Skip to main content

8 Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Manusia yang ada di dunia ini memang mempunyai keberagaman dari warna kulit, berat badan, tinggi badan dan masih banyak lagi. Warna kulit ada yang putih, cokat, hitam. Berat badan ada yang kurus, ideal dan gemuk. Tentang ukuran badan dari yang sangat pendek dan ukuran badan sangat tinggi kali ini admin yang akan di bahas tentang manusia tertinggi di dunia.

Tinggi badan setiap orang berbeda dipengaruhi banyak faktor. Dari asupan makanan sejak lahir, kelainan tubuh sejak lahir/ kelainan genetik banyak lagi. Banyak faktor dari genetik adalah elemen dasar penentu tinggi badan. Seseorang akan memiliki gen penentu tinggi badan sesuai yang diwarisi gen orang tuanya. Jika orang tuanya memiliki tubuh tinggi maka akan memiliki perawakan tinggi juga.

Tapi belum tentu orang tua pendek, anaknya juga memiliki tubuh pendek pula. Kita sering melihat kedua orang tua pendek sekali sedangkan anaknya bisa memiliki tubuh tinggi atau normal. Itu karena kedua orang tua memiliki potensi tinggi genetik (memiliki potensi atau akan mencapai tinggi dewasa tertentu yang berada dalam suatu rentang tertentu).

Faktor gizi juga berpengaruh tinggi badan manusia. Beberapa zat gizi seperti protein, lemak, vitamin (vit A dan D) dan mineral (zat besi,kalsium, seng, da yodium) turun membantu dalam proses pertumbuhan.

Faktor lingkungan antara lain imunisasi dan kebutuhan ekonomi. Saat masih kecil imunisasi penting melindungi dari banyak penyakit yang bisa menghambat pertubuhan fisik.

Faktor hormonal juga berperan penting dalam proses pertumbuhan tinggi dan berat seseorang. Seperti hormon pertumbuhan (growth hormone), hormon tiroid dan hormon seks. Bila hormon ini berlebihan maka akan berefek bertambahnya tinggi badan yang tidak normal. Oleh karena itu ada manusia tertinggi di dunia yang mengalami hal tersebut.

Sebagai contoh penyakit yang bisa menyebabkan manusia tertinggi didunia

Akromegali adalah kelainan pertumbuhan berlebihan yang diakibatkan oleh pelepasan hormon pertumbuhan yang berlebihan. Biasanya diakibatkan adanya tumor hipofisa jinak (adenoma). Sebagian kasus mulai terjadi pada usia 30-50 tahun lama setelah ujung piringan tulang menutup. Tulang mengalami kelainan bentuk bukan memanjang. Pengobatanya tumor harus diangkat dan dihancurkan dengan pembedahan atau penyinaran untuk mengurangi produksi hormon pertumbuhan berlebih.

Gigantisme adalah berlebihnya produksi hormon pertumbuhan biasana terjadi pada anak-anak yang mempunyai dampak kepada ukuran tinggi dan berat badan. Penyebab penyakit ini yang paling ditemui adalah tumor pada kelenjar hipofisis atau pituitari yang terletak di bagian bawah otak. Penyebab lain tumor Carney complex, Multiple endocrine neoplasia type 1 yang dikenal sebagai MEN 1, Neurofibromatosis, Sindrom McCune-albright.

Mari kita bahas biodata foto manusia tertinggi di dunia yang bikin kita tercengang.

1. Robert Wadlow
Robert Wadlow Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang
Ketika Wadlow dengan Ayahnya
Robert Wadlow


Robert Pershing Wadlow lahir di Alton, Illinois pada 22 Februari 1918. Robert Wadlow juga sering di panggil "Raksasa Alton" karena lahir di Alton, Illinois. Dia mengalami hipertropi di hipofisis berakibat jumlah hormon pertumbuhan tidak normal. Sehingga mengalami pertumbuhan terus menerus yang tidak terkontrol sampai dia meninggal pada usia 22 tahun 15 Juli 1940 Manistee, Michigan. Pertumbuhanya tidak terkendali yang mempunyai tinggi 2,72 m (8 kaki 11,1 inci), berat badan 220 kg (490 pon) dan tangan berukuran 324 mm (22,75inci) dari pergelangannya ke jari tengah. Sejak tanggal 1937, Wadlow sudah memecahkan rekor sebagai orang tertinggi.

2. Vaino Myllyrinne
Vaino Myllyrinne Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Vaino Myllyrinne
Vaino Myllyrinne kebangsaan Finlandia lahir pada 27 februari 1909 dan meninggal tanggal 13 April 1963 yang mempunyai tinggi 251 cm (8 kaki 3 inci) diukur saat umur 21 tahun. Vaino Myllyrinne pernah mengikut pelatihan tentara pada tahun 1929. Setelah bertugas di Angkatan Bersenjata Finlandia, Myllyrinne menjadi prajurit terbesar dan dianggap prajurit terbesar sepanjang masa.

2. Vikas Uppal
Vikas Uppal Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Vikas Uppal Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang
Vikas Uppal lahir dari Dehli,India tanggal 1 januari 1986 dan meninggal pada 30 Juni 2007. Vikas juga termasuk dalam daftar orang tertinggi di dunia. Ada yang mengatakan tinggi Vikas 8 kaki 3 (2,51 cm) dan ada juga yang menganggap tinggi 8 kaki 9 inci (2,67 m). Berhubung memiliki kriteria verifikasi yang ketat dia tidak tercatat Guinness World Record  karena berbagai banyak sumber. Nama lain dari Vikas adalah Vicky dikenal indian tertinggi. Dia meninggal saat operasi pengangkatan tumor otak di Dehli India.

4. Sultan Könsen
Sultan Könsen  Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Sultan Könsen Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang
Sultan Könsen lahir di Mardin, Turki 10 Desember 1982 umur 35 tahun. Guinness World Record mencatat pria ini dengan tinggi 2,51 meter. Dia juga memiliki rekor dengan tangan terbesar yaitu 27,5 cm. Dia tidak menyangka bisa tingginya lebih dari 2 meter karena di umur 10 tahun tingginya masih standar. Dia mengalami pertumbuhan sangat signifikan setelah operasi pengangkatan tumor yang ada di kelenjar di bawah otak. Dia mempunyai ukuran sepatu 3 kali ukuran orang dewasa.

5. Morteza Mehrzad
Morteza Mehrzad Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Morteza Mehrzad Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang
Selanjutnya 8 manusia raksasa tertinggi di dunia yang bikin tercengang adalah Morteza Mehrzad. Dia kebangsaan Iran, lahir 17 September 1987. Dia memiliki akromegali mengakibatkan pertumbuhanya badannya tidak terkontrol. Meski mengalami pertumbuhan badan yang tidak sewajarnya tetapi dia menjadi pemain andalan voli duduk paralimik Iran. Tinggi badannya mencapai 2,45 meter.

6. Brahim Takioullah
Brahim Takioullah Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Brahim Takioullah
Brahim Takioullah kebangsaan Guelmim Maroko lahir pada tanggal 26 Januari 1982. Awalnya memiliki tinggi yang ideal  dan dia tumbuh seperti yang lain. Saat usia beranjak 18 tahun dokter di sekolahan menemukan keanehan pertumbuhannya tidak biasa. Lalu di test darah dan di diagnosis akromegali yang mengakibatkan pertumbuhannya tidak terkontrol. Tinggi yang tidak bisa dikendalikan dengan mudah saat ini mencapai 2,46 cm. Pria ini akhirnya mempunyai catatan di Guinness World Record 24 Mei 2011.

7. Leonid Stadnyk
Leonid Stadnyk Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Leonid Stadnyk Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang

Leonid Stadnyk Foto Manusia Tertinggi di Dunia yang Bikin Tercengang
Leonid Stadnyk berasal dari Ukraina 5 Agustus 1970 akibat menjalani operasi otak saat usia 13 tahun berakibat pertumbuhannya menjadi adnormal. Karena Stadnyk mempunyai penyakit tumor kelenjar pituitari sehingga membuat hormon pertumbuhan memproduksi dalam jumlah besar. Para dokter memeriksa Stadnyk tumor itu  menghilang sejak dua puluh tahun setelah operasi. Pria ini tidak tertarik pada gelar dan tidak ada catatan diukur resmi oleh Guinness World Records dan hanya dicatat "Buku Catatan Ukraina" dengan tinggi 2,44mm (8 kaki 0,1 inci).

8. Zhang Juncai
alternative Zhang Juncai

alternative Zhang Juncai
Zhang Juncai dikenal banyak orang karena mempunyai tinggi badan di atas rata-rata. Di Thiongkok Zang Juncai banyak yang mengenal dirinya dan sering diundang dimana-mana. Tentu banyak yang kenal disana karena tinggi badannya mencapai 2,42 meter.

Itulah foto manusia tertinggi di dunia yang bikin tercengang bersumber dari wikipedia. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar