Merdeka Finansial, Mungkinkah? Coba 5 Cara Ini Mewujudkannya

Merdeka Finansial, Mungkinkah? Coba 5 Cara Ini Mewujudkannya
Jika Anda berlangganan majalah keuangan, kata-kata dalam judul hingga kalimat seperti merdeka finansial pasti sering terbaca. Apakah yang Anda pikirkan tentang merdeka finansial berarti bebas utang? Tidak hanya bebas utang, merdeka finansial juga berarti Anda tidak lagi khawatir tentang uang. Mungkinkah disaat manusia hidup tidak lagi khawatir dengan uang? Pastikan hal itu mungkin terjadi dalam hidup Anda dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini:

Dana darurat harus diamankan

Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk menyiapkan diri menghadapi situasi yang membuat Anda harus menyiapkan dana tunai. Dengan dana tunai yang cukup, Anda terhindar dari opsi utang saat keadaan sedang darurat. Anda dapat merdeka finansial dengan mencoba mencukupi kebutuhan dana darurat ini terlebih dahulu.

Idealnya dana darurat yang harus Anda amankan adalah 3-6 kali pengeluaran yang selama ini rutin Anda keluarkan setiap bulannya. Untuk memastikan dana darurat ini aman dan mudah diambil saat membutuhkan, letakkan ke dalam instrumen keuangan seperti tabungan. Selain itu Anda juga dapat meletakkannya di deposito hingga emas.

Selesaikan utang

Selesai menyiapkan dana darurat, Anda harus fokus untuk mewujudkan bebas utang. Selesaikan semua beban utang yang dimiliki kecuali pelunasan KPR. Tuntaskan dari mulai utang kredit tanpa agunan, kartu kredit hingga utang-utang konsumtif lainnya yang pernah Anda lakukan. Pastikan untuk menyelesaikannya satu persatu hingga tuntas.
Serasa tidak mungkin saat Anda berusaha mewujudkan dana darurat, sementara di saat yang sama Anda juga harus menyelesaikan utang. Namun apa yang tidak mungkin saat Anda memiliki kunci penghematan besar-besaran yang tidak dapat ditirukan. Selain menghemat besar-besaran, tunda juga pengeluaran gaya hidup hingga pengeluaran tidak primer.

Asuransi yang cukup

Banyak orang menganggap remeh asuransi ini. Bahkan ada yang memilih merdeka finansial dengan tidak mempedulikan asuransi. Padahal asuransi ini akan mendukung usaha Anda untuk mengatur risiko finansial lebih murah. Risiko finansial dapat berupa kematian saat mencari nafkah, kecelakaan hingga sakit.

Untuk itu, sangat penting mengelola asuransi ini untuk mewujudkan keinginan Anda merdeka finansial. Tidak hanya risiko saat Anda mewujudkan merdeka finansial, namun penting juga mengelola asuransi untuk meminimalkan pengaruh finansial karena terjadinya kebakaran, demo, kerusahan dan seterusnya.

Memulai investasi lebih cepat

Merdeka finansial akan dapat Anda wujudkan lebih cepat, saat Anda juga mampu berlaku bijak dengan memulai memiliki aset lebih cepat. Tidak mungkin membangun aset lebih cepat, tanpa Anda melawan laju dampak inflasi dan memulai investasi sedini mungkin. Apakah mungkin berinvestasi di usia muda? Dari mana modalnya?

Tentu saja sangat mungkin Anda berinvestasi sejak usia muda. Pasalnya sekarang ini investasi tidak harus dengan modal sangat besar. Bahkan dengan modal kecil, Anda sudah dapat berinvestasi seperti reksadana, emas, saham dan banyak lagi. Pastikan berkonsultasi dengan ahli sehingga Anda tidak tertipu investasi palsu atau bodong.

Rajin bersedekah

Percaya tidak percaya, saat Anda berbagi tdak hanya berupa dampak berkurangnya finansial. Pasalnya bersedekah ini juga menjadi salah satu cara untuk mewujudkan kesehatan batin yang memiliki tingkat spiritual lebih kuat. Secara kasat mata uang Anda berkurang namun justru berdampak pada hasil positif lainnya.

Hasil positif lainnya tentu berdampak pada semangat Anda bekerja. Terutama dalam bekerja untuk mengumpulkan dan membangun aset lebih dini sehingga dapat terwujud kemerdekaan finansial secepat mungkin. Dengan cara-cara yang telah disebutkan, peluang Anda dapat mewujudkan merdeka finansial akan terbuka lebih besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merdeka Finansial, Mungkinkah? Coba 5 Cara Ini Mewujudkannya"

Post a Comment

Label