Skip to main content

Contoh Doa Makan Katolik yang sederhana buat semua umur wujud syukur

gambar doa katolik sebelum makan
Doa Katolik sebelum makan
Syalom sobat terkasih. Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Tuhan. Yang sudah memberi kesempatan kepada kita untuk hidup sampai hari ini. Bayangkan bila oksigen di dunia ini habis tidak pandang umur semua makhluk hidup akan mati. Itulah salah satunya kita harus bersyukur setiap saat kepada Tuhan. Maka jangan lupa kita sebagai umat katolik harus selalu berdoa emuliakan Tuhan.

Kenapa harus berdoa sebelum makan?

Doa yang diajarkan Yesus adalah Doa Bapa Kami. Ada makna dari doa itu dan sudah saya coba bisa dicek sobat. Salah satunya Yesus sudah mengajarkan kita bahwa berdoalah kepada Bapa. Dengan Doa juga salah satu contoh wujud Syukur kepada Tuhan. Selain wujud syukur juga kita mendekatkan diri dan bisa memohon sesuatu yang terbaik bagi kita.
Biasakan sebelum aktivitas tertentu contoh melakukan doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum bekerja, doa ulang tahun. Tidak perlu yang bermuluk-muluk secara sederhana saja yang penting dengan hati akan didengar oleh Tuhan. Yesus mengajarkan kepada kita agar doa tidak bermuluk-muluk. Tidak panjang lebar cukup intinya saja karena Tuhan sudah mendengarnya. 

Makanan adalah salah satu contoh kemuliaan Tuhan. Makanya sebagai umat katolik kita harus berdoa sebelum makan kepada Tuhan. Isi doa katolik itu mengandung arti bila kita berterimakasih sudah diberi kesempatan untuk makan hari ini. Tidak lupa juga kita memohon sahabat katolik diluar sana juga diberi kesempatan seperti ini, karena banyak yang kelaparan. Sesudah makan pun kita perlu berdoa untuk memuliakan Tuhan. Agar diberikan kesempatan lagi seperti ini.

Selain doa untuk makan sebagai ucapan terimakasih juga sebagai penolak setan. Setan ada dimana-mana sekeliling kita. Kita tidak tahu waktu makan diganggu dengan membuat suasana tidak nyaman. Bisa mempengaruhi suasana makan. Dengan berdoa maka suasana terasa penuh kedekatan dengan Tuhan. Setan juga tidak suka suasana itu.

Contoh Doa katolik sebelum makan sederhana

Contoh doa makan ini bisa digunakan rutinitas saat sebelum makan. Inti dari doa katolik ini bersyukur kapada Tuhan. Selain itu juga memohon berkat kepada diri sendiri, yang bersama kita, dan yang menyiapakan hidangan makan. Gak harus dirumah sobat, dimana saja. Contohnya pada waktu jajan makanan di warung lalu beli bakso, kita doa juga mohon berkat pada orang yang menyiapkan bakso itu.
  • Tanda Salib: Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin
  • Ya Tuhan mahamurah, Berkatilah kami dan makanan ini yang akan kami terima dari kemurahan-Mu. Agar apa yang kami makan bisa berguna bagi kesehatan. Tak lupa kami mohon berkat juga semua yang sudah menyiapkan makanan ini agar diberi kesehatan. Amin. 
  • Doa yang tidak sempurna kami mohon dengan pengantaraan Yesus Kristus.
  • Tanda Salib

Contoh Doa katolik sebelum makan dalam pertemuan

Doa ini biasanya juga digunakan untuk pertemuan disuatu acara. Dimana saat kumpul orang katolik, makanan disiapkan dan salah satu orang perwakilan untuk berdoa.  Yang lain ikut berdoa dalam hati mendengarkan perwakilan tersebut.
  • Tanda Salib 
  • Allah yang Mahamurah, Kami bersyukur atas hidangan makan ini. Berkatilah kami semua dan makanan ini agar menjadi berguna bagi kesehatan. Semoga dalam perjamuan ini kami semua memperolah rasa semangat persaudaraan dan persatuan semakin erat. Mengingatkat peristiwa Yesus Kristus menjadikan dengan murid-muridnya sebagai sarana kehadiran-Nya ditengah kami, para murid-Nya. Dialah Tuhan pengantara kami kini dan sepanjang masa. 
  • Demi Kristus Tuhan dan pengatara kami

Contoh Doa katolik sesudah makan sederhana

Doa ini dilakukan setelah selesai makan. Doa untuk makan ini berisi tentang ucapan syukur juga sudah menerima rahmat dari Tuhan. Berdoa juga untuk orang lain yang kekurangan belum bisa menikmati rahmat seperti ini. Agar semua orang bisa menikmati rahmat-Nya. Diucapkan secara senderhana tidak berlebihan.
  • Tanda Salib
  • Ya Yesus mahabaik, Kami mengucapkan syukur atas apa yang kami makan dan nikmati. Semoga dengan ini kami bisa memperkuat pengabdian kami. Agar Kami bsia meningkatkan pelayanan  kami kepada sesama. 
  • Kami mohon berkat-Mu kepada saudara-saudara kami yang belum bisa merasakan kenikmatan seperti ini karena sakit, miskin dan tertindas. Berikanlah rahmat-Mu agar bisa menikmati apa yang kami nikmati. Amin.
  • Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yosef sekarang dan selama lamanya. Amin.

Itulah kumpulan contoh doa secara katolik untuk sebelum makan dan sesudah makan yang bisa digunakan untuk semua umur. Semoga contoh doa ini bisa digunakan sebagai inspirasi doa spontan bagi sobat. Membuat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan selalu bersyukur apa yang sudah kita miliki. Salam riyopedia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar