Mengelola Finansial Ala Wanita Karir

alternative Mengelola Finansial Ala Wanita Karir

Banyak dari wanita modern saat ini yang tidak bergantung pada pria dan memiliki penghasilan sendiri. Namun sebagai wanita karier, bukan berarti uang harus dihambur – hamburkan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips dalam mengelola finansial ala wanita karier.

Catat semua pengeluaran

Sebagai wanita karir, mendapatkan penghasilan bulanan menjadi hal yang wajar. Namun, sangat penting untuk mencatat pengeluaran. Bila perlu saat ingin mengelola finansial, lebih baik catat semuanya, mulai dari biaya transpor, makanan, hingga belanja bulanan.

Dengan mencatat biaya pengeluaran setiap bulan akan membuat Anda lebih paham kebiasaan biaya pengeluaran tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminimalkan pengeluaran yang membengkak. Bahkan, Anda juga bisa memangkas pengeluaran mana pun agar lebih hemat.

Jangan campurkan investasi dan tabungan

Untuk bisa mengelola finansial di masa depan, memiliki tabungan atau melakukan investasi adalah langkah yang tepat. Hal ini juga yang sering dilakukan oleh wanita karier, terlebih bagi yang memiliki sisa keuangan di akhir bulan.

Namun begitu, jangan campurkan antara uang yang akan diinvestasikan dan tabungan Anda. Setidaknya, sisakan 10% akan penghasilan Anda untuk tabungkan. Sedangkan untuk investasi coba saja jasa asuransi, seperti asuransi jiwa, kesehatan atau pensiun.

Jangan lupakan dana darurat

Tips selanjutnya dalam mengelola finansial ala wanita karir adalah jangan lupakan sisakan uang untuk dana darurat. Dana ini merupakan tabungan Anda sebagai jaga – jaga, jika ada sesuatu tidak diinginkan terjadi. Walaupun bagi wanita sukses sekalipun, dana darurat wajib dimiliki.

Menyiapkan dana darurat sangat mudah dilakukan. Buat saja rekening pribadi untuk dana darurat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya sendiri di dalam rumah. Jangan sentuh dana tersebut.

Awal bulan waktu tepat menabung

Tips cerdas mengatur finansial ala wanita karier adalah dengan menabung di awal bulan. Rupanya, hal ini juga sangat efektif dan tepat. Pasalnya, Anda tidak perlu kesusahan lagi dalam menyisihkan keuangan untuk bisa disimpan. Cukup lakukan secara rutin, setiap gajian sisihkan 10 atau 30 persen dari gaji Anda untuk ditabung.

Menabung di awal bulan juga membantu dalam meminimalkan menghambur – hamburkan uang. Alasan lainnya, menabung di awal bulan sangat diperlukan karena memang keuangan masih stabil. Dengan begitu, juga sangat baik untuk menghindarkan keuangan yang tidak stabil. Sehingga malahan tidak bisa menabung.

Jangan lupa catatan anggaran saat ingin berbelanja

Siapa wanita yang tidak suka berbelanja? Setiap wanita identik dengan belanja atau shopping. Bahkan, banyak dari wanita yang tidak sadar diri ketika belanja. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak baik dilakukan. Pasalnya, masalah finansial jadi tidak terkontrol dan membuat uang cepat ludes.
Maka dari itu, siapkan rencana anggaran belanja Anda. Selalu catat kebutuhan apa yang ingin dibeli dan sangat penting terlebih dahulu. Jangan lupa mencantum harga – harganya. Dengan begitu, saat belanja tidak akan kebingungan.

Cari penghasilan tambahan

Sebagai wanita karier tidak cukup jika hanya mengandalkan gaji bulanan saja. Bahkan, kondisi finansial tidak terkontrol hanya dari gaji bulanan saja. Walaupun sudah bekerja, tidak adalah salahnya mencari penghasil tambahan.

Bukan hanya menambah penghasilan, namun juga menambah nilai positif daripada harus berbelanja. Sehingga sifat konsumtif diri wanita lebih dikurangi.

Walaupun wanita karier dengan penghasilan, alangkah baiknya merencanakan finansial Anda. Dengan begitu, lebih ke depannya keuangan akan lebih stabil. Bukan hanya itu saja, jika ada keadaan darurat tidak kelabakan. Demikian cara mengelola finansial ala wanita karir semoga bisa bermanfaat bagi  Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengelola Finansial Ala Wanita Karir"

Post a Comment

Label