Cara membedakan sakit kepala yang berbahaya

alt Cara membedakan sakit kepala yang berbahaya
Apakah kalian pernah mengalami bagaimana sakit kepala atau pusing? Sakit kepala atau pusing bisa terjadi pada semua orang. Keluhan seperti itu bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja. 

Kita harus periksa dokter bila pusing atau sakit kepala tetapi ke dokter spesialis apa? Kita harus membedakan dulu saraf  dengan sarap. Sakit saraf adalah gangguan sistem saraf pusat. Sakit Sarap adalah gangguan penjiwaan harus di tangani oleh psikiatri. Jadi jangan salah sebut ya teman. 

Mari kita mengenal otak adalah suatu sistem susunan saraf pusat seperti "komputer" yang mengatur semua di seluruh tubuh. Otak mengatur saraf pernafasan, gerak, denyut jantung dan banyak lagi. Bayangkan begitu pintar sekali otak kita. 

Nah, sekarang kita membedakan sakit kepala dan pusing seperti apa rasanya. Sakit kepala dirasakan bisa berdenyut cekot-cekot, berat bermacam-macam. Berikut cara membedakan sakit kepala yang berbahaya.

Sakit Kepala

Sakit kepala dibedakan primer dan sekunder. Primer ada 3 yaitu  tegang (tension headache, migrain , cluster hedache. Sedangkan yang sekunder adalah yang berbahaya.

Sakit kepala Primer dibedakan menjadi 3 yaitu :

1. Tension Headache adalah sakit kepala yang disebabkan adanya tekanan atau tegangan pada kepala
posisi biasanya terjadi di pelipis dan di jidat. Banyak terjadi pada wanita usia muda belasan sampai dibawah 40 tahun. Yang dirasakan sakit dari tengkuk menjalar kedepan seperti memakai helm. Kebanyakan dirasakan berat kaku dibelakang. Sakit ini banyak terjadi pada pekerja yang statis seperti banyak duduk, banyak menulis, kerja didepan komputer, ruang kantoran.

Ciri khas skala 4-6 (skala 4-6) ringan sedang artinya bisa bekerja dan beraktivitas tetapi sangat mengganggu. Bisa disembuhkan dengan pelemas otot, anti nyeri, dan memperbaiki life style.

2. Cluster Headache adalah Sakit kepala yang terjadi pada daerah mata. Lebih spesifik daerah mata bisa diatas dan dibawah. Di area mata biasanya di sertai keluar air mata, mata bisa memerah. Paling sering pada laki-laki sakit kepala hebat sampai mata merah dan keluar air mata.
Terapi yang paling aman beri oksigen murni.

3. Migrain adalah sakit kepala yang hanya menyerang sebagian kepala bagian belakang seperti
berdenyut. Lebih sensitive pada cahaya yang terang. Paling sering pada perempuan, apalagi mempunyai riwayat sakit yang sama pada orang tua  atau faktor keturunan. Sakit dirasakan seperti berdenyut kepala sebelah atau kanan kiri serangan bersamaan. Lebih nyaman di cahaya gelap. pencetusnya bisa karena coklat, msg atau macam-macam setiap orang individual.

Sakit kepala sekunder.

Sekunder contohnya seperti stroke, tumor, infeksi misalnya meningitis, cidera kepala atau proses-proses berbahaya.

Siri sakit kepala sekunder:
1. Kronik-progresif sudah lama dan semakin lama semakin berat dan semakin sering. 
awalnya sakit kepala skala ringan makin lama makin berat. pertama minum obat warung bisa sembuh makin lama tambah dosis.

2. Sakit sangat hebat :  terbangun saat subuh karena sakit kepala, bukan sakit kepala sehingga tidak bisa tidur. Saat pagi dimana posisi tekanan dalam kepala palig tinggi.

3. Muntah Proyektil : sakit kepala dengan muntah

4. Gangguan neurologis : kesemutan di sisi badan, kelemahan , kejang , gangguan penglihatan misal pandangan doble, gangguan menelan, gangguan kesadaran

Saat kita sakit kepala kita harus bisa mengenali sakit kepala primer atau sakit kepala sekunder untuk pengobatan lebih lanjut hubungi dokter spesialis saraf kalian.

Pusing

Pusing adalah keluhan yang berasa berputar atau goyang dan keluhan tidak stabil. Tetapi seseorang bisa serangan sakit kepala dan pusing bersamaan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat memicu tambahnya sakit kepala

Pemicu :

Keju hampir semua prodak olahan seperti susu keju mengandung asam amino yang memicu rasa nyeri pada bagian kepala.

Vanilla hampir semua produk olahan baik berupa bentuk lilin, pengharum ruangan yang rasanya vanilla bisa saja pemicu sakit kepala. Walaupun suka mencium aroma vanilla disarankan meminimalkan bila tidak mau sakit kepala.

Pengikat rambut bisa memicu sakit kepala karena sebagian besar rambut ikut tertarik.

Pengobatan sederhana: 

Pengobatan dengan papermint : bisa diusapkan pada pelipis, dicium-cium bisa mengurangi rasa sakit kepala.

Lavender: disarankan memkai bandana saja, karena tidak terlalu menarik rambut. Untuk meringkankan sakit kepala bisa mencampurkan cairan lavender dengan air. Bandana di celukan di air lavender dan diperas jangan terlalu basah. Setelah itu di pakaikan di kepala seperti biasa pengobatan terapi aroma lavender.

Cabai mengandung zat capsikum yang berguna untuk meredakan rasa sakit saat rasa sakit itu datang.

Demikian pembahasan mengenai cara membedakan sakit kepala yang berbahaya. Sakit kepala bisa hanya mengganggu kenyamanan tetapi juga ada yang berbahaya. Periksalah untuk pengobatan lebih lanjut pada dokter yang berkompeten.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membedakan sakit kepala yang berbahaya"

Post a Comment

Label