--> Skip to main content

Contoh Doa Permohonan Orang Tua untuk Anak Secara Katolik

Menjadi orang tua tidak hanya sekedar menjadi ayah dan ibu dari anak-anaknya. Orang tua yang baik adalah mengajarkan anaknya menjadi pribadi yang baik dan taat pada agamanya. Mengarahkan kepada mereka terhadap tanggungjawab dan kewajiban sebagai seorang anak.

alternative doa katolik permohonan orang tua untuk anak

Disamping menjadi contoh mengarahkan hal-hal yang baik kepada anak, juga diperlukan Doa kepada Tuhan kita. Dimana kita dalam doa ingin semua yang kita lakukan sebagai orang tua bisa berjalan dengan baik dan dilindungi oleh roh kudus.

Doa bagi orang kristiani adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Allah kita. Sebaiknya dengan penuh rasa tenang, damai, kesiapan dalam berdoa. Dengan hati yang tulus dan penuh syukur yang harus dipenuhi dahulu. Agar Tuhan kita menerima dan memberikan jalan yang terbaik buat kita.

Dengan demikian mari kita belajar berdoa sebagai orang tua untuk anaknya. Kumpulan contoh doa yang biasa digunakan bagi agama Kristen Katolik sebagai berikut.

Tuhanku, jadikanlah rumahku tempat membahagiakan yang dibangun atas dasar cinta dan pengorbanan yang jauh dari mementingkan diri sendiri dan yang layak kupersembahkan kepada-Mu.

Berikanlah kebijaksanaan dalam mengambil keputusan dan ketekunan dalam berusaha serta kerendahan hati dan kekuatan dalam melaksanakan semua kewajibanku.

Tolonglah aku untuk menutamakan akan nilai-nilai abadi lebih dari apapun dan menerima kehendak-Mu dengan penuh sukacita.

Tunjukanlah kepadaku, prinsip-prinsip kebenaran suci yang mendasar dalam mendidik anak-anakku yang adalah milik-Mu.

Bantulah aku, untuk membimbing setiap anakku dengan cinta, pengertian, kebijaksanaan dan keadilan.

Berilah aku keberanian, untuk mengatakan "tidak" kepada mereka apabila memang harus .... Tanpa menghiraukan rengekan dan kesedihan mereka yang sesaat.

Tambahkanlah kesabaranku dalam menghadapi kenakalan dan menyelesaikan pertengkaran yang terjadi dengan tenang sebagaimana mestinya.

Dengan demikian oh Tuhan, biarlah anak-anakku melihat di dalam diriku suatu cahaya walaupun samar pancaran kebaikan dan keagungan-Mu.

Semoga kata-kata dan perilaluku mengilhami dan mendorong mereka untuk melangkah menuju kepada-Mu.

Dan ada suatu saat kelak ...Semoga seluruh keluargaku bersat di rumah-Mu yang abadi dalam cinta dan kerahiman-Mu untuk hidup bersama-Mu dengan damai dan bahagia seutuhnya. Amin.


Itulah doa-doa permintaan yang biasa digunakan untuk orang katolik yang bisa kalian pakai. Atau sebagai gambaran dan ingin membuat doa secara pribadi untuk keluarga. Semoga bisa bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar