--> Skip to main content

Tips Hemat Baterai Iphone ios 15 terbaru Supaya Awet

Berbagai cara bisa digunakan untuk baterai health tetap hemat dan awet. Tahu sendiri produk iphone yang bisa dibilang mahal bagi kaum rebahan seperti saya hehe. Untuk menjegah dimana-mana ditancepin ke powerbank harus mencoba tips ini.

Produk apple terkenal bagus dengan performanya tetapi juga terkenal boros pemakaian baterainya. HP iphone biasanya sehari bisa ngecas2-3 x sehari setelah melihat tips ini semoga bisa mengurangi daya penggunaan baterai Anda. Apalagi yang terbaru banyak yang mengeluhkan baterai ios 15 bikin boros. Boros tidaknya pada iphone tidak bisa dipukul rata semua pengguna. Contohnya saya pengguna iphone 11 sehari hanya melakukan charger 1 mentok 2 x saja. Semua bisa tergantung kondisi dari keadaan HPnya dan dari user sendiri. Saya memilih iphone 11 karena baterai memang besar dah lebih hemat.

Contoh faktor yang bikin tidak hemat atau boros mulai dari aplikasi yang di install ada berapa banyak, pengaturan notifikasi, pengaturan location service, backgorund app refresh, dan seberapa lama Anda memakai Iphone kalian. Itu semua bisa membikin daya baterai tidak tahan lama.

Ada faktor lain juga mempengaruhi boros atau tidak baterai seperti:

- Kondisi baterai pada iphone Anda yang kondisi kurang baik

- beli second atau baru yang tidak tahu baterai masih original bawaan apple atau tidak.

- charger yang tidak standar yang Anda gunakan akan mempengaruhi boros atau tidak iphone kalian.

- dan masih banyak lagi

Supaya saat memakai IP hemat dalam aktifitas sehari-hari Anda mesti mencoba salah satu atau semua tips ini. Tips yg bisa Anda gunakan untuk Hemat Baterai Iphone ios 15 tinggal pilih mana yang cocok sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Dark Mode

Pergi ke setting lalu pilih display & brightness , ada 2 pilihan light dan dark tinggal pilih yang dark. Disini juga ada opsi bila Anda ingin pada siang hari mengaktifkan light dan malam ganti Dark aktifkan automatic. Bila ingin lebih awet nonaktifkan autamatic agar Dark Mode bisa aktife terus. Tinggal mengatur Brightness senyaman mata kita.

Hemat baterai Iphone pake Dark Mode

2. Mematikan backup iCloud option

Pilih Setting lalu profile pengguna, pilih iCloud - geser ke bawah ada pilihan iCloud Backup - pilih icloud backup off.

Selanjutnya pilih photo juga di offkan supaya tidak asal upload ke icloud. Itu juga merupakan aktivitas konsumsi baterai.

3. Mengatur penggunaan data celluler

Setting- photos- icloud photo off, my photo stream off, shared Album off.

4. Memilih aplikasi yang masih dipakai dan tidak

Uninstall aplikasi yang sudah jarang dipakai. Jika suatu saat Anda butuh tinggal install via app store.

5. Mengaktifkan low power mode

Saat baterai Anda sedang berada persentase rendah. Melalui setting manual pilih battery kemudian aktifkan Low Power Mode.

6. Nonaktifkan fitur Siri & Search

Fitur ini jarang dipakai sehingga bisa di nonaktifkan dengan pergi ke setting pilih siri & search. Item pada siri & search bisa di nonaktifkan semua. Seperti Listen for "Hey Siri", Press Side Button for Siri, Suggestions while Searching, Suggestions on Lock Screen, Suggestion on Home Screen, Suggestion when Sharing. Sepengalaman sehari-hari bener-bener pengaruh untuk penghematan battery.

7. Atur widget yang tidak perlu

Hilangkan widget yang tidak perlu bagi Anda. Yang memerlukan realtime ternyata memakan banyak baterry. Real time seperti stock (saham), cuaca, dll. Gunakan widget yang cukup dibutuhkan sehari-hari bagi Anda.

8. Mematikan Background App refresh

Jika Anda ingin baterry Iphone pilih setting - General - pilihan background App refresh pilih wifi. Bila pilih off bakal awet banget tetapi akan delay notifikasi aplikasi. Lalu aktifkan aplikasi yang dirasa penting untuk notifikasi sepeti whatsApp, Instagram tergantung Anda. Sisanya offkan saja agar tidak memakan daya battery.

9. App store

Setting lalu pilih app store nah Anda bisa nonaktifkan APP dan automatic downloads. Agar mencegah setiap aplikasi kita install selanjutnya download trus. Aktifitas seperti ini membutuhkan daya sehingga mengkonsumsi battery Iphone menjadi boros. Lebih baik kita update secara manual saja agar mengetahui dan mengikuti perkembangan aplikasinya.

10. Airdrop

Penggunakan Airdrop untuk menstranfer data seperti gambar ke hp Iphone lain. Hampir sama dengan fungsi bloetooth. Aktifitas ini jarang dilakukan karena sering menggunakan aplikasi lain seperti whatsApp. Caranya scroll dari pojok kanan atas ke bawah, klik tahan di sekitar gambar wifi, nanti akan muncul beberapa item salah satunya Airdrop pastikan ada tulisan dibawahnya Receiving Off.

11. Stop closing applikasi

Pada aplikasi multitasking banyak membuka aplikasi tidak ada pengaruhnya dengan baterry Iphone. Jika kita tutup aplikasi-aplikasi akan memulai dari awal lagi ketika kita akan menggunakannya. Sehingga membutuhkan konsumsi baterry lagi untuk membuka aplikasi tersebut. Jika tidak di close aplikasi tersebut akan membuka yang terakhir kita buka atau tidak meloding lagi aplikasi dari awal.

12. Charger Original dari Apple

Biasakan menggunakan chager original dari Apple jika ingin awet baterry health. Jika Anda ingin beli charger lain pastikan udah terdaftar di MFI. Bisa juga sudah bersertifikat tentu bisa digunakan di Iphone Anda. Jangan gunakan charger Abal-abal meskipun murah akan merusak battery Health turun drastis ujungnya ganti lebih mahal. Untuk charger original memang mahal kurang lebih 500 ribu.

Tips melakukan pengisian batery lebih baik dimatikan ( shut down ) . Musuh terbesar baterai adalah panas yang bikin tidak awet, bocor dan persentase cepet turun. Selama Hp Iphone adem-adem aja, dipakai normal, tidak panas battery health akan awet.

13. Matikan Getar

Setting pilih Saunds & Haptichs dan matikan vibrate on ring dan vibrate on silent. Ini bisa digunakan untuk mengirit baterai bila Anda tidak memerlukan getaran saat ada notifikasi atau telp.

14. Notifications

Setting - notifications- pilih aplikasi yang mana aja yang dibutuhkan notifikasi yang tidak dioffkan.

15. Dysplay dan brignes

Mengatur autolock dimana hp tidak digunakan akan mengunci sendiri bisa 30 detik sampai 1 menit.

16. disable airplay & hand-off

Jika tidak ada perangkat Apple lain bisa disable airplay & hand-off. Setting - general - airplay & hand-off di disable kan.

Itulan beberapa tips untuk menghemat baterai iphone bisa Anda pilih. Tidak harus dilakukan semua karena berbagai kepentingan setiap orang berbeda-beda. Untuk Saya sendiri memang semua tips tidak saya lakukan. Saya memilah dimana tips yang tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Yang penting saya sudah membagikan pengalaman untuk mengurangi daya baterai sehari-hari. Anda bisa memilah mana cara yang nyaman dan bisa digunakan bagi Anda dan tidak mengganggu sehari-hari.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar