--> Skip to main content

Pesona Cerita Rakyat Candi Prambanan di Indonesia

Di Indonesia banyak legenda yang dihubungkan dengan pembangunan suatu bangunan sejarah. Cerita rakyat yang berhubungan dengan sejarah salah satunya seperti Candi Prambanan. Candi ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon cerita berjumlah seribu bila ditambah dengan arca Roro Jonggrang. Mungkin pernah mendengar legenda rakyat yang menceritakan tentang asal mula candi prambanan. Legenda ini berkembang di daerah sekitar prambanan.
Legenda Candi Prambanan
Candi Prambanan

Legenda Candi Prambanan
Suatu cerita ada seorang putri bernama Roro jonggrang. Ia adalah putri yang sangat cantik. Yang berada di kerajaan Medang Kamulan. Dia adalah putri semata wayang dari raja Boko. Dikerajaan itu masih tentram dan damai. Akan tetapi muncunlah raja Bandung Bondowoso yang tertarik padanya. Karena wajah Roro Jonggrang sangat cantik seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso berniat mempersuntingnya sebagai istri.

Ada yang menceritakan Bandung Bondowoso adalah sesosok yang kejam. Akan tetapi Putri itu tidak mau tetapi tidak berani menolak. Lalu Raja Boko mengabulkan permintaan itu dengan sarat dapat mengalahkannya. Ternyata Raja Boko kalah dan yang menang adalah Bandung Bondowoso.

Akan tetapi Roro Jonggrang tidak mau dipersunting Raja Boko karena sudah membunuh ayahnya. Roro pun mencari akal untuk menolak dengan memberi syarat membuat seribu candi lengkap dengan arcanya dalam waktu semalam.

Bandung Bondowoso pun setuju dengan mimikirkan caranya. Akhirnya mempunyai akal untuk membuat candi dengan bantuan jin. Candi mulai dibangun oleh para jin dengan cepat. Candi pun hampir selesai akan tetapi Roro Jonggrang tidak kehilangan akal dengan membangunkan ayam supaya berkokok. Para jin pun melarikan diri menganggap sudah pagi walaupun candi belum selesai. Bandung Bondowoso tahu perbuatan itu dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca batu untuk melengkapi seribu candi.

Dalam legenda Roro Jonggrang diwujudkan sebagai arca Durga Mahisasuramawardani dan letaknya berada dibilik utara Candi Siwa. Dia secara harafiah diartikan seorang gadis cantik semampai. Pada kompleks percandian sosoknya diwujudkan pada bangunan paling tinggi dari keseluruhan candi Prambanan. Dari kondisi itu kita dapat menafsirkan bahwa legenda Bandung Bondowoso itu muncul sebagai cerita rakyat penduduk Prambanan saat candi Siwa masih berdiri kokoh. Candi Prambanan merupakan sebuah karya monumen kejayaan Mataram Kuno yang berdiri tinggi tegak di dataran Prambanan yang subur. UNESCO sudah menetapkan kawasan candi Prambanan sebagai situs cagar budaya dunia pada tahun 1991. Bagi bangsa Indonesia pengakuan itu sangat membanggakan.

Masa Candi Prambanan Dibangun
Pada masa abad ke-9 Masehi atas perintah raja dibangunlah candi prambanan dengan model candi Syailendra. Pembangunan ini berlangsung pada masa puncak Dinasti Sanjaya. Letak candi ini di desa Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dibangun candi ini adalah memperkuat keberadaan agama Hindu di wilayah selatan Jawa. Candi itu dibangun atas perintah raja Rakai Pikatan. Yang meliputi kompleks Prambanan adalah candi Siwa, Candi Hamsa, Candi Wisnu, Candi Nandi, Candi Garuda, Dan dua buah Candi Apit yang semuanya berada di halaman pertama. Delapan candi penjaga arah mata angin dan kurang lebih 200 Candi perwara yang mengelilingi inti pusat.

Candi Utama adalah Candi Siwa dengan empat ruangan. Ruang utama berisi patung Siwa sebagai mahadewa. Di sebelah utara terdapat Roro Jonggrang atau Siwa sebagai Durga Mahesasuramawardani.
Bagian timur terdapat patung Ganesa. Pada dinding Candi Siwa itu terdapat relief Ramayanan, yang berisi tentang titisan Wisnu hingga Rama menyeberang ke lautan. Cara membaca relief pada candi itu searah dengan jarum jam. Candi itu digunakan hanya untuk tempat pemujaan.

Candi terbesar kedua adalah Candi Brahma. Di dalam candi ini terdapat patung Brahma.Terdapat juga relief yang menggambarkan epik Ramayana. Pada bagian ini menceritakan tentang Rama menyerang Alengka dan Sinta membakar diri, atau dikenal dengan cerita "pati obong". Candi ketiga adalah Candi Wisnu yang terdapat arca Wisnu di dalamnya. Dalam dindingcandi ini terdapat relief yang menceritakan tentang Kernayana. Candi prambanan merupakan candi termegah pada saat itu tersohor sampai ke Asia Tenggara.
Legenda Roro Jonggrang
Candi Prambanan Kalasan


Candi Sewu
Candi Sewu yang berda di sekeliling Candi Prambanan mempunyai latar belakang agama Buddha.
Karena bisa dilihat dari arsitektur bentuk candi seprti stupa daripada candi prambanan. Disamping bentuknya juga seperti stupa daripada Candi Prambanan. Di samping bentuknya di cirikan dengan puncak candi yang berbentuk stupa. Puncak candi itu merupakan satu di antara lambang dari agama Buddha.

Candi itu urang lebih terdiri 240 bangunan. Bangunan candi sendiri dibangun dalam area seluas kurang lebih 49.284 m. Candi diresmikan oleh Rakai Kayuwangi pada tahun 778 Saka ( 856 Masehi ). Dalam prasasti Siwagraha tertuliskan tentang pembuatan Candi Prambanan. Candi dan gapura dikerjakan oleh beratus-ratus pekerja.

Bila dilihat dari segi arsitektur bangunan candi prambanan dan candi sewu mengarah ke ciri-ciri arsitektur Buddhis. Teknik pembangunan candi dengan ikatan pada setiap bata-batanya. Keistimewaan bangunan itu terletak pada bentuk candi yang menjulang tinggi pada tanah datar. Candi prambanan merupakan candi tertinggi dengan bentuk menara. Candi Prambanan berada dalam kawasan yang memiliki kepadatan bangunan candi yang beragam. Lebih rinci lagi pada bagian sisi timur kali Opak, terdapat Candi Bubrah, Lumbung dan Sewu. Ke4 candi besar yang berderat itu memiliki kesatuan mandala. Kedekatan letak Candi Prambanan dengan candi-candi agama Buddha menunjukan adanya toleransi antara penduduk yang beragama Hindu dengan penduduk yang beragama Buddha pada masa Mataram Kuno.

Demikian cerita Rakyat Jawa yang turun menurun dari orang jaman dahulu. Mungkin ada versi lain dalam meneritakan Roro Jonggrang tetapi intinya masih sama. Wanita itu dikutuk menjadi arca atau patung. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar