5 Tips Kelola Keuangan yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

uang dolar
Tips Kelola Keuangan - Mengatur keuangan sendiri maupun keluarga bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang jika memang dikelola dengan baik, namun menjadi sulit jika menggampangkan urusan ini. Godaan barang masa kini yang keren hingga gaya hidup lingkungan yang wah, membuat banyak orang melupakan kondisi keuangannya. Ujung-ujungnya, kesulitan keuangan hingga terlilit utang harus dilalui. Nah, agar Anda tidak terjebak pada kondisi ini, berikut beberapa tips mengatur keuangan agar masa depan Anda tetap cerah.

1. Menggunakan Uang di Bawah Pendapatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan uang yang ada, jangan sampai lebih dari pendapatan. Untuk bisa mengetahui apakah pengeluaran tidak melebihi pendapatan, pastinya ada trik yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Rencanakan pengeluaran yang wajib dikeluarkan dalam satu bulan, seperti pembayaran utang maupun pembayaran rutin (listrik, air, gas, dan sebagainya).
  • Sisihkan uang yang harus ada di akhir bulan. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting ada. Uang sisa ini juga untuk mengantisipasi jika ada pengeluaran tidak terduga, seperti sumbangan atau sakit.
  • Bayarkan terlebih dahulu keperluan wajib dan rutin, serta uang yang disisihkan. Pengeluaran lain seperti untuk makan atau membeli camilan disesuaikan dengan sisa uang yang ada.
  • Gunakan sisa uang yang ada sehemat mungkin sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan satu bulan.
  • Catat setiap pengeluaran, baik pengeluaran wajib maupun yang tidak untuk mengontrol sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan dan sisa uang.

2. Merencanakan Masa Depan

Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pendapatan yang Anda terima setiap bulannya juga harus direncanakan untuk masa depan. Salah satu caranya adalah dengan menabung. Pastikan setiap bulannya Anda menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Uang ini sebagai cadangan saat Anda sudah memasuki usia pensiun, di mana tidak mungkin Anda bisa bekerja lagi dan menghasilkan uang. Selain itu, uang ini juga bisa digunakan saat Anda dalam kondisi terjepit dan membutuhkan uang dengan cepat. Hanya saja, saat kondisi sudah normal, kembalikan uang tersebut agar tidak kosong.

3. Mengupayakan Uang Terus Bertumbuh

Jika memang pendapatan Anda berlebih, upayakan ada uang yang bisa digunakan untuk berbisnis. Dengan begitu, uang Anda bisa bertambah. Dengan terus memutar uang yang ada, pendapatan lebih bisa Anda peroleh. Jika pendapatan Anda tidak berlebih, bisa menggunakan sebagian uang tabungan, dengan catatan, setelah profit diperoleh, uang tabungan dikembalikan.

4. Mengelola Utang

Setiap orang memang tidak bisa lepas dari utang. Namun, pastikan utang yang Anda lakukan bukan hanya untuk membeli barang-barang konsumtif. Utang untuk berbisnis atau investasi akan lebih bagus, namun dengan hitung-hitungan yang cermat agar tidak merugi dan justru terjerumus dalam jeratan utang lebih dalam. Selain itu, jangan lupa untuk membayar utang tersebut tepat waktu agar tidak ada denda atau bahkan proses penyitaan.

5. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Memang, kartu kredit sangat membantu di saat Anda harus membayar sesuatu namun tidak membawa uang cash. Hanya saja, banyak orang yang justru terjebak dengan kenikmatan ini hingga menggunakannya tanpa kendali. Sebab, kemudahan pembayaran dengan kartu kredit ini membuat orang tergoda untuk terus berbelanja hingga batas limit. Nah, buat Anda yang mempunyai hobi shopping, sebaiknya tinggalkan penggunaan kartu kredit untuk mengerem hobi Anda tersebut.
Itulah lima tips kelola keuangan jika ingin masa depan Anda cerah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Kelola Keuangan yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah"

Post a Comment

Label