Skip to main content

Doa Katolik Mohon Kesehatan di Masa Pandemi

Sejak munculnya Covid-19 adalah masa terberat bagi kita. Tidak hanya Indonesia tetapi di dunia mengalami pandemi ini. Virus ini menyerang hampir semua negara terkena dampaknya. Virus Corona menyebabkan ganguan kesehatan manusia. Bagi imun yang rendah mempunyai resiko tinggi terinfeksi virus. Dengan adanya Covid-19 ini juga berpengaruh pada ekonomi, sosial dan psikis manusia. Manusia bila sakit tidak bisa bekerja. Harus isolasi diri sampai dinyatakan sehat oleh dokter. Mental mereka akan menurun. Banyak sekali permasalahan yang sedang kita hadapi di tahun 2020.

Ada larangan untuk berkumpul mempunyai dampak pada tempat ibadat yang ditutup. Semua agama mengalaminya. Terutama yang beragama Katolik biasanya berdoa di gereja bersama-sama di masa pandemi ini ibadat dirumah secara online. Dengan menggunakan media online pun dijalani walaupun tidak maksimal. Tidak boleh berkumpul terlalu banyak dan tidak berdekatan.

Disamping pencegahan yang kita lakukan adalah berdoa kepada Sang Pencipta. Agar cobaan ini segera selesai. Bersama-sama berdoa mohon agar semua masalah bisa kita hadapi di masa pandemi ini. Dibawah ini kumpulan doa yang disertai ayat ayat pada Alkitab semoga Allah mendengar permohonan kita.

Doa katolik mohon kesehatan
Doa Mohon Kesehatan

Kita berdoa tidak hanya setiap minggu saja tidak hanya di tempat ibadah, bisa juga dimana saja, kapan pun. Sahabat bisa doa setiap sebelum makan sesudah makan, sebelum tidur sesudah tidur, sebelum aktivitas setiap hari. Memohon diberi kesehatan pada tubuh dan mental kita agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah contoh doa untuk memohon kesehatan bagi kita semua. Doa yang diambil dari berbagai sumber seperti buku yang berjudul 25 doa terpopuler dari ayat-ayat emas sepanjang masa- Anna Catherine. Buku yang saya beli pada waktu di gereja. Begitu saya membaca dan isi doa sangat bagus oleh karena itu saya berbagi pada sahabat katolik supaya bersama-sama setiap waktu untuk berdoa memohon agar dijauhkan segala hal yang bisa merugikan kesehatan.

Doa Kesehatan Fisik

Doa yang memohon kesehatan secara fisik yang kita harapkan. Agar dihindarkan dari segala penyakit. Jika sudah sakit segera disembuhkan. Disertai ayat-ayat yang ada di Alkitab  sebagai berikut:

1. "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu." (1Ptrs 3:10)
Jauhkan dari padaku segala yang merugikan badanku terutama dimasa pandemi ini ya Tuhan. Agar tubuhku menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Sebab Engkau sendirilah yang memberikan raga ini kepadaku. Amin.

2. "Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku." (Yoh 2:17)
Karena cinta-Mu Engkau menyelamatkan kami. Karena ketaatan-Mu itulah Engkau memperoleh kebahagiaan bersama Bapa di Surga. Anugerahkan selalu kesehatan dan kenikmatan hidup hamba-Mu ini. Kiranya dari hari ke hari hamba-Mu selalu menjaga kesehatan agar tetap bugar dan selalu sehat. Amin.

3. "... tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah
yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa
yang berasal dari roh
yang lemah lembut dan tenteram,
yang sangat berharga di mata Allah."
(1Ptr 3:4)
Anugerahkan kesehatan jiwa dan raga, lahir dan batin. Kiranya hamba-Mu selalu menjaga keseimbangan antara hidup jiwa dan raga. Hamba-Mu terus menerus menjaga dan melihat semuanya itu agar tetap sehat dan selalu berpasrah kepada-Mu sepanjang hidup.Amin

4. "Jadi lamekh mencapai umur
tujuh ratus tujuh puluh tahun, lalu ia mati."
(Kej 5:31)
Hamba-Mu sadar ya Tuhan bahwa umur kami terbatas. Panjang dan pendeknya usia kami ada pada-Mu Tuhan. Dalam segalanya hamba-Mu mohon, kiranya kesehatan yang utama yang hamba-Mu pinta. Sebab Engkaulah tumpuan hidup kami. Amin.

5. "Melihat orang banyak yang besar jumlahnya,
maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka
dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit."
(Mat 14:14)
Anugerahkan rahmat ketabahan kepadaku, agar dengan sakit yang kualami ini, hamba-Mu diajarkan untuk selalu bersyukur atas kesehatan hidup. Ya Yesus, sembuhkan hamba-Mu ini dari sakit yang dialami ini. Sebab Engkau penyelamat kami sepanjang masa. Amin.

Doa Kesehatan Hati dan Jiwa

Doa yang mengarah pada kesehatan secara mental, pikiran yang bersih, hati yang kuat. Agar iman kita menjadi kuat dalam menghadapi masa pandemi ini. Berikut kumpulan doa memohon kesehatan rohani:

1. "Sebab aku sendiri seorang bawahan,
dan di bawahanku ada pula prajurit.
Jika aku berkata kepada salahseorang prajurit itu : 
Pergi!,,, maka ia pergi,
dan kepada seorang lagi:
Datang!, maka ia datang,
ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah!, maka ia mengerjakannya."
(Mat 8:9)
Tuhan, dalam keadaan yang sama, hamba-Mu memohon agar aku terlepas dari segala tekanan karena kurang percaya pada-Mu. Tanamkanlah dalam hati hamba-Mu, keyakinan dan kepercayaan yang teguh akan kuasa-Mu dalam hidupku. Dikau sebagai sumber segala ketenangan hidup, sepanjang masa.Amin

2. "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku,
imanmu telah menyelamatkan engkau.
Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu."
(Mat 9:22)
Atas dasar iman yang sama ya Yesus, sekiranya Engkau selalu menyejukkan hati hamba-Mu ini. Lembutkanlah hatiku yang keras ini, sejukkan hatiku jika aku mengalami pengalaman yang membuat aku terus mencari alasan untuk selalu mengeluh kepada-Mu. Sebab karena hati kudus-Mu, hamba-Mu selalu mendapatkan ketenangan jiwa.Amin

3. "... betapa lebihnya darah Kristus,
yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan
diri-Nya sendiri kepada Allah
sebagai persembahan yang tak bercatat,
akan menyucikan hati nurani kita
dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia,
supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup."
(lbr 9:14)
Karena persembahan darah-Mu itu Yesus, kiranya hatiku ini menjadi tempat tinggal yang layak bagi-Mu. Dengan hatiyang tulus dan murni, hamba-Mu dapat memuji dan memuliakan Engkau. Dengan hati aku bersyukur. Kiranya hatiku menjadi pedoman bagiku untuk mengikuti dan mengimani Engkau. Amin.

4. "Berdoalah terus untuk kami; sebab kami yakin,
bahwa hati nurani kami adalah baik,
karena di dalam segala hal kami menginginkan suatu hidup yang baik."
(lbr 13:18)
Tuhan Allah kami, dengan hati yang jujur dan murni, doa-doa dan pujian kami sampai kepada-Mu. Hanya dengan hati yang suci dari bisa menyebut nama-Mu yang kudus. Selamatkan aku dari hati yang selalu bingung da gelisah dengan kehidupan ini. Berikanlah selalu ketenangan dalam hatiku agar hamba-Mu mampu melakukan sesuatu dengan pasti dan benar, sesuai dengan rencana dan kehendak-Mu. Amin.

5. "..oleh karena hati kita telah dibersihkan
dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita
telah dibasuh dengan air yang murni."
(lbr 10:22)
Sucikanlah hatiku yang kotor ini, bersihkanlah aku dari segala dosa dan kesalahan yang sama. Jauhkanlah daripadaku segala hasrat dan keinginan yang tidak berkenan dihadapan-Mu. Bebaskanlah aku dari segala yang jahat. Hanya dengan hati yang suci dan murni, Engkau berkenan datang kepadaku. Amin.

6. "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku,
karena Aku lemah lembut dan rendah hati
dan jiwamu akan mendapat ketenangan."
(Mat 11:29)
Tenangkanlah hati dan jiwaku ini. Terkadang hamba-Mu merasa khawatir dengan apa yang aku alami dan aku dapatkan dalam kehidupan ini. Teguhkan hati dan jiwaku dalam menghadapi setiap pengalaman hidup ini.Kiranya roh-Mu senantiasa menaungi hati  dan jiwaku, agar aku selalu mendapatkan ketenangan, sambil memuji dan memuliakan Engkau. Amin.

7. "Jangan gelisah hatimu;
percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku."
(Yoh 14:1)
Ya Yesus, kiranya segala kegelisahan hidup ini tidak singgah dalam hidupku. Jauhkan segala hal yang membuat diriku selalu merasa gelisah. Aku yakin dan percaya ya Tuhan Yesus, bahwa hanya di dalam Engkau hamba-Mu selalu mendapatkan ketenangan hidup. Meskipun merasa gelisah, kiranya Engkau menguatkanku dalam setiap pengalaman hidup yang kualami. Amin.

8. "Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh
oleh ikatan damai sejahtera."
(Ef 4:3)
Ya Yesus, dalam kesatuan Roh, hamba-Mu mendapatkan kekuatan, hamba-Mu selalu tenang dalam menghadapi kehidupan ini. Dengan iman itu, kiranya rasa stress dalam hidupku tidak membuat aku lupa akan Engkau. Jauhkan daripadaku perasaan tidak tenang dan stress. Amin.

9. "... kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati;
kalau kami dianiaya, kami sabar."
(1 Kor 4:12)
Ya Tuhan, anugerahkan rahmat-Mu ke dalam hatiku agar aku mampu melihat sisi baik dari setiap pengalamanku dalam kehidupan ini. Berilah aku kesabaran. Di dalam Engkau hamba-Mu memperoleh banyak keutamaan dan kebijaksanaan. Kiranya itu semua menjadi nyata dalam kehidupanku. Amin

10. "Jika matamu jahat, gelapkanlah seluruh tubuhmu.
 Jadi jika terang yang ada padamu gelap,
betapa gelapnya kegelapan itu."
(Mat 6:23)
Jika hidup kami menjadi gelap, tidak memandang sesama sebagai saudara dalam Kristus, jauh dari segala perintah-Mu, maka hidup kami terasa hamba dan tiada berguna.Kira nya Engkau menerangi hatiku yang gelap ini, agar hamba-Mu ini bisa melihat kebaikan dan keutamaan dalam kehidupan ini. Dengan demikian, hamba-Mu tidak takut lagi mewartakan kerajaan-Mu di dunia ini. Amin.

11. Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda,
tunduklah kepada orang-orang yang tua. dan kamu semua,
rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab:
"Allah menentang orang yang congkak,
tetapi mengasihani orang yang rendah hati."
(1Ptr 5:5)
Allah, Tuhan kami, Engkau mengajarkan kepada kami untuk selalu taat pada perintah dan kehendak-Mu.Sabda-Mu adalah pelita dan petunjuk bagi hidup kami. Buatlah aku untuk selalu  taat dan setia kapada-Mu dan kepada orang tuaku. Amin.

12. "Karena itu,
sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihani-Nya,
kenakanlah belas kasihan,kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran."
(Kol 3:12)
Ya Tuhan Yesus Kristus, jadikan semua keutamaan-Mu; belas kasih, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran menjadi bagian dari hidupku agar aku dapat menjadi saksi-Mu yang hidup di dunia ini. Amin.

Demikianlah kumpulan contoh doa memohon kesehatan yang disertai dengan ayat-ayat dari Alkitab Katolik. Semoga dengan adanya doa ini dimasa pandemi covid-19 kita bisa memohon pada Allah Yang Maha Kuasa. Untuk memulihkan Bumi ini dari segala cobaan. Dengan begitu kita bisa kembali beraktivitas seperti dulu mungkin bisa lebih baik lagi. Semoga kita semua diberkati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar