--> Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat di Rumah

Tips mengatasi hidung tersumbat

Hidung adalah salah satu bagian yang cukup penting yaitu untuk bernafas. Bagaimana bila ada gangguan seperti tersumbat karena terserang seperti penyakit flu? Sangat menjengkelkan bukan. Tak jarang kondisi ini bikin tak nyaman apalagi saat mau tidur tentu tidak nyenyak karena bernafas kesulitan.

Hidung tersumbat adalah gejala dari suatu penyakit. Hidung tersumbat dikarenakan ada pembekakan jaringan serta pembuluh darah di hidung dalam bengkak dikarenakan produksi cairan berlebih. Bisa terjadi karena membran di saluran hidung mengalami peradangan dan iritasi. Efeknya hidung terasa tersumbat atau mampet oleh lendir di saluran pernafasan.

Penyebab hidung tersumbat seperti flu, alergi (dingin, polusi, debu dll), ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas, Gangguan sinus (seperti polip, tumor ), yang baru-baru ini karena infeksi Covid-19 (virus corona).

Mengatasi Hidung Tersumbat Saat di Rumah

Saat kita periksa ke dokter mungkin diberi obat untuk diminum dirumah. Karena dicek dokter kita boleh rawat jalan. Lalu bagaimana tindakan selanjutnya selain minum obat? nah mungkin beberapa langkah ini bisa dilakukan supaya pengobatan hidung tersumbat bisa maksimal. Beberapa pengobatan pertolongan pertama selama dirumah yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi hidung tersumbat supaya lekas sembuh. Bisa dilakukan sebelum atau sesudah periksa dokter.

  1. Minum yang cukup bisa air putih, minum yang hangat, wedang jahe, jus buah-buahan. Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Dehidrasi bisa menyebabkan lendir kering dan menyumbat pernafasan. Cairan sangat membantu dalam mengencerkan lendir di saluran hidung supaya tidak tersumbat.
  2. Mandi dengan air hangat, supaya pembuluh darah lancar. Selain itu agar uap terhirup di hidung mengurangi penyempitan pembuluh darah. Uap hangat saat mandi bisa mengencerkan lendir di hidung.
  3. Setelah mandi sediakan mangkok diisi air panas dan hirup uap hangatnya selama 10-15 menit. Bisa juga ditetesi minyak kayu putih secukupnya saja. Bisa menendurkan lendir yang kering melegakan pernapasan. Selain itu bisa dilakukan dengan menempelkan handuk basah hangat pada wajah. Supaya sirkulasi wajah lancar.
  4. Gunakan baju yang hangat tidak perlu tebal sekali malah menghambat sirkulasi tubuh.
  5. Gunakan minyak kayu putih diolesi di dada dan punggung dan hidung.
  6. Posisi tidur kepala lebih tinggi 30-45 derajat atau setengah duduk.
  7. Gunakan humidifier alat untuk mengubah air menjadi kelembaban ( meningkatkan kelembaba ruangan) sangat membantu dan cepat mengurangi hidung tersumbat. Diletakkan diruangan dimana Anda tidur. Manfaat yang didapat bisa untuk mengencerkan lendir di sinus dan mengembalikan pernapasan menjadi lebih longgar.
  8. Minum obat vitamin daya tahan tubuh dan untuk mengurangi hidung tersumbat sesuai anjuran dokter.

Yang perlu diawasi dirumah dan kemungkinan bisa dilakukan tindakan segera di rumah sakit

  1. Hidung tersumbat disertai dengan sesak nafas, bila bernafas berbunyi kemungkinan Anda disertai serangan Asma.
  2. Tidak merasa sesak nafas tetapi ujung-ujung jari pada kuku kelihatan biru (sianosis). Segera ke Rumah sakit kemungkinan mengalami happy hipoksia yang disebabkan Virus Corona (Covid-19).
  3. Pilek atau hidung tersumbat mengeluarkan cairan tak kunjung sembuh perlu pemeriksaan lebih lanjut bisa disebabkan sinusitis.
  4. Hidung tersumbat disertai demam tinggi
  5. Tidak bisa membau dan ada gangguan merasakan (makan seperti hambar) kemungkinan besar dikarenakan covid-19

Pencegahan hidung tersumbat yang bisa kita lakukan di rumah
  • Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
  • Hindari minuman berakholol
  • Hindari asap rokok, debu, polusi udara dll.
  • Makan-makanan yang bergizi seimbang
  • Minum air putih yang cukup
  • Olahraga rutin agar tubuh sehat.

Demikian cara mengatasi hidung tersumbat bisa digunakan pertolongan pertama saat dirumah. Yang tidak kalah penting kita harus mengenali gejala-gejala yang perlu diwaspadai dan segera dibawa ke RS. Walaupun hanya flu atau hidung tersumbat jangan disepelakan. Jalan pernapasan yang tidak efektif bisa menyebabkan kegawatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar