--> Skip to main content

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Anda

Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat diminati oleh masyarakat kita karena rasanya yang manis dan menyegarkan, selain harganya yang cukup terjangkau buah mangga juga memilki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah Mangga memiliki beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda . Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga berperan melawan flu dan penyakit yang menyerang sistem imun lainnya. Vitamin A dan E berperan melindungi tubuh terhadap radikal bebas , selain itu vitamin A juga memperkuat pertumbuhan tulang. Zat besi yang di kandung di dalam buah mangga memperkuat sel darah dan meningkatkan sel-sel sehat . Kalium mempertahankan keseimbangan yang tepat dalam cairan tubuh, membantu dengan fungsi saraf dan membantu dalam kontraksi otot . Nutrisi lainnya termasuk omega - 3 dan 6 , vitamin B6 dan tembaga.

Manfaat Buah Mangga
Manfaat mengkonsumsi Mangga


Untuk  mempertahankan kesegaran dan rasa alami buah mangga, sebaiknya anda menyimpan  di lemari es. Sebaiknya jangan menyimpan buah mangga lebih dari lima hari agar anda tidak kehilangan nutrisi yang dikandungya. Pastikan untuk menempatkan buah mangaa dalam wadah kedap udara penyimpanan atau kantong plastik. Buah mangga memiliki nutrisi yang sangat lengkap diantaranya seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan serat yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Macam Buah Mangga

Salah satu buah yang banyak disukai di Indonesia dalah Mangga. Tamanam Buah Mangga ini termasuk marga Mangifera dan suku Anacardiaceae ini terdiri 35-50 varietas. Tanaman ini pertama kali di temukan di perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga merupakan jenis tumbuhan yang berkayu dan tinggi sekitar 5 meter.

Buah mangga mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Macam buah mangga yang terpopuler di Indonesia yaitu Mangga Alpukat, Mangga Arumanis, Mangga Chokanan, Mangga Emperor, Mangga Garifta Merah, Mangga Gedong Gincu, Mangga Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Madu, Mangga Mahatir, Mangga Manalagi, Mangga Yuwen.

Banyak Manfaat buah mangga
Buah Mangga Muda

Manfaat Buah Mangga

Manfaat buah mangga yang pertama adalah buah mangga dapat mencegah dari penyakit kanker, Antiokasidan yang terdapat dalam buah mangga telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah dari kanker payudara, kanker darah dan kanker prostat. Karena buah ini mengandung pektin yang mencegah perkembangan sel kanker.

Bila Anda mengkonsumsi buah mangga dapat menjaga kesehatan jantung. Buah ini kaya kandungan kalium. Kalium adalah salah satu komponen elektrolit yang berfungsi salah satunya menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mendetoks darah dari unsur-unsur yang tak penting seperti kolesterol jahat. Untuk itu ada baiknya anda sering mengkonsumsi buah yang satu ini untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam darah. 

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan membuatnya lebih cerah. 

Mencegah Obesitas bila mengkonsumsi buah mangga. Mangga mengandung serat tinggi berguna melancarkan perncernaan dan menurunkan kalori. Buah mangga merupakan salah cara untuk diet karena memiliki kandungan serat yang dapat menjaga kestabilan berat badan Anda. Diet buah-buahan sangat dianjurkan karena manga selain mengandung rendah kalori juga menyediakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, Selain memiliki kandungan lemak yang rendah juga memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B2 dan vitamin B1. 

Buah mangga selain dapat menurunan berat badan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda karena serat yang dikandunganya cukup tinggi. Jadi dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dan dengan porsi yang pas maka anda akan mendapatkan pencernaan yang sehat. 

Mencegah sariawan karena kandungan mangga yaitu vitamin C. Vitamin C biasanya terdapat pada buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti buah jeruk dan buah tomat, buah mangga merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik yang dapat mencegah dari timbulnya sariawan. 

Vitamin C selain dapat mencegah sariawan juga dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, penyakit dapat hinggap pada tubuh seseorang bila melemahnya sistem imun dalam tubuh, dan buah mangga menjadi solusi yang cocok untuk membantu anda meningkatkan sistem imun dan mendapatkan tubuh yang sehat. 

Buah mangga selain mengandung banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga mengandung aneka mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium dan magnesium, mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mempertahankan kepadatannya

Menjaga kesehatan kulit, buah mangga ternyata memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan selain menjadi buah untuk diet buah mangga juga dapat menjaga kesehatan kulit karena buah yang satu ini mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk kulit. 

Buah mangga dapat membantu anda menjaga kadar insulin agar tetap normal. Kandungan indeks glikemik yang terdapat pada buah mangga relatif rendah  sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, akan tetapi walaupun demikian anda perlu waspada dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Khasiat lain buah Mangga adalah memiliki zat besi yang berguna meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sehingga mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Manfaat Buah mangga Muda
Buah Mangga Muda

Manfaat pada Ibu Hamil

Saat ibu menjalani kehamilan banyak perubahan dalam fisik. Salah satunya detak jantungnya lebih cepat dari biasanya. Bila memakan buah mangga setengah matang akan meningkatkan fungsi jantung lebih baik. Karena ada kandungan antioksidan, kalium, niacin atau vitamin B3 yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Ibu hamil mempunyai masalah kekurangan energi kronik bisa disebut KEK. KEK itu sendiri menyebabkan keluar masuknya energi yang tidak seimbang dalam tubuh saat hamil. Ibu hamil merasa kelelahan yang berkepanjangan, kesemutan, dan wajah pucat bisa dibilang tidak segar. Dengan mengkonsumsi buah mangga muda bisa memberi dorongan energi yang membantu ibu hamil beraktivitas.

Buah mangga dapat menjaga kesehatan gigi muluh ibu hamil. Sejak hamil awal kadar hormon progesteron meningkat 10 kali lipat dari biasanya. Hal ini meningkatkan resiko sakit gigi di awal kehamilan. Dalam buah mangga mengandung vitamin C yang berfungsi juga menjaga kesehatan gusi dan gigi bumil.

Selain itu khasiat mengkonsumsi buah ini dapat menyeimbangkan cairan tubuh. Buah mangga mempunyai nutrisi banyak dan kaya elektrolit. Elektrolit ini yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Kandungan nutrisi 

1 buah mangga terkandung berbagai nutrisi yaitu 
1,5-2 gram serat
15 gram karbohidrat
1-1,5 gram protein
55-60 mikrogram vitamin A
35-60 mg vitamin C
9 gram vitamin E
40-45 mikrogram folat
10-15 mg kalsium

Demikian beberapa daftar manfaat buah mangga untuk kesehatan. Dimana setelah Anda mengetahui begitu banyaknya manfaat buah mangga apakah anda tertarik untuk memasukkan buah mangga ke dalam menu makanan untuk diet sehat anda? Rajinlah mengkonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar