Skip to main content

Syarat membuat AKTA Kelahiran anak terbaru yang mudah dan cepat

Sudah kewajiban sebagai warga negara Indonesia mempunyai Akta kelahiran. Jika anggota keluarga yang baru sudah lahir segera daftarkan dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil). Sebaiknya membuat kurang dari 60 hari setelah kelahiran. Karena bila sudah lebih dari itu maka banyak syarat yang cukup repot untuk membuatnya. Aturan ini diatur dalam Undang-undang no3 pasal  27 ayat 1 Th2006. Pada tahun 2019 ini admin mengurus akta kelahiran cukup mudah dan cepat. Beda peraturan dari tahun sebelum-sebelumnya. Alurnya cukup mudah dan syarat juga dipermudah.

Syarat membuat AKTA Kelahiran anak

Akta kelahiran sangatlah penting bagi masa depan. Dimana untuk mengurus pelayanan publik dari pemerintah. Maka dari itu segera daftarkan ke dinas kependudukan dan catatan sipil. Walaupun UUD maksimal 60 hari untuk membuat Akta. Saran admin Jangan lebih dari 30 hari. Karena untuk berjaga-jaga syarat yang belum terpenuhi. Seperti legalisir akta perkawinan. Seumpama waktu nikah di luar pulau yang ditinggali sekarang. Anda meminta legalisir di dupcapil kota pada waktu membuat akta perkawinan. Akan tetapi juga bisa melakukan legalisir di notaris terdekat. Untuk biaya admin notaris berbeda-beda. Pada waktu itu admin sudah mempunyai fc akta perkawinan yang sudah di legalisir. Jadi tidak perlu ke notaris.

Pengurus lebih baik maksimal 30 hari setelah kelahiran. Supaya tidak ribet dan dikenakan denda. denda setiap pemerintahan daerah berbeda. Sesuai peraturan daerah. Ada yang kurang lebih 1 juta. Ada yang tidak dikenakan denda alias gratis. Daripada kena denda mending segera diurus.

Langkah pertama syarat mengurus Akta kelahiran baru.

Meminta surat keterangan kelahiran dimana bayi lahir. Surat keterangan lahir tidak harus dikeluargakn dari rumah sakit. Bila bayi lahir di klinik atau bidan cukup meminta disitu. Biasanya surat keterangan setelah bayi pulang akan dibuatkan. Setelah bayi pulang dari rs/klinik/bidan. Akan dibuatkan surat keterangan lahir. Surat itu untuk salah satu syarat yang dibawa ke kelurahan.

langkah kedua pengurusan akta kelahiran anak di kelurahan

Lengkapi syarat yang akan di bawa ke kelurahan. Di daerah Sleman sekarang tidak perlu pengantar ke rt atau rw setempat. Dengan melengkapi:
  1. Diperlukan FC KTP dari saksi pembuktian kelahiran sejumlah 2 orang. Tidak perlu asli bisa dari tetangga atau kerabat sekitar. Yang terpenting tidak dari dalam KK si bayi. Contohnya Membuat AKTA anak dengan saksi kedua orang tua admin. Diperbolehkan karena orang tua admin sudah beda KK.
  2. Diperlukan FC AKTA perkawinan yang sudah di legalisir. Cukup FC satu saja. Bila untuk melakukan legalisir jauh bisa ke notaris terdekat.
  3. Kartu Keluarga (KK) yang asli. Besok akan di ganti dengan KK baru sekalian ditambah jumlah anggota keluarga.
  4. Fotocopy KTP orang tua bayi. Diperlukan fc ktp dari ayah dan ibu bayi satu-satu.
  5. Surat keterangan kelahiran dari rs/klinik/bidan dimana tempat bayi lahir.
  6. FC AKTA kelahiran masing-masing dari ayah dan ibu bayi
  7. Bagi Warga Negara Asing diperlukan paspor.
Setelah berkas dikumpul ke kelurahan akan dikembalikan dan mendapat pengantar untuk ke Disdukcapil. Jangan lupa cek pengantar dari kelurahan penulisan terutama nama dan tanggal lahir bayi. Dimomen ini juga bisa untuk membetulkan Kartu Keluarga yang lama dikoreksi. Mungkin ada penulisan atau alamat yang salah. Sekalian di betulkan. KK akan diganti yang baru. Bila orang tua bayi tida bisa mengurus. Dan perlu diwakilkan untuk mengurus diperlukan surat kuasa. Biasanya bermaterai 6000. Surat kuasa dibuatkan dari kelurahan. Selain itu admin tidak dikenakan biaya apapun dikelurahan.

Langkah ketiga pengurusan akta kelahiran anak di Disdukcapil

Semua syarat yang dibawakan dari kelurahan dikumpul ke disdukcapil. Dimana dilakukan pengecekan syarat yang ada. Bila masih kurang akan diberitahu supaya segera dilengkapi. Setelah semua lengkap akan mendapat pengantar untuk mengambil akta tersebut. Biasanya 2-5 hari akan selesai. Admin mengurus di dupcapil sleman hanya diperlukan waktu 3 hari.

Langkah keempat pengambilan AKTA Kelahiran dan KK baru

Sebisa mungkin diambil tepat waktu sesuai tanggal pengambilan. Jangan terlambat terlalu lama. Karena berkas akan tertumpuk. Ada catatan dari dupcapil tidak bertanggung jawab jika hilang. Kartu keluarga akan diganti yang baru. Nama anggota keluarga baru sudah masuk di KK. Dan mendapat kartu seperti KTP dan tertera nomer induk bayi. Kartu ini bersifat sementara ada jangka waktunya.
Untuk pengambilan tidak dipungut biaya administrasi.

Syarat pengurusan AKTA kelahiran untuk anak posisi diluar nikah

Tidak memungkiri di Indonesia banyak hamil diluar nikah. Dan melahirkan bayi tanpa bapak. Atau dengan pernikahan siri. Walaupun dalam hukum Islam sah, akan tetapi dalam pengurusan kependudukan prosesnya sama dengan diluar nikah. Karena dipernikahan siri tidak melalui negara.

Sesuai Undang-undang NO 1 Th 1974 pasal 43 ayat 1 tentang perkawinan. Secara hukum anak dilahirkan diluar perkawinan hanya memiliki hubungan perdata. Hanya hubungan perdata dengan ibunya. Tidak dianggap mempunyai hubungan hukum dengan ayahnya. Untuk kelahiran diluar nikah dan kawin siri ketentuan ini berlaku. Kawin siri diberlakukan sama dengan diluar nikah karena tidak ada catatan perkawinan. Syarat yang diperlukan yang diatur dalam perpres nomor 25 th 2018 pasal 52 ayat 1. Perpers ini berisi persyaratan & tatacara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
  • Surat keterangan kelahiran dari rs/bidan/klinik/penolong kelahiran.
  • FC KTP saksi kelahiran 
  • KTP ibu bayi
  • AKTA kelahiran ibu bayi
  • Kartu Keluarga dari ibu bayi.
Dalam proses pembuatan akta kelahiran sama seperti diatas. Kekelurahan mengumpulkan berkas. Setelah dapat pengantar lalu ke dupcapil. Bila ibu bayi tidak bisa menguruskan bisa juga diwakilkan dengan surat kuasa. Bisa minta di kelurahan saat mengumpulkan berkas. Biasanya dengan bermaterai 6000.

Keterlambatan mengurus akta kelahiran

Ada beberapa khusus dalam mengurus kata kelahiran terlambat. Mungkin banyak faktor yang membuat pengurusan terlambat. Tetapi jangan kawatir karena tetap bisa mendapat akta kelahiran. Walaupun pengurusan ini agak lebih lama dibanding yang biasa. Untuk persyaran masih sama seperti diatas. Tetapi disetai dengan surat keterangan dari kelurahan dan dinas pencatatan sipil. Dan mengikuti prosedur yang berlaku. Karena disetiap domisili daerah berbeda-beda.

Dalam kasus ini bisa di kenai denda atau tidak. Tergandung dari peraturan daerah masing-masing. Ada yang mencantumkan denda samapai 1 juta. Dan ada yang gratis tidak dipungut biaya. Untuk pemerintahan sekarang seharusnya tidak banyak bahkan gratis. Hanya akan lebih lama dalam proses pembuatan akta kelahiran yang terlambat.

Demikian alur cara membuat AKTA kelahiran bayi baru lahir dengan syarat sangat mudah dan cepat. Setelah proses akta kelahiran secara resmi bisa masuk di kartu keluarga. Sang bayi akan mendapat nomer induk kependudukan dan kartu seperti KTP dewasa sementara. Sebagai warga negara Indonesia nomer induk dan akta kelahiran sangatlah penting. Contohnya untuk status individu, pengakuan negara, status perdata dan kewarganegaraan. Selain itu kelak dimasa depan dibutuhkan berbagai persyaratan surat yang penting. Semoga pengalaman ini bisa membantu bagi pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar