamur kuping panen tidak tentu ini yang membuat sulit.

Demikian pengalaman kegagalan saya dalam usaha jamur kuping karena banyak faktor. Semoga bagi yang mau memulai berwirausaha jamur kuping mendapat pencerahan. Dengan membaca artikel ini untuk sebagai pandangan dan mengatasi faktor yang bisa membuat usaha jamur kuping gagal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar