--> Skip to main content

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Fenomenal

Kota Semarang menawarkan segudang tempat wisata, mulai dari sejarah hingga alam yang sangat menawan. Semarang juga menjadi destinasi wisata yang sangat banyak dikunjungi untuk bisa mengisi waktu liburan anda. Bisa dikatakan ada banyak sekali tempat wisata di Semarang yang bisa anda jelajahi. Nah berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang paling fenomenal

1. Tempat Wisata Kota Lama Semarang

Jejak peninggalan kolonial di Semarang bisa anda jumpai di kawasan Kota Lama Semarang. Berkunjung ke Kota lama ini akan memberikan suasana berasa di luar negeri. Bangunan di Kota lama dibangun dengan nuansa Eropa yang memang sangat pas jika anda jadikan sebagai lokasi berfoto. Di kota lama, anda bisa bersantai di taman Srigunting, membeli beberapa barang antik, berkeliling dengan sepeda atau bisa juga berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk. Untuk fasilitas juga terbilang sangat lengkap, mulai dari Toilet, Mushola, Restoran, Kafe, Museum penyewaan sepeda juga sudah tersedia. Masuk ke kawasan Kota Lama Semarang juga tidak di pungut biaya alias gratis, namun jika anda ingin menggunakan fasilitas seperti sepeda maka anda harus membayar biaya sewa saja.

Tempat Wisata Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang


2. Tempat Wisata Benteng Pandem

Benteng Pandem adalah salah satu bangunan tua peninggalan Belanda yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang. Tempat ini memiliki latar belakang foto Benteng dengan aristekstir Belanda yang sangat instagramable. Selain mengabadikan foto keren, anda juga bisa menikmati suasana bangunan dengan penuh sejarah. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Benteng Pendem, anda tidak akan dikenakan biaya tiket alias gratis. Hanya saja anda perlu untuk membayar tarif parkir jika anda membawa kendaraan.

3. Tempat Wisata Tegalsari

Lokasi Taman ini memang agak jauh dari pusat kota, sehingga ini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat cocok jika anda ingin bersantai dan melepas penat dari kesibukan anda sehari – hari. Dari Tegalsari, anda juga bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian dan pesaon dari matahari terbit yang sangat indah. Anda juga tidak akan dikenakan biaya ketika akan berkunjung ke Taman Tegalsari.

4. Tempat Wisata Bukit Gombel

Bukit Gombel dikatakan sebagai salah satu dataran tertinggi di Semarang karena menjadi tempat berdirinya menawara pemancar radio, televisi dan telekomunikasi. tempat wisata di Semarang ini menawarkan panorama yang sangat indah dengan hamparan bintang berkilau di langit serta cahaya lampu kota pada saat malam hari. Jika anda datang ke tempat wisata ini, maka anda akan menikmati suasa yang sangat menenangkan dan udara yang sangat sejuk. Di atas bukit Gombel juga tersedia fasilitas penginapan, tempat parkir dan rumah makan.

Bukit Gombel Semarang
Tempat Wisata Bukit Gombel


5. Tempat Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong adalah salah satu situs sejarah dari perkembangan islam di Semarang yang disebarkan oleh seorang penjelajah dari Cina. Kelenteng Sam Poo Kong sendiri berada di kawasan kota Semarang. Selain bernuansa Tionghoa, Klenteng ini juga memiliki keunikan dengan nuansa islam dengan corak langit – langit berwarna hijau dan juga terdapat bedug di dalamnya. Klenteng Sam Poo Kong adalah salah satu tempar wisata di Semarang dan juga merupakan tempat ibadah yang cocok untuk anda ingin berwisata religi. Karena memiliki bangunan yang unik, ada banyak pengunjung yang datang untuk berburu foto di tempat ini. Klenteng ini juga biasanya menjadi salah satu tepat untuk menggelar beragam jenis festival.

Wisata Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong


6. Tempat Wisata Brown Canyon Semarang

Semarang memiliki Brown Canyon yang tak kalah menarik dan indah seperti Grand Canyon yang ada di Amerika. Ini adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang merupakan sebuah tempat galian pertambangan yang berubah menjadi tempat wisata. Memiliki pesona tebing tinggi dengan perpaduan kolam membuatnya menjadi tempat spot foto terbaik dan sangat instagramable.

7. Tempat Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir

Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir adalah tempat wisata di Semarang yang menawarkan pemandangan Indah. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1384 mdpl. Untuk anda yang berkunjung ke Lokasi ini akan melihat pemandangan kota Ambarawa dan pergunungan hijau yang dipadu dengan lagiy biru yang terbentang luas sangat indah. Tak jauh dari Puncak maka anda akan menemukan hutan pinus yang sangat nyaman jika anda ingin bersantai dan menikmati kesejukannya. Bahkan hutan pinus juga bisa menjadi spot foto terbaik dengan lata pohon pinus yang menjulang tinggi.

8. Tempat Wisata Pantai Tirang

Pantai tirang memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan asri. Memiliki Pasir Pantai yang lembut dan pemandangan matahari terbenam yang menjadi salah satu pesonanya. Lokasi pantai ini memang sangat cocok untuk anda yang memang gemar memancing, pasalnya di Pantai Tirang terdapat banyak jenis ikan. Selain itu, di dekat pantai juga terdapat muara sungai Silandak.

9. Tempat Wisata Air Terjun Kali Pancur

Untuk anda yang ingin mencari tempat wisata di Semarang yang menawarkan pemandangan alam yang indah, maka Air Terjun Kali Pancur adalah pilihannya. Ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Semarang yang memiliki yang menawarkan pesona keindahan dari Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu. Di sekeliling air terjun kali pancur juga dipenuhi dengan pepohonan hijau yang berpadu dengan gemuruh dari air terjun. Pengunjung bisa menikmati suasana yang asri, alami dan sangat menyejukkan dari tempat ini.

Di tempat ini, anda juga bisa bermain di kolam, bersantai hingga bisa menikmati pemandangan dan suasana yang sangat menenangkan. Selain itu, tersedia juga fasilitas lengkap untuk pengunjung karena sudah tersedia fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, mushola hingga warung makan. Untuk harga tiketnya juga sangat murah mulai dari 5 ribu rupiah per orang.

10. Tempat Wisata Museum Lawang Sewu

Lawang sewu adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling di favorite kan. Lawang sewu adalah salah satu bangunan tua di Semarang yang di dirikan pada tahun 1904. Dahulunya, ini adalah salah satu tempat yang disebut Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatscappij dan saat ini jauh lebih dikenal dengan nama lawang sewu.

Lawang sewu adalah bangunan dengan memiliki arti seribu pintu. Namun secara teknis sebenarnya jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu hanya 928 dengan 425 fram dan 114 ruang kerja dan termasuk di dalamnya juga adalah ruang meeting. Di Museum ini menyimpan beragam jenis koleksi perkeretaapian Indonesia dari masa ke Masa. Saat ini Lawang Sewu juga banyak disewa untuk beragam jenis kegiatan mulai dari pameran, pemotretan, syuting, pesta pernikahan, bazar, pentas seni hingga Workshop.

Untuk tiket masuk ke tempat wisata di Semarang satu ini juga tergolong sangat murah. Hanya 10 ribu rupiah per orang dewasa dan 5 ribu rupiah untuk pelajar. Untuk jam operasional kunjungan juga setiap hari, dengan jam berkunjung ke Lawang Sewu mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00.

Wisata Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu Semarang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar