Mengurus Syarat-syarat Nikah yang Sah Menurut Agama dan Negara Sangat Mudah

alternatif Mengurus Syarat-syarat Nikah yang Sah Menurut Agama dan Negara Sangat Mudah
cincin pernikahan 

Semua orang sebagian besar mendambakan suatu pernikahan sementara proses pernikahan negara tidak serumit yang dibayangkan bila sudah tahu alurnya. Bila tidak tahu alurnya kelihatan rumit karena harus mengurus syarat yang bertahap-tahap dan tidak hanya satu tempat. Demi membentuk suatu keluarga yang sah menurut agama dan Negara syarat harus terpenuhi.

Mungkin ini sedikit tips supaya sobat mengurus dengan lancar berdasarkan pengalaman. Inilah syarat-syarat nikah yang harus diperhatikan :

Diperoleh dari masing-masing calon

1. Fotocopi Akta Kelahiran

Dibutuhkan kurang lebih 5 lembar , dilegalisir di Catatan Sipil. Biasanya ada kesalahan "space", tulisan dan nama orang tua sebelumnya di periksa dahulu sobat, bila ada kesalahan dibetulkan di cacatan sipil sekalian, buka hari senin sampai jumat kecuali tanggal merah.

2. KTP

Yang dibutuhkan KTP kedua calon pastinya, KTP orang tua kedua calon juga KTP saksi dari kedua calon, dilegalisir di balai kota atau di catatan sipil bisa. Yang perlu diingat di periksa dahulu nama tanggal lahir pekerjaan harus sama dengan KK

3. Fotocopi Kartu Keluarga

Dibutuhkan KK masing-masing calon dilegalisir di balai desa atau di catatan sipil. di periksa dahulu nama alamat pekerjaan sama dengan KTP.

4. Pas foto berwarna duduk berdampingan ukuran 4x6cm

Sebaiknya foto memakai baju berkerah sopan, atau lebih bagus lagi warna bajunya sama, background kebanyakan biru, tetapi juga bisa warna merah sesuai peraturan daerah masing-masing. Selain foto yang berdampingan juga menyediakan foto sendiri-sendiri karena nantinya juga dibutuhkan.

Diperoleh dari pemerintah Desa/Kelurahan :

5. Surat Keterangan Untuk Nikah ( N1 )

Untuk membuat N1 N2 N3 N4 membawa data seperti KTP kedua calon, KTP kedua orangtua calon KK kedua calon diperoleh di pemerintahan Desa/Kelurahan.

6. Surat Keterangan Asal - Usul ( N2 )

Sudah disediakan format yang diisi di kelurahan dengan menggunakan KK, KTP kedua calon mempelai.

7. Surat Persetujuan Mempelai ( N3 )

Format surat persetujuan mempelai sudah disediakan di kelurahan. Sudah dibuatkan oleh petugas kelurahan kita tinggal nunggu dan tanda tangan saja.

8. Surat Keterangan Tentang Orang Tua ( N4 )

Format sudah disediakan oleh kelurahan dengan mengisi data menurut KTP orangtua masing-masing mempelai.

Diperoleh di Puskesmas/Rumah Sakit/Dokter praktek

9. Surat Keterangan Kesehatan

Berdasarkan pengalaman saya, mencari surat keterangan kesehatan di puskesmas yang ditunjuk. Karena sekarang tidak bisa ke pelayanan kesehatan diluar rujukan dari surat balai desa. Saat periksa di puskesmas calon pria juga harus ikut karena disana juga diperiksa pemeriksaan dasar (ex.Tensi darah, tinggi badan dll).

10. Surat Hasil Imunisasi TT (Hanya bagi calon mempelai wanita)

Calon mempelai wanita yang akan diberikan imunisai TT dari puskesmas sedangkan calon pria tidak. Di puskesmas kami diberi penyuluhan tentang kehamilan nutrisi dan diberi obat untuk vitamin sebelum hamil.

Diperoleh di KUA/Gereja/Vihara/Pure/Aliran Kepercayaan

11. Surat Perkawinan dari KUA/GEREJA/sesuai agama masing-masing untuk Surat Nikah yang diterbitkan

12. Surat Keterangan Belum Menikah di peroleh di balai desa lalu di catatan sipil bermaterai

13. Bagi anggota POLRI/TNI Surat Ijin Komandan / Atasan

14. Bagi Duda /Janda Melampirkan Akta Kematian pasangan sebelumnya atau Akta Perceraian

Bila dari awal sudah tahu proses mengurus syarat-syarat nikah yang sah menurut agama dan negara sangat mudah. Dengan tahu alurnya semoga waktu mengurus syarat-syarat nikah sangat lancar dan membutuhkan waktu lebih cepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengurus Syarat-syarat Nikah yang Sah Menurut Agama dan Negara Sangat Mudah"

Post a Comment

Label