Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Bau Sepatu dan Kaki

Ketidaknyaman salah satunya dari bau kaki. Baik diri sendiri sama orang lain juga akan terganggu. Penyebab bau bisa banyak faktor dari kaki atau sepatu. Tetapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaannya dapat menimbulkan kaki yang bau. Pastinya Anda tidak mau bau kaki kan. Sebelum mengatasi kaki yang bau haruslah kita tahu dulu  penyebabnya. Mari mengenal apa saja ya yang menyebabkan bau kaki dan cara mengatasinya. Mari kita bahas:

Alternative Tips Cara Mengatasi Bau Sepatu dan Kaki
Sumber gambar pixabay

1. Memakai sepatu dengan kaos kaki

Bila Anda memakai sepatu tanpa kaos kaki berpotensi timbulnya infeksi. Keadaan lingkungan didalam sepatu akan lembab, gelap dan tumbuh jamur. Cara mengatasi dengan memakai kaos kaki. Pastikan kering sebelum memakai kaos kaki. Bisa menggunakan semprot antibakteri atau bedak tabur setelah mengenakan sepatu.

2. Sepatu dan kaos kaki diganti

Memakai sepatu dan kaos kaki yang sama terus tidak ganti-ganti membuat menjadi bau. Apa lagi jarak mencuci sepatu dan kaos kaki yang lama sebulanan. Untuk mengatasinya setiap hari ganti kaos kaki 1-2 hari sekali. Bagi Anda yang masih pelajar pastinya duitnya pas-pasan. Tidak semua tapi ada yang sangat berat membeli sepatu banyak dan ganti-ganti. Gantilah kaos kaki setiap hari cukup butuh 2 kaos kaki. Selama kaos kaki satu bisa dipakai dan yang lain dicuci. Kalau bisa langsung di cuci setelah aktivitas selesai. Diharapkan mempunyai waktu yang bayak untuk kering. Bila tidak mempunyai sepatu paling tidak nunggu hari libur. Biasanya anak sekolah hari minggu libur jadi 6 hari dipakai. Sabtu setelah sekolah langsung dicuci dan senin pagi sudah ready.

3. Menyimpan sepatu yang benar

Contohnya menyimpan sepatu dengan kaos kaki masih didalam setelah memakainya. Memang ringkas dan kerapian dalam penyimpanan. Tetapi justru sirkulasi udara dalam sepatu tidak bagus karena tersumbat kaos kaki. Keadaan itu yang bikin bau kaki. Cara mengatasinya dengan menyimpan sepatu di rak dan kaos kaki di sendirikan.

4. Menjaga kebersihan kaki

Penyebab kaki bau juga bisa dari kebersihan kaki sendiri. Bila ke tempat yang lebab lebih baik memakai sandal. Karena keadaan lembab membuat bakteri dan jamur. Cucilah kaki sebelum memakai sepatu dan keringkan terlebih dahulu.

5. Memotong kuku yang panjang

Kaki yang mempunyai kuku yang panjang membuat kaki mudah bau. Karena kuku yang panjang membuat kotoran atau bakteri singgah di kuku. Sering kali sela kuku dengan kulit ada kotorn warna hitam dan bau. Rajin memotong kuku yang sudah panjang.

6. Membatasi makanan tertentu

Ternyata makanan yang tinggi kulfur, manis, pedas,dan tinggi protein salah satu faktor penyebab kaki bau. Walaupun tidak berpengaruh sekali akan tetapi berasal dari keringat dan membuat kaki lembab dan banyak bacteri sehingga menjadi bau.

Itulah beberapa penyebab kaki bau dan disertai cara mengatasinya. Bagi yang aktivitasnya tinggi dengan sepatu bisa menerapkan cara tersebut. Mesti Anda juga tidak mau kaki bau sangat mengganggu sekali. Apalagi akan malu bau kaki bila tercium oleh teman-teman Anda. Maka kebersihan penting. Semoga bermanfaat bagi Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar