Skip to main content

Cara Blokir STNK mobil untuk menghindari pajak progesif berdasarkan pengalaman

Nama STNK mobil lama yang dijual masih atas nama Anda? Hati-hati nanti kena pajak progresif.  Anda mau beli mobil baru lebih baik di blokir STNK lama. Bila tidak Anda akan dikenai biaya tambahan/pajak. Nama pajak yang diberlakukan adalah pajak progesif. Pajak progesif dibebankan untuk pemilik kendaraan roda empat lebih dari satu. Di samsat dilihat dari nama pemilik STNKnya. Untuk kendaraan yang roda dua tidak akan dikenakan pajak. Jadi Anda mempunyai nama STNK kendaraan roda dua lebih dari satu tidak akan dikenai beban tambahan. Beda dengan kendaraan yang rota empat.

Banyak kasus yang bisa membuat nama Anda tercantung dua STNK atau lebih. Mungkin dulu menjual mobil yang beratas nama Anda dan belum diblokir. Anda beli mobil lagi atas nama Anda. Di SAMSAT akan mengira Anda memiliki mobil lebih dari satu. Karena disana tidak ada laporan tentang jual beli mobil.

Pengalaman Cara blokir STNK mobil untuk menghindari pajak progesif

Pengalaman mempunyai STNK dua mobil tidak kena pajak progesif kok bisa. Nama di stnk berdasarkan KTP tetapi tidak melalui NIK. Jadi bila KTP berubah namanya tetapi NIK sama tetap tidak kebaca di komputer samsat. Pengalaman ini admin alami sendiri dulu kasus saat menjual mobil atas nama KTP yang lama. Menang sengaja tidak diblokir karena admin belum membeli kendaraan. Jadi pembeli mobil diberi kesempatan tidak perlu segera balik nama segera. Berhubung nama KTP admin ada yang disingkat, admin membetulkan di kelurahan dan kecamatan untuk mengganti nama sesuai akta kelahiran. Nama KTP yang baru tidak ada singkatan. Nah, setelah admin mau balik nama mobil yang baru, otomatis menanyakan di bagian pajak progesif status nama admin tidak terdaftar di kendaraan manapun. Admin pikir mobil lama sudah di balik nama pemiliknya. Setahun kemudian sang pembeli mobil lama meminjam ktp untuk perpanjang, eh ternyata bisa. Saya menayakan ke Samsat ternyata mobil yang dulu dengan nama KTP yang ada singkatan, dan yang mobil admin dengan nama KTP yang lengkap. Di samsat berdasarkan nama saja di KTP tidak melihat NIK.

Disamsat melayani untuk pengecekan pajak progesif. Layanan untuk pengecekan atau pemblokiran STNK tidak dipungut biaya alias gratis. Oleh karena itu sebaiknya sebelum membeli kendaraan yang baru dengan atas nama Anda sebaiknya cek dahulu. Pengalaman Admin saat memblokir nama STNK mobil lama membutuhkan waktu tidak sampai satu jam. Itupun sekalian memperpanjang STNK mobil yang baru. Sekarang caranya mudah sekali dan cepat tidak seperti dulu. Jadi tidak perlu calo untuk memblokir. Admin ngurus di SAMSAT Sleman Yogyakarta tahun 2019.

Berikut syarat blokir STNK mobil lama

  1. Anda cukup menyiapkan fotokopy KTP 1 lembar.
  2. Materai 6000
  3. Form yang harus di isi disediakan di samsat.
  4. KTP asli

Poin nomer 3 ada isian form yang harus di isi. Disitu Anda mengisi nama lengkap, nomer induk penduduk, dan alamat sesuai KTP. Lalu jenis mobil lama atau yang akan di blokir dan nomer polisi. Dibawahnya Anda mengisi jenis kendaraan yang baru beserta nomer polisi. Setelah form di isi semua tempelkan materai 6000 dan tandatangan. Diserahkan ke loket yang mengurus pajak progesif. Pengalaman admin tidak membayar pelayanan ini gratis. Admin mengurus tidak sampai satu jam cukup mudah kan?.

Berikut admin bagikan syarat memperpanjang STNK tahunan

Admin mengurus perpanjang pajak STNK mobil tahunan cukup mudah dan cepat. Cukup membawa beberapa syarat tinggal ngumpul di loket pengurusan Pajak tahunan. Pajak yang di bebankan meliputi pajak mobil, pajak jasaraharja, dan PMI. 
  1. STNK asli
  2. Fotokopi KTP 1 lembar
  3. Fotokopi STNK 1 lembar

Untuk pajak jasa raharja digunakan ketika ada kecelakaan ada lawan (contohnya mobil vs motor) yang penting tidak jatuh sendiri akan ditanggung. Jasaraharja akan menanggung sekitar 20 juta. Biaya tambahan lain seperti PMI sebesar Rp3000,- cukup murah.

Itulah pengalaman saat memblokir STNK mobil di samsat sleman yogyakarta. Prosesnya cukup cepat dan mudah. Saat itu juga bisa langsung diblokir. emoga bermanfaat bagi pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar