--> Skip to main content

8 Tempat Makan di Jogja Terfavorit Dengan Hidangan Lezat

Yogyakarta selain dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah juga kaya akan kuliner yang wajib dicoba. Ada banyak tempat makan di Jogja yang menarik dikunjungi mulai dari kaki lima hingga yang mewah. Penasaran di mana saja tempat yang menarik tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Tempat Makan The House of Raminten

Tempat makan yang satu ini sebenarnya adalah sebuah café yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Jogja. Jadi Anda bisa menemukan banyak pilihan kuliner Jogja tanpa harus berkunjung ke banyak tempat. Beberapa menu yang tersedia antara lain adalah nasi kucing, brongkos, sate lilit, cunduk, tahu bola, wedang sereh, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Yang menarik, tempat kuliner di Jalan Fm Noto 7, Kota Baru ini juga menyuguhkan suasana yang nyaman dengan arsitektur khas Jawa Tengah. Sembari menunggu hidangan dan menyantap makanan, pengunjung juga dapat menikmati alunan gending Jawa.

Tempat Makan Raminten
Tempat Makan Raminten

Tempat Makan Gudeg Yu Djum

Gudeg menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta paling wajib untuk dicoba. Ada banyak sekali rumah makan gudeg yang dapat dijumpai di kota pelajar ini. Namun salah satu restoran yang paling terkenal adalah Gudeg Yu Djum.

Rumah makan dengan konsep tradisional ini berada di antara deretan warung gudeg lainnya di kawasan Wijilan tepatnya di Jalan Wijilan 31, Kraton, Panembahan. Selain itu, Gudeg Yu Djum juga sudah memiliki beberapa cabang restoran yang tersebar di beberapa titik di Yogyakarta.

Tempat Makan Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum

Tempat Makan Jejamuran

Bagi para pecinta jamur, tempat makan yang satu ini siap memanjakan lidah dengan aneka olahan jamur. Restoran di Niron, Pandowoharjo Harjo, Sleman ini telah dikenal karena olahan jamurnya yang lezat. Beberapa menu yang disajikan di restoran ini antara lain adalah telor dadar jamur, tumis jamur pedas, tongseng jamur, gulai jamur, sate jamur, dan berbagai olahan jamur lainnya.

Lokasi restoran ini tepatnya di Jalan Pramuka Nomor 53, Pandowoharjo. Jejamuran sebenarnya bukan tempat baru karena telah berdiri sejak 1997. Yang menarik dari tempat ini selain menyediakan berbagai olahan jamur juga bertujuan memberikan edukasi makanan sehat melalui konsumsi jamur. Selain itu tempat ini juga memiliki lahan sendiri yang khusus digunakan sebagai tempat budidaya jamur sehingga kualitas jamur yang dihasilkan lebih terjamin.
Tempat Makan Jejamuran
Jejamuran

Tempat Makan Gudeg Pawon

Jika Anda mencari kuliner yang sudah legendaris, Gudeg Pawon tidak boleh sampai ketinggalan. Kuliner ini sudah hadir sejak tahun 1958. Selain menyajikan kuliner tradisional berupa gudeg, tempat makan di Jogja ini juga memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya karena makanan disajikan langsung dari dapur atau dalam bahasa jawa ‘pawon’.

Rumah makan ini memiliki konsep yang sederhana tetapi citrasa gudegnya sungguh luar biasa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelanggan rela antri demi menikmati seporsi gudeg. Bahkan, rumah makan ini tetap ramai meskipun buka di malam hari yaitu pukul 22.30 WIB. Untuk lokasinya sendiri, Gudeg Pawon terletak di Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Tempat Makan Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
  
Tempat Makan Sate Klathak Pak Pong

Menu andalan lainnya yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong. Warung sate yang terletak di Jalan Imogiri Bantul ini tidak pernah sepi pengunjung. Sate Klathak itu sendiri merupakan sate kambing yang tusukan satenya menggunakan jeruji besi sehingga sate matang secara merata. Sate kambing Pak Pong sudah terkenal sejak dulu karena citarasanya yang lezat dengan bumbu yang khas seperti garam, lada, dan kecap.

Selain itu, sate kambing Pak Pong juga disajikan dengan kuah gulai. Ini berbeda dengan sate pada umumnya yang dibakar dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Sate klathak ini telah berdiri sejak tahun 1960 dan masih mempertahankan citarasa aslinya. Jadi tidak heran jika warung sate di Jalan Stadion Sultan Agung ini selalu ramai oleh pengunjung. Selain sate klathak, tersedia juga beberapa menu lain seperti tongseng, gulai, dan tengkleng.
 
Sate Klathak Pak Pong


Tempat Makan Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele mungkin merupakan hidangan yang sederhana. Namun di Yogyakarta ada rumah makan mangut lele yang terkenal akan kelezatannya yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Sajian mangut di sana ada versi lele yang diasap dan digoreng.

Jika berkunjung ke sana, pengunjung boleh langsung mengakses dapur. Di dapur inilah tercium aroma asap dan kayu bakar serta wanginya kuah mangut yang sedang dimasak. Semua aktivitas dapur dapat diamati sambal menikmati mangut. Lauk pauk lainnya juga tersedia dan langsung disajikan di baskom besar. Mbah Marto, pemilik rumah makan ini dulunya hanya berjualan keliling. Setelah itu ia mulai berjualan di rumahnya sejak tahun 1989.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, Mbah Marto tetap menjaga kualitas lele yang digunakan. Lele yang dipilih sudah memiliki cukup umur, besar, dan dalam kondisi segar. Ikan lele yang diasap sebelumnya sudah dibersihkan dan ditusuki dengan bambu agar lebih mudah untuk dibolak balik. Proses pengasapan ini membuat lele matang secara merata.

Lokasi rumah makan ini berada di Dusun Nggeneng, Panggungharjo, Sewon, Bantul tepatnya di belakang kampus ISI (Institut Seni Indonesia). Walaupun lokasinya tidak strategis, rumah makan ini tetap banyak dicari.

Tempat Makan Oseng Mercon Bu Narti

Bagi pecinta makanan pedas, Anda wajib singgah ke tempat makan yang satu ini. Masakan hasil kreasi Bu Narti ini telah menjadi kuliner yang khas di Yogyakarta. Olahan yang disajikan di warung tenda ini sebenarnya terlihat sederhana berupa oseng-oseng berisi gajih, kikil, tulang muda, dan kulit dengan potongan cabe rawit yang melimpah. Oseng mercon yang disajikan bersama sepiring nasi hangat tentunya begitu menggugah selera dan membuat siapa pun ingin buru-buru melahapnya sampai habis.

Berdiri sejak tahun 1998, hidangan ini telah melegenda di Yogyakarta. Meskipun citarasanya sangat pedas, tetapi kepedasan ini justru membuat banyak orang ketagihan. Bahkan banyak pengunjung rela antri untuk makan di sana. Lokasi warung oseng mercon ini terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Gg Purwodiningratan. Warung makan lesehan ini biasanya buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Tempat Makan Soto Sulung Stasiun Tugu

Warung soto ini terletak di Jl. Gedong Kuning Selatan Nomor 1, Rejowinangun, Kotagede. Soto yang disajikan di sini adalah soto madura dan sudah melegenda karena sudah berdiri sejak tahun 1968. Buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB, warung soto ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Ada 2 varian soto yang disajikan di sini yaitu soto campur (daging dan jeroan) dan soto daging. Dalam seporsi soto berisi kuah pekat, potongan daging, bawang goreng, dan seledri. Nasinya sendiri dipisah di tempat berbeda dalam bungkusan mirip nasi angkringan. Di sini pelanggan boleh mengambil seberapa banyak sesuai keinginan. Jadi Anda tidak perlu malu jika ingin tambah nasi.

Demikian beberapa rekomendasi tempat makan di Jogja yang wajib dikunjungi. Tempat-tempat tersebut menghadirkan suasana yang khas dari kota pelajar ini dan sulit dijumpai di kota lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar