Skip to main content

Contoh Doa Malaikat Tuhan ( Angelus ) dan Ratu Surga secara Katolik

Sahabatku yang terkasih, ternyata di dalam agama katolik ada doa sehari dilakukan tiga kali. Tidak hanya sahabat kita di agama lain sangat rajin untuk berdoa dalam sehari. Mereka berdoa untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Kenapa sebagai umat katolik tidak bisa? tentu kita juga kewajiban untuk berdoa. Banyak doa yang bisa kita lakukan seperti doa rosario, novena salam maria tiga kali, doa Angelus. Doa bisa mempunyai banyak tujuan seperti rasa bersyukur, permohonan, dan mendekatkan diri pada Tuhan. Maka sebagai umat katolik juga harus tahu kita dianjurkan untuk Doa Malaikat Tuhan. Untuk laman disini kita bersama akan mendalami tentang doa Malaikat Tuhan yang juga disebut doa Angelus dan Doa Ratu Surga. Kenapa dinamakan Doa Malaikat Tuhan? Kata Angelus adalah bahasa latin yang berati "Malaikat". Malaikat Tuhan menyampaikan kabar kepada Maria (Angelus Domini nuntiavit Mariae). Doa Angelus sudah ada sejak tahun 1263 oleh Santo Bonaventura dan berkembang dari abad ke abad. Doa katolik ini dulu sering dilakukan oleh rahaniawan dan rohaniwati, tetapi dalam era ini banyak juga umat awam melakukannya.

Doa Malaikat Tuhan ( Angelus ) dan Ratu Surga

Jam berapa Doa Malaikat Tuhan dilakukan? Doa ini didaraskan pada jam 6 pagi hari, jam 12 siang, dan jam 18 sore hari. Tujuan Doa Angelus jam 6 pagi adalah menghormati adanya kebangkitan Kristus. Sedankan jam 12 siang adalah menghormati adanya sengsara Kristus. Untuk tujuan jam 6 sore yaitu menghormati adanya Inkarnasi Allah menjadi manusia. Untuk mudah mengingatnya lonceng gereja akan berbunyi di jam doa angelus. Jadi sahabat terkasih bisa melakukan Doa di jam tersebut. Setiap orang bila mendengar lonceng gereja akan berhenti sejenak dari kesibukan masing-masing. Doa ini cukup singkat dan bisa dilakukan dimana saja maupun di dalam gereja. Yang penting doa serius dengan hati.

Baca juga Kumpulan Doa Pagi Katolik untuk Pribadi, Keluarga, Anak dan jam 3 pagi

Bagaimana cara untuk berdoa Malaikat Tuhan? Cukup mudah sekali mempraktekan doa malaikat Tuhan. Biasanya satu orang menjadi memimpin doa dan mengucapkan suatu kalimat dan umat yang lain akan memberi tanggapan. Pada waktu Doa Malaikat Tuhan bisa ditambah dengan doa Ratu Surga. Contoh pada saat akan doa sebelum makan kita berdoa bapa kami dan dilanjutkan salam maria begitu juga doa ini.

Manfaat yang didapat setelah melakukan Doa Malaikat Tuhan? Tujuan utama Doa untuk rasa bersyukur apa yang sudah Tuhan berikan pada kita. Tujuan lainnya juga bisa dalam wujud permohonan. Selain Doa Malaikat Tuhan bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah juga manfaatnya membuat hati menjadi lebih tenang. Dengan rajin berdoa selalu bersyukur maka Tuhan akan mengabulkan segala permintaan kita. Tetapi jangan lupa Tuhan akan mengambulkan permintaan kita jika memang yang kita butuhkan. Jika doa kita tidak terkabul memang itu yang terbaik buat kita.

Doa ini bisa bermacam-macam bahasa seperti Indonesia, bahasa jawa, bahasa inggris dan laten. Jadi bisa dilakukan oleh semua orang yang percara dan beragama katolik. Bila berbagai bahasa akan mudah dilakukan untuk berbagai banyak bangsa sesuai dengan bahasanya. Hal ini dimaksudkan supaya pada waktu berdoa mengerti arti doa tersebut. Bila kita tidak bisa mengerti apa yang kita ucapkan lalu tujuan kita apa?.

Untuk mendapatkat doa ini sangat mudah, bisa melihat di google. Ada juga banyak yang jual berupa lembar kecil seperti reflet yang ada doa Malaikat Tuhan ( Doa Angelus ) dan doa Ratu Surga. Yang saya jumpai ada yang menyajikan doa itu dalam berbagai bahasa seperti Indonesia dan bahasa Jawa. Bagi orang jawa dan orang tua biasanya lebih suka yang bahasa jawa.

Doa Malaikat Tuhan dalam bahasa Indonesia.
Malaikat Tuhan

P. Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan.
U. Bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.
     Salam Maria ...1x
P. Aku ini hamba Tuhan.
U. Terjadilah padaku menurut perkataanmu.
     Salam Maria ...1x
P. Sabda sudah menjadi daging,
U. Dan tinggal di antara kita.
    Salam Maria ...1x
P. Sabda sudah menjadi daging.
U. Dan tinggal di antara kita.
     Salam Maria....1x
P. Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah,
U. Supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
P. Marilah berdoa.
U. Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putera-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami. upaya karena sengsara dan salib-Nya,
kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia.

Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amien

Doa Malaikat Tuhan ( Angelus )
Doa Malaikat Tuhan ( Angelus )
Doa Ratu Surga dalam bahasa Indonesia
Ratu Surga

P. Ratu Surga 
U. Sebab Ia yang sudi kau kandung. Alleluia.
P. Telah bangkit seperti disabdakan-Nya. Alleluia.
U. Doakanlah kami pada Allah. Alleluia.
P. Bersukacitalah dan bergembiralah, Pewaran Maria. Alleluia.
U. Sebab Tuhan sungguh telah bangkit. Alleluia.
P. Marilah berdoa
U. Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan putera-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami mohon, perkenankanlah kami bersukacita dalam kehidupan kekal bersama Bunda-Nya. Perawan Maria.

Demi Kristus, pengantara kami. Amin

Doa Ratu Surga secara Katolik
Doa Ratu Surga secara Katolik
Bagi yang lebih suka Doa Malaikat Tuhan dalam bahasa Jawa sebagai berikut;
Malaikating Allah
P. Malaikating Allah nglantaraken dhawuh dhateng Ibu Dewi Maria.
U. Lajeng Sang Dewi anggarbini saking kuwaosing Hyang Roh Suci,
Sembah Bekti ....
P. Kawula Abdining Allah,
U. Sendika ing dhawuh Dalem
Sembah Bekti ....
P. Sang Sabda lajeng dados manungsa,
U. Yektos nunggil ksliyan kawula.
Sembah Bekti ...
P. Dewi ibuning Allah, nyuwun pangestu dalem,
U. Supados pantes nampi ganjaran kesagahan Dalem Sang Kristus.
P. Suwawi sami munjuk.
U. Gusti sarehning kawula sampun dipun wartosi ing Malaekat, bilih Putra Dalem Yektos manjalma, mila sami nyuwun sih pitulungan dalem supados sarana saking sangsara saha pemethanganipun ingkang Putra, benjing satangining badan, kawula sageda dherek ngraosaken kamulyan langgeng.
Lantaran Sang kristu Gusti Kawula.
Amin.

Bagi yang ingin menggunakan doa Ratu Surga dalam bahasa Jawa
Kanjeng Ratu ing Swarga
P. Kanjeng Ratu ing Swarga, kawula aturi suka-suka. Alleluia.
U. Awit ingkang sampun wonten ing guwagarba dalem. Alleluia.
P. Sampun wungu saking seda kados pangandikanipun, Alleuia.
U. Kawula nyuwun pagestu dalem, Alleluia.
P. Kenya dewi Maria, kawula aturi suka-suka saha bingah-bingah, Alleluia.
U. Awit Gusti yektos wungu saking sedo, Alleluia.
P. Suwawi sami munjuk.
U. Allah ingkang karsa damel bingahing jagad srana wungunipun Putra Dalem, Gusti kawula Sri Yesus Kristus, kawula sami nyuwun, mugi kawula kepareng nderek ngraosaken kabingahan langgeng ing swarga kaliyan Ibu Kenya Maria.
Lantaran Sang Kristus Gusti Kawula. Amin

Demikian tentang doa Malaikat Tuhan ( Doa Angelus ) dan Doa Ratu Surga dalam versi 2 bahasa. Baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Semua bisa digunakan yang penting doa dengan hati dan tahu apa yang sahabat terkasih ucapkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar