14 Jenis Hewan Besar yang Menakutkan Hidup di Zaman Pra-sejarah

Penasarankan jenis hewan yang menakutkan hidup di zaman dulu? Apakah ukurannya sama dengan hewan-hewan yang hidup di zaman modern ini? Mari kita mengenal hewan yang menakutkan di Zaman dulu. 

Mari kita mengenal hewan yang hidup di era jutaan tahun yang lalu. Berikut 10 jenis hewan yang menakutkan hidup di zaman dulu:

1. Helicoprion
Helicoprion


Helicoprion
Hewan Helicoprion ternyata bukan sejenis hiu. Dinosaurus ini telah hidup 470 juta tahun yang lalu. Hewan ini terkenal agresif dan gigitanya sangat menyakitkan. Lihat saja giginya sangat tajam bila mengigit sangat mematikan.

2. Megalodon
Megalodon

Megalodon
Megalodon adalah spesies dari hiu raksasa yang diperkirakan hidup sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Jika dibandingkan dengan hiu putih ukurannya sangat jauh lebih besar. Hiu putih bisa hidup sekitar 6 meter sedangkan megalodon bisa tumbuh mencapai 18 meter. Rahang Megalodon mencapai 2 meter dan gigi runcing 18 cm. Dengan ukuran sebesar itu bisa menelan gajah dan manusia.

3. Arthropleura
Arthropleura

Arthropleura

Arthropleura

Arthropleura adalah jenis kaki seribu yang pernah hidup di Amerika Utara dan Skotlandia sekitar 299-315 juta tahun yang lalu. Hewan ini memiliki ukuran 2,3 meter lebih besar dan menakutkan dari pada kaki seribu di zaman sekarang.

4. Pulmonoscorpius
Pulmonoscorpius

Pulmonoscorpius

Zaman sekarang ukuran kalajengking begitu kecil beda jaman dahulu seitar 330-345 juta tahun yang lalu hidup jenis kalajengking dengan ukuran 30 inc.

5. Harpagornis moorei

Harpagornis moorei

Harpagornis moorei
Adalah Elang hewan karnivora. Elang ini bisa membentangkan sayapnya sepanjang 3 meter bisa dibayangakan betapa besarnya bila hewan ini masih hidup. Hewan ini bisa sangat mudah mengangkat tubuh manusia. Diperkirakan punah dari muka bumi ini sekitar 1400 tahun yang lalu dan hidup di pulau selatan Selandia Baru.

6. Attercopus
Attercopus

Hewan perpaduan dari laba-laba dan kalajengking yang pernah hidup di muka bumi ini yang dinamakan Attercopus. Attercopus ini jenis laba-laba yang memiliki ekor seperti kalajengking. Para ilmuan menganggap Attercopus adalah nenek moyang dari laba-laba modern. Hewan berkaki delapan ini diperkirakan hidup sekitar 390 juta tahun yang lalu.

7. Titanoboa

Titanoboa
Dari sekian banyak ular tidak lebih menakutkan dari jenis titanoboa ini. Merupakan spesies ular BOA tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Hidup sekitar 60juta tahun yang lalu titanoboa adalah ular terbesar, terpanjang dan terbesar yang pernah ditemukan. Tahukah panjangnya? Titanoboa memiliki panjang 12 meter dan berat total 1000kg hewan ini bisa menelan buaya dan kura-kura yang masuk ke dalam mulutnya.

8. Phorusrhacid
Phorusrhacid

Phorusrhacid

Phorusrhacid dijuluki burung terror atau citah nya di dunia burung. Burung pra-sejarah ini termasuk burung karnivora yang hidup sekitar 62 juta tahun yang lalu. Phorusrhacid ini tidak bisa terbang seperti burung kebanyakan. Tetapi burung ini dibekali dengan kecepatan lari setara dengan Citah dan tinggi mencapai 3 meter.

9. Cameroceras
Cameroceras

Cameroceras adalah nenek moyang dan cumi-cumi yang hidup di era modern. Hewan ini mempunyai tubuh yang besar dapat tumbuh sekitar 6-12 meter. Cameroceras memiliki tubuh kerucut dan tentakel panjang yang digunakan untuk menangkap ikan dan makhluk lain.

10. Sarcosuchus
Sarcosuchus

Sarcosuchus

Buaya air asin sebagai reptil raksasa sekaligus buaya terbesar di dunia. Buaya air asin bisa mencapai besar 5,2 meter. Dengan ukuran sebesar itu harusnya buaya air asin bisa memangsa apapun yang masuk wilayahnya. Bagaimana buaya sebesar 12 meter? sekitar 112 juta tahun yang lalu hidup buaya raksasa yang diberi nama Sarcosuchus. Buaya sebesar ini bisa hidup dengan panjang 12 meter dan berat 8000kg.

11. Carbonemys
Carbonemys
Carbonemys adalah nama jenis kura-kura raksasa yang hidup sekitar 60 juta tahun yang lalu. Ketika era dinosaurus punah Carbonemys sanggup bertahan hidup sebuah fosil berhasil ditemukan oleh para ilmuan di Kolombia. Fosil ditemukan merupakan fosil Carbonemys dengan ukuran 1,8 meter.

12. Jaekelopterus
 Jaekelopterus

 Jaekelopterus
Hewan laut dijuluki kalajengking laut hidup sekitar 400 juta. Hewan ini termasuk karnivora dimana memiliki napsu makan besar yang memakan apapun yang melewatinya. Dengan tangannya yang banyak itu hewan ini salah satu predator yang mematikan di laut pada zamannya tersebut.

13. Fasolasuchus
Fasolasuchus


Dinosaurus salah satu spesies buaya tetapi dengan ukuran besar dan kaki yang panjang. Ada yang bilang dinosaurus ini merupakan buaya yang tinggi dimana jenis makan daging dengan rahang yang kuat.

14. Mammoth Woolly
Mammoth Woolly

Mammoth Woolly

Hewan Mammoth Woolly hidup pada 40 ribu tahun yang lalu merupakan nenek moyang gajah. Ukurannya mammoth Woolly tidak jauh beda dengan gajah Afrika. Hewan Mammoth Woolly merupakan salah satu spesies gajah berbulu pada zaman es. Populasi hewan ini terakhir hidup di pulau Wrangel di Samudera Artik sekitar 10 ribu tahun yang lalu.

Di dunia ini jika tidak terjaga satu demi satu jenis hewan akan mengalami kepunahan karena rusaknya ekosistem. Makanya kita harus menjaga hewan terutama yang akan mengalami kepunahan.

Nah, sudah tahu kan 14 jenis hewan besar yang menakutkan hidup di zaman pra-sejarah. Semoga bisa menambah wawasan mengenai hewan zaman dahulu. 

Sumber : Wikipedia, Youtube

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Jenis Hewan Besar yang Menakutkan Hidup di Zaman Pra-sejarah"

Post a Comment

Label