Skip to main content

5 langkah pertolongan pertama anak demam tinggi yang harus diketahui

alternative anak demam
Pertolongan pertama anak demam
Demam atau panas merupakan keadaan suhu badan di atas normal, suhu normal 36-37,5 derajat celsius. Ketika orang tua menemukan anaknya yang biasanya sehat dan ceria tiba-tiba mengalami lemah dan kurang aktif karena demam tentunya orang tua akan bingung dan panik.

Bagaimana saya harus mengobati anak saya ini? Tentunya orang tua terburu-buru ingin membawa ke dokter atau ke rumah sakit. Boleh saja tetapi jangan melupakan pertolongan pertama yang harus dilakukan. Kadang menemukan anak tiba-tiba panas sekali rumah sakit jauh apa yang harus dilakukan?

5 langkah pertolongan pertama saat anak demam tinggi yang harus diketahui :

Langkah pertama penanganan anak demam tinggi

Sebelumnya kita memastikan anak terserang demam atau tidak pemeriksaan suhu badan bisa mengunakan termometer air raksa atau digital. Termometer air raksa dilakukan di ketiak dan pemeriksaan digital dengan sensor dilakukan di dahi atau di telinga tergantung alatnya.

Setelah pemeriksaan pertama suhu badan pastikan anak dalam kategori suhu badan panas lebih dari 37,5 derajat celsius dikatagorikan demam. Pastikan pemeriksaan interval 7 menit sekali setiap 20 menit sekali, tujuannya untuk memastikan bahwa ini demam bukan karena faktor diluar tubuh seperti cuaca dan lingkungan.

Langkah kedua penanganan pertama anak demam tinggi

Bawalah anak pada suhu yang nyaman tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Anak diletakan di tempat tidur lepaskan celana baju dan kaos tutup dengan selimut sudah cukup jangan selimut yang tebal.

Langkah ketiga penanganan pertama anak demam tinggi

Pemberian kompres hangat akan menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah perifer sehingga terjadi percepatan pelepasan suhu si anak menyebabkan suhu anak turun.

Langkah pertama kompreslah anak Anda sebelum membawa ke dokter. Apakah menggunakan kompres hangat? kompres dingin? kompres alkhohol?
kompres yang baik menggunakan apa ya? pilihlah metode yang tepat mari kita pelajari dibawah ini.


V (betul) Kompres hangat
Mengkompres anak dengan memberikan air hangat 40-50 derajat Celsius ingat jangan terlalu panas bila takut memakai suhu air biasa saja tidak panas dan tidak dingin. Dengan kompres hangat ini kita akan membuka pori-pori dan melebarkan pembuluh darah sehingga melepaskan suhu tubuh lebih efektif. Anak Anda juga merasa lebih nyaman dan kita ingin menginduksi atau merangsang otak untuk menurunkan suhu tubuh.

Letak kompres bagian tubuh apa? 
Sering kali orang tua mengkompres anak didaerah kening saja. Kompreslah pada seluruh tempat dimana reseptor panas yakni di seluruh kulit. Maka melakukan kompres tidak hanya di lakukan di kening saja tetapi juga ketiak dan lipatan paha dimana terdapat pembuluh darah yang besar.




Kompres yang tidak boleh dilakukan (saat jaman dulu)
X (Salah) Kompres dingin mengunakan kompres anak dengan air dicampurkan bongkahan es batu. Tetapi yang harus kita ingat pada saat kita mengkompres dingin yang terjadi adalah maka pembuluh anak Anda dan pori-porinya akan menutup sehingga pelepasan panasnya kurang maksimal. Kompres dingin menyebabkan menutupnya pori-pori terjadi vasokontriksi sehingga pengeluaran panas tidak ada. Dan juga dengan kompres dingin keadaan si anak kurang nyaman singga anaknya akan lebih rewel. Bila kita mengkompres dingin tubuh akan memberikan sinyal ke otak untuk memproduksi panas lebih tinggi. Kadar Oksigenya akan menurun menjadi perburukan kondisi jadi demam akan semakin tinggi, tangan dan kaki dingin kebiruan.

X (Salah) Kompres alkhohol 70 %. Kita tahu sendiri alkhohol 70 % itu banyak zat yang gampang menguap. Bila uap alkhohol terhirup anak Anda maka anak Anda gampang tertidur dan lemes akibat efek dari uap alkhohol.

Langkah keempat penanganan pertama anak demam tinggi

Demam membuat tubuh si anak memerlukan metabolisme lebih sehingga memerlukan cairan lebih banyak daripada biasanya. Berikan cairan minuman yang cukup tapi sering tujuanya tubuh si anak mendapat cairan untuk mencegah dehidrasi sehingga bisa menurunkan suhu badan.

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak daripada yang didapat. Untuk melihat anak dehidrasi perlu pengkajian lebih khusus. Dehidrasi ringan warna kencing lebih pekat dan gelap, kencing semakin menurun frekuensinya, mudah ngantuk dan lelah, mulut kering kadang lengket. Yang harus segera ke rumah sakit yaitu Apakah anak tidak kencing lebih dari 6 jam? Apakah anak menangis tidak keluar air mata? Apakah anak kelopak mata menjadi cekung? Pasien sulit dibangunkan? Maka kemungkinan terjadi dehidrasi sedang berat yang memerlukan cairan tambahan lewat infus.

Langkah kelima penanganan pertama anak demam tinggi

Pemberian antipiretic atau obat penurun panas. Boleh gak sih pengobatan sendiri sebelum ke dokter? Sering kali dibenak para orang tua bingung soal itu. Boleh saja asal yang diminumkan sesuai dosis dan tepat obatnya. Sebelum memilih mari kita sama-sama belajar tentang obat yang bisa menurunkan demam.

Paracetamol.
Paracetamol termasuk golongan obat bebas, bisa membeli di apotik ditandai dengan logo bulat berwarna hijau. Paracetamol mempunyai efek samping meningkatkan asam lambung tetapi sangalah kecil reaksinya. Makanya paracetamol ini bisa dijual bebas. Untuk mengurangi efek samping bisa diatasi dengan minum obat setelah makan.
Paracetamol bisa diberikan tiap 4 - 6 jam dosis anak 10-15mg/BB jadi tergantung berat badan anak.
Walaupun bsia diberikan 4-6 jam tidak boleh melebihi 5 kali dalam 24 jam. Berikanlah tiap 4 jam pada waktu tertentu saat anak demam diatas 39 derajat terus.
Orang dewasa juga bisa menggunakan bila dengan kandungan 1 tablet 500mg. Dosisnya 1-2 tablet sekali minum bisa diulang 4-6 jam dan maksimal 8 tablet dalam 24 jam.

Ibuprofen.
Ibuprofen juga terjual bebas terbatas yang berlogo bulat warna biru. Obat ini juga mempunyai efek samping mengiritasi lambung lebih kuat daripada pacaretamol. Menurut saya obat ini tidak bagus buat pasien yang mempunyai gangguan lambung karena resiko perdarahan lambung mengakibatkan muntah darah dan b.a.b darah yang bisa memperburuk kondisi pasien. Untuk penggunakan obat ini lebih baik sesuai anjuran dokter. 

Aspirin
Aspirin juga terjual bebas di apotik untuk menurunkan panas tetapi itu dulu. Sekarang kebanyakan aspirin yang mempunyai efek bisa mengencerkan darah sehingga obat ini biasanya digunakan untuk kasus gangguan pembekuan darah seperti stroke karena sumbatan pembuluh darah otak, jantung koroner dan penyakit lainnya.

Lalu apa yang harus dipilih?

Obat demam yang baik untuk pertolongan pertama anak-anak dan dewasa dari 3 obat tersebut kita simpulkan obat bebas yang aman untuk pertolongan pertama untuk anak dan dewasa adalah paracetamol. Karena paracetamol ini adalah obat bebas yang minimal efek sampingnya. Untuk cara penggunaanya bisa melihat dosis obat di dalam kemasannya. Obat paracetamol juga aman buat ibu hamil dan menyusuhi.

Kondisi yang bahaya pada kasus demam dan harus dibawa ke rumah sakit!

Bila anak mengalami seperti kejang demam, demam disertai muntah sehinga anak tidak bisa minum yang cukup, ada tanda-tanda dehidrasi seperti tidak kencing lebih dari 6 jam, demam lebih dari 40 derajat celsius, bila sudah ditangani tapi masih demam dalam 3 x 24 jam untuk cek darah, anak lemah lunglai, sulit dibangunkan. Kondisi ini harus segera dibawa ke rumah sakit untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Demikian 5 langkah pertolongan pertama saat anak demam tinggi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar