--> Skip to main content

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Wajah yang Tepat

Jerawat batu sangat mengganggu kenyaman kita terutama penampilan kita. Sering juga jerawat ini sangat nyeri bila disentuh. Bagaimana caranya kita dapat mengatasinya? Stres bila wajah ditumbuhi jerawat batu ukuran besar, berwarna kemerahan dan sangat nyeri.

Sebelum itu kita harus tahu jerawat dibedakan yang meradang dan tidak. Jerawat batu termasuk kategori jerawat yang meradang. Penyebab timbulnya jerawat ini bisa berbagai banyak penyebab yaitu bisa juga karena kebersihan kita kurang, sering bergadang, rokok, banyak konsumsi manis, makanan berminyak, kafein dan dari tubuh adalah hormonal

Jerawat batu istilah medisnya adalah acne nodule cystic. Heran kenapa ya disebut jerawat batu. Nah dilihat dari bentuknya bulat, meradang dan tidak ada matanya oleh karena itu disibut jerawat batu.

Mengatasi Jerawat Batu

Bagaimana cara mengatasi jerawat batu yang aman?
  • yang pertama menghindari faktor penyebab dulu
  • pertolongan pertama yang bisa dilakukan dirumah
  • bila tidak berujung sembuh ke dokter dilakukan injeksi anti inflamasi atau anti radang. Bertujuan untuk radangnya berkurang dan kempes.
  • diberikan obat-obat oral seperti antibiotik karena adanya peradangan di jerawat batu disebabkan infeksi bakteri.
Berikut pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat tamu tidak diundang (jerawat batu) ini datang.

1. Pertolongan pertama yang sangat mudah kamu lakukan ialah mencuci muka. Itu adalah kunci dari wajah yang sehat dan berseri agar debu dan bakteri yang menempel tersingkir. Perlu diingat jangan menggosok muka dengan kencang dan jangan menggunakan air hangat.  Rencana tujuannya dengan air hangat membuka pori-pori tetapi justru dijerawat batu yang ada akan menambah peradangan di wajah.

2. Es batu: Ambil es batu dilemari es, kompres pada jerawat batu untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Lalu diamkan beberapa menit dan ulangi digosok2 pada jerawat dan sekitarnya. Pastikan jangan menekan es batu terlalu kuat. Efek dingin yang ditimbulkan es batu dapat menyegarkan pori-pori wajah disekitar jerawat sehingga ukuran peradangan jerawat tidak semakin membesar. Untuk mengurangi peradangan jerawat batu.

3. Madu:  sebagai masker. Kandungan zat di dalam madu dapat menyembuhkan luka dengan cepat sehngga bisa mengobati jerawat batu. Para ahli mengatakan bahwa madu dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri dikulit. Madu juga dapat melawat bakteri penyebab jerawat dan memiliki efek anti peradangan, mempercepat pertumbuhan lapisan yang rusak, dan meningkat kan kadar kolagen untuk perbaikan kulit. Caranya oleskan secukupnya pada bagian yang berjerawat dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas air.

4. Lidah buaya: dioleskan beberapa kali dalam sehari maka jerawat batu yang merah dan besar akan berangsur hilang. Lidah buaya mengandung berbagai jenis vitamin a, b12, c , e dan mineral. Lalu ada antioksidan kuat seperti asam folat colin , kalsium dan zeng.

5. Pasta Gigi tanpa mentol dan floride: mengandung silika yang merupakan zat aktif dengan manfaat mengeringkan jerawat secara efektif. Namun perlu diperhatikan kandungan pasta gigi hindari yang mengandung mentol dan floride karena dua zat ini malah memicu iritasi kulit.

6. bila ada obat on the counter obat jerawat kalian bisa diolesikan. Kita dapat menggunakan obat oles (salep atau krim ) yang dijual bebas ataupun on the counter. Seperti krim dengan bahan clindamycin, salicylid acid, erythromycin, benzoyl peroxide.

7. Yang perlu diingat bila 5 hari sampai 7 hari tidak membaik maka disarankan untuk ke dokter spesialis kulit. 

Cara mencegah agar tidak tumbuh jerawat batu ?
  • sering jaga kebersihan wajah.
  • untuk mencegah timbulnya jerawat batu kita harus memastikan pola tidur yang cukup.
  • jangan terlalu stress karena banyak pikiran bisa juga menimbulkan jerawat.
  • pola makan harus diberhatikan seperti mengurangi manis, kafein batasi,
  • bila ada komedo jangan sembarang pencet, bila gagal akan timbul jerawat batu.
  • Untuk pemakaian makeup pada orang yang berjerawat sebaiknya jangan terlalu tebal. Bila waktu membersihkan makeup tidak bersih kan menimbulkan iritasi. Bisa juga menimbulkan jerawat yang baru.

Apakah jerawat batu harus segera diobati? Jerawat batu ini harus di perhatikan karena bila terlambat resikonya akan bopeng. bila jerawat batu 5-7 hari tidak kempes lebih baik ke dokter kulit. Biasanya ke dokter akan dilakukan treatment jerawat batu. Akan disuntik pada bagian jerawat itu sendiri dengan bahan-bahan anti radang. Dan juga dikombinasikan obat minum seperti antibiotik. Untuk penggunakan laser pada jerawat batu lebih advance untuk mengatasi inflamasinya.

Seumpama jerawat batu hilang dan menimbulkan bopeng ataupun scar dapat mengolesi dengan krim sesuai anjuran dokter. Bisa juga treatment dengan peeling pca, microneedling, microneedling, radiofrequency, laser.

Demikianlah tips penanganan jerawat batu agar wajah kalian mulus cantik dan ganteng. Pentingnya kita harus rajin cuci muka. Jaga pola makan tidak asal makan-makanan. Tidak asal pencen bila ada jerawat. Supaya tidak salah penanganan. Bila salah penanganan akan menimbulkan keparahan diwajah. Wajah adalah salah satu aset terpenting bagi kita. Semoga bermanfaat bagi kalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar