5 Tips Membeli Apartemen Dengan Cermat dan Tepat

5 Tips Membeli Apartemen Dengan Cermat dan Tepat
Tips membeli apartemen mudah – Tinggal di sebuah apartemen saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup di zaman modern seperti sekarang ini. Ada banyak orang yang memilih apartemen, terlebih lagi lokasi apartemen yang biasanya terletak di kawasan strategis sehingga mempermudah akses untuk bepergian. Padahal jika dihitung-hitung, anggaran yang dikeluarkan untuk tinggal di sebuah apartemen tentu saja bisa menghabiskan banyak anggaran dibandingkan tinggal di rumah atau perumahan.

Pertimbangan Memilih Apartemen

Jika Anda berencana untuk membeli sebuah apartemen, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal di bawah ini terlebih dulu :

? Biaya Listrik, Telepon, dan Air

Biaya listrik, telepon, dan air tentu saja sudah menjadi tanggungan penghuni apartemen. Jumlah yang dibayarkannya pun sesuai dengan jumlah konsumsi listrik yang digunakan. Namun, ada pula pengembang yang menyamaratakan jumlah biaya listrik untuk seluruh pemilik apartemen. Dengan kisaran biaya sekitar Rp. 350.000/bulan. Akan tetapi, hal ini tentu saja berbeda untuk tiap unit apartemen. Karenanya tanyakan terlebih dulu total biaya air, telepon, dan listrik terlebih dulu sebelum Anda menetap dan memilih apartemen.

? Biaya Pemeliharaan

Biaya pemeliharaan ini bisa mencakup pemeliharaan kebersihan, perawatan taman, gedung, dan keamanan. Dengan jumlah tergantung pada jenis dan luas apartemen itu sendiri. Biaya pemeliharaan tersebut dapat dibayarkan per bulan, per 3 bulan sekali, maupun per 6 bulan sekali, menyesuaikan penghuni apartemen.

? Biaya Parkir Setiap Bulan

Setiap penghuni apartemen umumnya mempunyai kendaraan pribadi untuk menunjang mobilitas penggunanya saat bepergian. Namun jajaran kendaraan roda empat yang Anda parkirkan di lingkungan apartemen tentu saja tidak gratis. Umumnya penghuni apartemen akan mengeluarkan biaya lainnya sebagai biaya tambahan agar bisa menikmati fasilitas parkir di dalam gedung apartemen.

Semua biaya-biaya tersebut harus Anda pikirkan jauh-jauh hari sebelum Anda memilih dan mencari apartemen. Jika sudah siap, dan Anda memang memiliki anggaran berlebih untuk biaya-biaya tambahan di atas, baru Anda bisa mencoba tips membeli apartemen mudah yang dijelaskan di bawah ini!

Tips Membeli Apartemen Dengan Cermat

Sebelum membeli apartemen sebagai hunian, ada beberapa tips membeli apartemen dengan cermat dan tepat, berikut ini :

1. Memilih Developer Dengan Rekam Jejak Baik

Pelajari bagaimana track record atau rekam jejak developer yang akan dipilih saat hendak membeli apartemen. Lantaran ada banyak kasus apartemen yang ditelantarkan begitu saja oleh pemiliknya karena bermasalah. Anda bisa mencoba mencari tahu bagaimana tingkat kredibilitas developer melalui APERSI (Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia).

2. Legalitas Perusahaan

Hal yang tak kalah pentingnya saat hendak memilih apartemen adalah jangan melupakan legalitas dan sertifikat bangunan apartemen itu sendiri. Sebagai konsumen, Anda harus memeriksa dan mengetahui tentang HGB (Hak Guna Bangunan) developer, surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SIPPT (Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah), dan Surat Izin Prinsip. Untuk pengecekannya Anda bisa langsung melakukan validasi data-data legalitas ke instansi terkait.

3. Cari Perbandingan

Pastikan untuk tidak hanya bergantung ke satu apartemen saja. Sebelum Anda membeli apartemen, sempatkan waktu mencari informasi mengenai fasilitas, lokasi, harga, dan keuntungan lainnya dari apartemen tersebut. Jika Anda memerlukan hunian yang lebih tenang, sebisa mungkin untuk menghindari apartemen yang lokasinya berdekatan dengan diskotik, bar, maupun tempat hiburan lainnya.

4. Survei Lokasi

Anda tentu harus melakukan survei lokasi tempat apartemen berada. Umumnya orang akan membeli sebuah apartemen yang lokasinya berada di tengah kota atau tempat kerja. Tentu saja hal ini bertujuan agar lebih menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan.

5. Fasilitas Pendukung yang Ditawarkan

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui berbagai fasilitas umum yang ada di sekitar hunian Anda, seperti kantor polisi, sekolah, pusat perkantoran, kampus, rumah sakit, pusat perbelanjaan, perkantoran, stasiun, minimarket, dan sebagainya. Ini bertujuan untuk mempermudah akses mencapai tempat-tempat yang dituju.

Itulah beberapa tips membeli apartemen dengan cermat dan tepat agar kebutuhan apartemen pun lebih maksimal untuk Anda dan keluarga!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Membeli Apartemen Dengan Cermat dan Tepat"

Post a Comment

Label