Ketagihan Belanja Online? Berikut Cara Mengatasinya

Belanja online merupakan aktivitas internet yang banyak digandrungi saat ini. Kebanyakan kaum hawa kecanduan dengan belanja online. Bagaimana tidak, kemudahan yang diberikan tanpa perlu capek-capek keluar rumah. Tidak jarang pula, harga yang ditawarkan lebih murah. Namun, namanya kecanduan akan sangat susah untuk menghentikannya. Bagi Anda yang memang kecanduan belanja online, berikut ini tanda-tanda dan cara mengatasinya.

Tanda – tanda kecanduan belanja online
Ketagihan Belanja Online? Berikut Cara Mengatasinya
Sama halnya dengan gejala kecanduan lainnya, kecanduan belanja online juga memberikan dampak negatif, terlebih pada permasalahan keuangan. Ada banyak tanda – tanda orang kecanduan belanja online, berikut di antaranya:

1. Lama saat mengunjungi situs belanja
Saat ini untuk browsing bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Aktivitas ini memang cukup menyenangkan dan bisa dilakukan di waktu senggang. Namun, jika browsing hanya untuk situs belanja online saja, maka bisa diidentifikasikan Anda kecanduan akan belanja online.

2. Belanja di luar rencana
Belanja online bukanlah suatu masalah besar, jika dilakukan secara terencana dan sesuai kondisi keuangan. Namun banyak yang hobi belanja online mengalami pengeluaran di luar rencana. Bahkan, belanja sesuatu yang dia tidak perlu. Hal inilah yang merupakan bentuk kecanduan akan belanja online.

3. Terjebak diskon
Siapa yang tidak suka diskon? Namun diskon juga bisa suatu masalah. Di mana dengan adanya diskon, orang jadi mudah untuk melakukan pembelian. Dengan begitu, akan berdampak pada keuangan mereka.

4. Paket belanja datang secara teratur
Apakah Anda termasuk orang yang sering menerima paket belanja setiap minggunya? Jika iya, berarti Anda sudah kecanduan belanja online. Pasalnya, Anda tidak membatasi keinginan belanja Anda.

Cara mengatasi kecanduan belanja online

Apapun gejala yang dialami, pasti ada cara mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi kecanduan belanja online Anda.

1. Menghapus aplikasi belanja online

Aplikasi belanja online mungkin cara mudah untuk bisa mengakses dan melakukan aktivitas ini. Namun hal tersebut akan berdampak buruk. Untuk mencegah kecanduan belanja online terjadi, hapus saja aplikasi belanja dari smartphone Anda. Dengan begitu, Anda tidak fokus dan mudah dalam menggunakannya. Menghapus aplikasi ini juga membantu Anda mencari aktivitas lainnya.

2. Batasi pengeluaran dan hapus aplikasi mobile banking

Layanan mobile banking merupakan cara termudah dalam melakukan pembayaran belanja online. Namun adanya mobile banking membuat pengeluaran jadi tidak terkendali, karena akses mudahnya. Oleh karena itu, agar tidak kecanduan batasi penggunaannya. Bila perlu hapus aplikasi mobile banking Anda.

3. Cari hobi baru

Cara termudah yang bisa dilakukan agar tidak kecanduan belanja online adalah dengan mencari aktivitas atau hobi baru. Dengan begitu, Anda akan teralihkan pada kegiatan baru tersebut. Cara ini cukup efektif untuk menyita banyak waktu Anda sehingga Anda akan lupa dan menghindari dari berbagai godaan akan belanja online.

4. Unsubscribe

Iklan juga bisa menjadi godaan untuk belanja online. Terlebih lagi, jika Anda rajin membukanya. Maka dari itu, unsubscribe saja semua promo atau informasi dari situs belanja online. Hal ini juga berlaku untuk media sosial Anda, terlebih lagi jika Anda banyak mengikuti akun belanja online.
Mungkin kegiatan belanja online cukup menyenangkan bagi kaum hawa. Namun hal tersebut bisa buat Anda kecanduan. Di mana, Anda tidak bisa mengontrol kegiatan belanja dan membuat keuangan Anda bermasalah. Maka dari itu, kenali gejalanya dan langsung atasi dengan segara. Hal ini untuk menyelamatkan kondisi keuangan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ketagihan Belanja Online? Berikut Cara Mengatasinya"

  1. Gak cuma kaum hawa sih gan yang kecanduan belanja online. Kaum Adam pun ada yang kecanduan. Temen di kantor malah manfaatin flash sale dengan goyangan hape. Hasil nya emak-emak dikantornya dikasih hadiah bumbu instan. Oh satu lagi buat tambahan ngilangin candu belanja online: hapus riwayat kartu kredit yang dipake pas belanja

    ReplyDelete

Label