--> Skip to main content

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

Solo adalah salah satu kota kecil tapi sangat menarik. Hal ini disebabkan karena kota ini memiliki biaya hidup rendah dan memiliki banyak daya tarik wisata lainnya. Jika Anda berencana wisata di Solo, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo terbaik untuk dikunjungi.

1. Pura Mangkunegaran

Solo atau Surakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki budaya cukup kental. Hal ini disebabkan karena kota ini dahulunya merupakan memiliki sistem pemerintahan kerajaan. Bagi Anda yang ingin melihat kekentalan budaya masyarakat Solo, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah pura Mangkunegaran.

Istana Mangkunegaran atau Pura Mangkunegaran merupakan salah satu museum peninggalan zaman kerajaan yang hingga saat ini menjadi pusat kebudayaan di Solo. Hal ini membuat keraton ini masih memiliki nafas Jawa yang masih sangat kental.

Sesungguhnya di Solo ada 2 keluarga kerajaan dan Pura Mangkunegaran adalah salah satu tempat tinggal kerajaan di Solo. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung di tempat ini, Anda bisa datang ke sini mulai pukul 10 pagi.

Tempat Wisata Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan salah satu taman wisata untuk dikunjungi di Solo. Taman ini menawarkan kegiatan wisata luar ruangan yang cukup menarik.

Daya tarik utama dari Taman Balekambang ini adalah sebuah danau di bagian belakang taman. Danau dan keseluruhan taman ini dibangun oleh KGPH Mangkunegaran VII untuk putrinya. Hal inilah yang membuat taman ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi.

Selain menikmati keindahan danau, Anda juga bisa melihat dan menikmati waktu luang bersantai di tempat duduk yang ada di pelataran danau. Selain duduk-duduk bersantai, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan di area ini.

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di taman ini adalah kegiatan memancing. Sayangnya ketika Anda memancing di sini ikan yang Anda dapatkan tidak boleh dibawa pulang melainkan dikembalikan lagi.

Di sini Anda juga bisa menikmati waktu Anda bercengkrama dengan hewan-hewan liar seperti rusa, angsa dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika malam hari, tempat ini juga banyak digunakan untuk mengadakan pagelaran seni. Pagelaran sendi bisa dilakukan di area taman atau di bangunan rumah di area samping taman Balekambang.

Taman Balekambang
Taman Balekambang

3. Keraton Hadiningrat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Solo ada dua kerajaan yang berdiri yaitu Mangkunegaran dan juga Hadiningrat. Keraton Hadiningrat merupakan keraton yang lokasinya ada di tengah kota Surakarta.

Keraton ini memiliki warna utama biru dan dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Jawa. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Solo karena menawarkan sejarah sekaligus budaya bagi para pengunjungnya.

Di dalam Keraton ini, Anda juga bisa menjelajahi Museum Keraton Surakarta untuk melihat lebih dalam lagi mengenai peninggalan sejarah dan budaya kota Solo ini.

Keraton Hadiningrat
Keraton Hadiningrat

4. Benteng Vastenburg

Tidak jauh dari Keraton Surakarta Anda bisa mengunjungi salah satu benteng kenamaan di Solo yaitu benteng Vastenburg. Benteng ini merupakan salah satu benteng peninggalan masa penjajahan untuk melindungi kota Solo di masa lalu.

Saat ini area wisata sudah banyak diubah dari segi lingkungannya. Akan tetapi untuk bentengnya sendiri masih berdiri dengan kokoh dan hanya diubah sedikit untuk renovasi.

Saat ini area benteng banyak digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan seperti konser dan juga kegiatan lainnya. Beberapa waktu yang lalu saat pandemi Covid 19 muncul area ini juga dimanfaatkan sebagai tempat penampungan dan ruang isolasi.

5. Taman Satwa Jurug

Solo juga memiliki sebuah taman wisata atau kebun binatang. Taman wisata ini memiliki nama lengkap Taman Wisata Taru Jurug. Kebun binatang ini dibangun pada tahun 1878.

Dahulu tempat wisata ini memang sempat tidak mendapatkan perhatian. Akan tetapi saat ini hewan dan lokasi wisata sudah lebih diperhatikan lagi.

Saat ini ada banyak hiasan dan dekorasi untuk memeriahkan lokasi wisata ini. Hanya saja, memang kebun binatang ini memang memiliki koleksi hewan kurus-kurus. Oleh karena itu, jika Anda datang ke tempat ini, Anda akan menambah pemasukan kebun binatang sehingga bisa merawat hewan-hewannya dengan lebih baik.

Taman Satwa Jurug
Taman Satwa Jurug

6. Museum Radya Pustaka

Salah satu tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi untuk menambah pengetahuan tentang budaya Jawa dan Keraton adalah museum Radya pustaka. Museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah khusus budaya Jawa dan juga budaya Keraton.

Dari sini Anda juga bisa belajar beberapa sejarah mengenai kota Surakarta itu sendiri. Jika Anda tertarik datang ke sini, pastikan Anda meluangkan waktu di pagi hari karena museum Radya pustaka tutup pada jam 2 siang.

7. Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar Gede Hardjonagoro merupakan salah satu pusat kuliner dan oleh-oleh di Surakarta. Di sini Anda bisa membeli banyak oleh-oleh dengan harga yang murah tapi kualitasnya terjamin. Selain pusat oleh-oleh, Anda juga bisa belajar sayuran dan buah-buahan di tempat ini.

Selain makanan-makanan tradisional, di Pasar Gede Anda juga bisa menemukan banyak makanan modern. Hal ini disebabkan karena di area pasar sebelah barat Anda akan menemukan sebuah bangunan bertingkat. Bangunan di tingkat 2 merupakan salah satu pusat kuliner modern di mana Anda bisa menemukan banyak hidangan-hidangan kekinian jika Anda menyukainya.

Selain pusat kuliner, tempat ini juga menjadi salah satu pusat event utama di kota Surakarta. Lokasi ini memang merupakan salah satu lokasi padat penduduk Tionghoa. Hal inilah yang membuat area ini banyak digunakan untuk merayakan hari-hari besar masyarakat Tionghoa. Oleh karena itu jika Anda datang pada hari raya perayaan Imlek, Anda bisa menikmati hanya aktivitas menarik di area ini.

8. Pasar Triwindu

Salah memang memiliki budaya yang menarik. Akan tetapi salah satu kegiatan wisata utama yang ditawarkan oleh kota ini adalah kegiatan belanja. Anda bisa banyak mendapatkan produk-produk khas Solo seperti batik dengan mudah di kota ini, akan tetapi selain belanja benda-benda seperti kain batik Anda juga bisa mengunjungi pasar triwindu untuk mendapatkan produk-produk antik yang cocok untuk dekorasi.

Pasar triwindu merupakan salah satu pasar antik yang sangat menarik dan mendapatkan banyak perhatian wisatawan. Karena selain mendapatkan barang-barang unik Anda juga bisa mengambil foto-foto menarik di pasar ini.

Hal ini disebabkan karena pasar ini terkenal dengan kerapian dan kebersihan nya. Jadi akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan foto-foto menarik.

Jika beruntung Anda bisa mendapatkan produk-produk barang antik untuk hiasan atau pajangan yang bisa Anda bawa pulang ke rumah Anda. Akan tetapi jangan kaget ya jika harganya cukup menguras kantong!

Selain menikmati tempat wisata ini, Solo juga menyediakan akomodasi dengan harga terjangkau. Inilah yang membuat banyak orang senang dan ingin kembali ke Solo untuk mengunjungi tempat wisata di Solo yang dirindukan.

Pasar Triwindu
Pasar Triwindu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar