--> Skip to main content

Contoh Tembung Lingga lengkap dalam bahasa Jawa

Minggu kemarin sudah membahas contoh tembung Entar nah sekarang kita membahas tembung Lingga. Di dalam bahasa jawa ada yang dinamakan Tembung Lingga. Tembung ini juga salah satu yang harus kamu ketahui untuk belajar bahasa jawa. Karena sehari-hari bila bicara dengan bahasa jawa pasti ada tembung lingga. Apakah sudah tahu arti dari tembung lingga?

Tembung Lingga

Tembung Lingga adalah

Apa itu Tembung Lingga? Secara umum adalah "kata dasar". Tembung Lingga yaiku tembung kang durung owah seko asale. Owah yaiku kang durung oleh imbuhan opo-opo (ater-ater seselan lan panambang). Sebuah kata yang masih berbentuk awal dan kata dasar belum berubah. Yang dimaksud berubah adalah masih asli belum mendapat tambahan apa-apa baik awalan, tengahan atau akhiran.

Tembung Lingga bisa termasuk dalam kata bentuk bebas. Tembung ini bila diberikan tambahan kata di awalan atau akhiran akan menjadi berbeda artinya. Nah maka dari itu Lawan dari tembung lingga yaitu tembung andhahan.

Pembagian Tembung Lingga.

Tembung Lingga Sak Wanda (satu): artinya kata dasar yang terdiri dari satu kata saja. Wanda artinya suku kata. Tetapi ada beberapa juga di katakan tembung wod karena bisa diurai menjadi dua suku kata.
Contoh : Buk, Bom, Blas, Bak, Dik, ES, Gas, Gong, Lem, Ler, Lur, Nak, Nom, Nul, Moh, Ntok, Pak, Rak, Sak,Tik, Tul, Wong.

Tembung Sak Wanda Wod : dom menjadi edom artinya sama yaitu jarum jahit, lur diulur dadi dulur, moh menjadi emoh sama artinya dengan tidak mau.
Contoh kalimat:
- Aku emoh lungo karo kowe tegese saya tidak mau pergi dengan kamu.
- Aku uwes tuku edom dinggo jahit seragam tegese saya sudah beli jarum buat jahit seragam.

Sak Wanda bukan wod : ban, bal, tas, lap, Gas, Gong, Es
- Saiki regane ban motor larang tegese sekaranag harga ban mahal.
- Emil bartuku tas regane murah banget tegese Emil habis beli tas harganya murah sekali.

Tembung Lingga rong wanda (dua): artinya kata dasar terdiri dari dua suku kata.
Contohnya :
Ambyar, Angin, Anak, Adek, Adus, Ayu, Ambung, Batin, Bantal, Buku, Bathik, Bebek, Budhal, Bengkel, Babar, Buka, Cacing, Ciwit, Cicil, CapingCokot, Cuwil, Dolan, Deleng, Gawa, Goreng, Gegem, Guyu, Jupuk, Jaluk, Kethok, Kesel, Kursi, Lare, Lungguh, Loro, Laku, Lungo, Mangan, Meja, Mata, Omah, Pangan, Pupus, Pacul, Pari, Payu, Pikir, Sapu, Silih, Sandhung, Sregep, Sapi, Sawah, Tangan, Tuku, Tandur, Tulis, Turu, Tutup.

Contoh kalimat:
- Omah iki uwes laku dituku wong Jakarta tegese Rumah ini sudah terjual dibeli orang jakarta.
- awan-awan enake nggo turu tegese siang hari enaknya buat tidur.

Tembung lingga seko telung wanda (tiga): artinya kata dasar terdiri dari tiga suku kata. Contohnya Sepatu, mustaka. kapiran, samudra, pesawat.
Contoh:
Angkasa, Budaya, Bekakas, Berlian, Gamelan, Garuda, Mustika, Merpati, Karipan, Kapiran, Kelinci, Kulino, Kethoprak, Perkara, Pesawat, Rekasa, Samudra, Segara, Semesta, Semangka.

Contoh kalimat:
- Sepatu bar tuku wes jebol tegese sepatu habis beli sudah sobek / rusak
- Joko neng Lombok numpak pesawat tegese Joko pergi ke Lombok naik pesawat.

Tembung Lingga seko papat wanda (empat): artinya kata dasar terdiri dari empat suku kata.
Contohnya saniskara, sudarsana, tranggana.

Tembung Lingga Semu

Tembung lingga semu adalah terdiri dari dua suku kata tetapi tidak bisa dipisahkan. Bila dua kata ini dipisahkan akan berbeda artinya.

Contoh Tembung Lingga Semu :
Tembung Lingga semu yang masih bisa dirubah atau dihilangkan, Ubur-ubur, uget-uget, ula-ula.
Tembung Lingga semu yang tidak dapat dirubah contoh : aling-aling, alang-alang, api-api.

Resume Tembung Lingga

Dengan adanya contoh-contoh diatas mungkin kita bisa merangkum tentang tembung Lingga. Ciri dari Tembung Lingga masih berupa kata dasar atau asli. Belum mendapat kata tambahan baik awalan, akhiran dan tengah. Tembung andhahan adalah lawan kata dari tembung lingga. Tembung lingga masih golongan jenis kata bebas. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar