--> Skip to main content

10 Tempat Wisata di Magelang, Paling Popular

Magelang menawarkan destinasi wisata yang sangat menawan dan sangat Indah. Mulai dari wisata Sejarah, Alam hingga wisata yang sangat instagramable. Saat anda akan liburan ke Magelang, maka tentu saja anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru, pemandangan yang indah hingga mendapatkan banyak wawasan baru. Untuk anda yang penasaran berikut adalah beberapa tempat wisata di Magelang, diantaranya adalah:

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha yang terbesar sejak 780-840 M yang dibangun pada zaman Mataram kuno. Candi Borobudur juga merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang menjadi salah satu keajaiban dunia yang sangat fenomenal dan sangat popular. Jadi jika anda datang ke Magelang jangan pernah melewatkannya.
 
Kemegahan dari Candi Borobudur dengan stupa yang berjejer dihiasi dengan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Tak heran jika ada banyak sekali orang yang berkunjung dan berfoto di lingkungan Candi Borobudur ini. Untuk berkunjung ke Candi Borobudur, maka anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah per orang dewasa.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Selogriyo

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Candi Selogriyo. Ini adalah salah satu candi yang berada di kawasan Gunung Sumbing. Lokasinya berada di antara bukit Giyanti, bukit Condong dan Bukit Malang. Candi Selogriyo ini adalah salah satu candi peninggalan purbakala yang mana diperkirakan dibangun pada masa Mataram Kuno dan juga menjadi salah satu bukti dari perkembangan nilai agama Hindu. Lokasinya yang berada di antara perbukitan membuat candi ini memberikan pemandangan dari pegunungan yang sangat indah dan memberikan udara yang sangat sejuk serta menenangkan. Kawasan Candi Selogriyo buka setiap hari dengan biaya tiket masuknya sekitar 7 ribu rupiah.

Candi Mendut

Candi Mendut berjarak kisaran 3km dari Candi Borobudur, dan ini merupakan salah satu candi peninggalan dari Agama Buddha. Candi ini memiliki nilai sejarah dan memiliki penuh makna kehidupan yang mana semuanya tertuang di relief yang ada pada bagian dinding candi. Candi Mendut juga adalah salah satu tempat wisata di Magelang untuk wisata budaya, sejarah dan religi. Bahkan lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata edukasi bersama keluarga.

Candi Pawon

Candi lain yang cukup banyak dikunjungi dan menjadi salah satu tempat wisata di Magelang adalah Candi Pawon. Candi Pawon juga banyak disebut sebagai candi Brajanalan dan ini merupakan salah satu candi agama Buddha. Berada di kawasan tak jauh dari candi Mendut. Candi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan bahan utamanya terbuat dari batu.

Bagian reliefnya ada pada bagian dinding persis seperti Candi Borobudur. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, candi ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap mulai dari toilet, area parkir, dan penjual makanan di sekitar candi juga tersedia. Candi Pawon sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali cerita pada bagian reliefnya. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah Kinara Kinari.

Wisata Candi Pawon
Wisata Candi Pawon

Candi Umbul

Candi umbul adalah salah satu situs purbakala yang berupa pemandian air panas di Magelang, dimana tempat wisata ini dipercaya bahwa merupakan pemandian dari sang putri raja saat membersihkan dirinya.
 
Ini adalah salah satu pemandian yang cukup terkenal di Magelang, lokasinya ada di kawasan Telaga Boleder dan Curug sekar. tempat wisata di Magelang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat Indah. Uniknya, dari dasar candi ini muncul air hangat yang dipercaya sangat mampu membuat seseorang awet muda dan bisa menjadi tempat menyembuhkan beragam jenis penyakit kulit.

Mangli Sky View

Mangli sky view atau biasanya lebih dikenal dengan wisata menembus awan berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian 1,570 mdpl sebelah timur dari gunung sumbing. Ini adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang memberikan pemandangan alam yang sangat menawan berupa hamparan awan yang membentang di langit yang sangat Indah. Dari Atas ini anda bisa melihat pemandangan latar 9 gunung. Mulai dari Gunung Merapi, Andong, Telemoyo, Tidar, Giyanti, Ungaran hingga Gunung Sumbing.
 
Selain bisa melihat pemandangan langit dan gunung, dari Mangli Sky View anda juga bisa menikmati hamparan kebun sayuran hijau dan kicauan burung sehingga menambahkan suasana asri di tempat ini. Bahkan anda juga bisa bermalam di area camping ground di kawasan ini yang mana sudah dilengkapi dengan fasilitas mushola, toilet, warung, Wifi hingga listrik. Untuk anda yang tidak membawa alat kemah juga tak perlu khawatir, karena pihak pengelola juga sudah menyediakan alat sewa kemah yang lengkap mulai dari harga 5 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah saja.

Ladon Little Island

Ladon Little Island, ini adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang menawarkan pesona alam ala pantai pasir putih di pinggir Sungai Progo. Lokasinya yang berada di pinggiran aliran sungai dengan pasir putih membuat tempat ini sangat unik. Pasir putih ini sendiri sebenarnya berasal dari abu material dari letusan Gunung Merapi.

Ladon Little Island menyuguhkan beragam jenis pemandangan Lereng dan perbukitan yang hijau. Dari tempat wisata ini, anda bisa mengabadikan foto dan menunggang kuda sambil menyusuri aliran sungai Progo. Untuk anda yang ingin berwisata ke lokasi ini, sangat disarankan datang pada saat musim kemarau. Pasalnya saat musim hujan biasanya tempat ini sering banjir.

Nepal Van Java Dusun Butuh

Nepal Van Java berada di kawasan dataran tinggi 1.620 mdpl yang lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Sumbing. Jika dilihat dusun ini memiliki pemandangan yang sangat mirip dengan Pegunungan Himalaya Nepal. Tempat wisata di Magelang ini menyuguhkan pemandangan yang sangat Indah dengan udara yang dingin dan sejuk. Pada saat pagi hari matahari akan terbit dari dusun butuh dan terlihat sangat jelas dan sangat cantik. Pada saat malam hari anda akan melihat dengan sangat jelas hamparan bintang yang bertaburan di langit.

Nepal Van Java Dusun Butuh
Nepal Van Java dusun Butuh

Silancur Highland

Silancur Highland berada di kawasan tenggara Gunung Sumbing berada di kawasan Desa Mangli, Magelang. tempat wisata di Magelang satu ini menawarkan pemandangan yang sangat indah berupa pegunungan yang terbentang luas dipadukan dengan pepohonan yang hijau serta langit biru. Kawasan ini sebenarnya sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai dan berencana untuk menghilangkan penat karena kesibukan setiap harinya. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat mata hari terbit namun jika anda ingin melihat hamparan bintang maka datang malam hari, karena anda akan melihat pemandangan yang sangat memanjakan mata anda. Selain itu, di dekat dengan loket masuk anda akan menemukan kebun bunga warna – warni yang sangat cocok untuk spot anda berfoto.

Wisata Silancur Highland
Silancur Highland

Ketep Pass

Ketep Pass adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang merupakan gardu pandang yang berada di atas ketinggian 1.200 mdpl. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan Gunung yang mengelilingi Magelang, mulai dari Merapi, Merbabu, Sumbing hingga Sindoro.
 
Di Ketep Pass sendiri anda bisa menemukan Museum Volcanologi yang memiliki nama Ketep Volcano Center. Di sini anda akan menemukan banyak informasi mengenai Gunung Merapi. Sebagai pengunjung anda juga bisa menikmati kuliner yang tersedia di Ketep Pass Restoran, sambil menikmati makanan anda bisa menikmati juga pemandangan indah yang di suguhkan.

Tempat Wisata Ketep Pass Magelang
Ketep Pass

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar